15 Jenis Motor Custom 2023: Sesuai Aliran & Style

Advertisements

Jenis Motor Custom – Sekarang ini motor menjadi salah satu mode transportasi yang dimiliki oleh banyak orang. Pasalnya motor memiliki keefektifan dalam penggunaan, baik mudah saat dikendarai maupun mudah digunakan pada jalan kecil maupun jalanan macet. Selain itu, sekarang ini juga banyak sekali motor yang memiliki desain unik dan keren.

Seperti halnya dengan para pengendara yang membuat motor Custom atau modifikasi motor sedemikian rupa agar beda dari desain aslinya. Namun apa saja jenis motor Custom ? Serta seperti apa contoh gambar motor Custom tersebut?

Ada beberapa motor Custom yang perlu kalian ketahui sesuai dengan aliran maupun style. Jenis motor Custom beserta contoh gambarnya bisa kalian dapatkan melalui artikel ini. Sehingga nantinya kalian bisa ketahui apa saja model motor Custom mulai dari aliran maupun style nya.

Advertisements

Nah pada artikel kali ini, Ujikokoh.com akan menyajikan rangkuman tentang jenis motor Custom terbaik sesuai aliran maupun jika dilihat dari style. Untuk menuju ke pembahasan macam-macam motor Custom terbaik yang ada di Indonesia maupun luar Indonesia, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Jenis Motor Custom Sesuai Aliran dan Style

Jenis Motor Custom
Advertisements

Motor Custom tentunya merupakan motor yang dibangun dengan spesifikasi yang disesuaikan atau kustomisasi. Dalam menggarap motor Custom tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama dan biaya yang cukup besar. Pasalnya kalian membutuhkan komponen atau bahan-bahan yang di modifikasi dari aslinya.

Tidak heran jika harga motor Custom memang cukup merogoh kocek. Namun nantinya dengan membuat motor Custom bisa membuat hati menjadi puas dan senang. Macam-macam motor Custom sesuai dengan aliran dan style yang ada di Indonesia dan luar Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Cafe Racer

Cafe Racer

Jenis motor Custom pertama yaitu ada Cafe Racer. Aliran motor Custom ini memang sudah banyak dikenal orang. Konsep motor Custom ini mengambil model motor balap jaman dulu. Motor Custom ini memiliki ciri khas pada jok nya. Yaitu memiliki jok single dan memiliki bentuk tangki bahan bakar yang ramping dan panjang.

Motor Custom ini tidak cocok untuk dipakai harian. Karena pada dasarnya jenis motor ini dikhususkan sebagai motor balap. Namun tidak jarang banyak Biker yang menggunakannya untuk harian maupun untuk Touring jarak pendek maupun jarak jauh

2. Scrambler

Scrambler

Model motor Custom kedua yaitu ada Scrambler. Motor Custom ini sebenarnya merupakan satu aliran dengan Cafe Racer. Walaupun begitu, motor Custom Scambler ini memiliki model stang seperti motor sport pada umumnya.

Selain itu, motor Custom Scambler juga banyak digunakan untuk medan jalanan biasa maupun medan jalanan Off Road. Sehingga banyak yang memodifikasi motor ini dengan menggunakan tipe ban Dual-Purpose.

3. Bobber

Jenis Motor Custom Bobber

Model motor Custom ketiga yakni ada Bobber. Jenis motor modifikasi ini memiliki body dan desain yang sangat gahar. Pasalnya motor ini di desain seperti Moge atau sekelas Harley Davidson.

Ciri khas dari motor Custome ini yaitu memiliki body yang berisi, rangka yang panjang dan banyak yang menggunakan single Seater. Jenis motor ini semakin dikenal banyak orang setelah beberapa artis Hollywood pamerkan motor jenis ini.

4. Jap Style

Jenis Motor Custome Jap Style

Jenis motor Custom keempat yaitu ada Jap Style. Jenis motor modifikasi ini sangat cocok untuk digunakan harian. Pasalnya motor ini memiliki desain yang cukup simpel namun berbeda dengan desain aslinya.

Ciri khas motor Custom ini yaitu berada di rangka yang lebih pendek dan memiliki ukuran ban yang lebih besar. Selain itu, jenis motor Jap Style juga memiliki model lampu depan yang klasik.

5. Chopper

Motor Custom Chopper

Model motor Custom kelima yakni ada Chopper. Dimana jenis motor ini memiliki ciri khas stang yang tinggi dan fork yang panjang. Sehingga sekilas jenis motor Chopper juga mirip dengan jenis motor Harley Davidson. Selain itu, jenis motor Chopper juga memiliki ukuran roda dan ban belakang yang lebih kecil dibandingkan dengan roda depan.

6. Tracker

Motor Custom Tracker

Jenis motor modifikasi klasik keenam yaitu ada Tracker. Motor Custom dengan aliran Tracker memiliki tampilan yang garang. Dimana motor Tracker sendiri merupakan perpaduan antara motor Trail Enduro dengan motor jalanan. Sehingga motor ini cocok untuk digunakan medan biasa maupun medan Off Road.

7. Street Tracker

Street Tracker

Jenis motor modifikasi ketujuh ada Street Tracker. Walaupun terlihat seperti motor Off Road, motor jenis ini juga cocok untuk digunakan di jalanan biasa. Pasalnya desain rangka, stang dan lainnya sangat nyaman jika digunakan di medan On Road.

Jenis motor Street Tracker memiliki body dan rangka yang lebih pendek pada umumnya. Serta jenis motor ini tidak memakai spakbor dan menggunakan tipe ban Dual-Purpose.

8. Flat Tracker

Flat Tracker

Jenis motor Custom selanjutnya yakni ada Flat Tracker. Jenis motor ini dibangun dengan inspirasi motor balap di sirkuit tanah dengan bentuk lintasan oval. Ciri khas pada jenis motor ini yaitu memiliki tampilan yang klasik dan memiliki bagian belakang yang lancip dan langsung tesambung dengan jok.

Untuk bagian tangki motor ini dilihat kompak dengan bagian buntut. Serta jenis motor ini tidak nyaman jika untuk digunakan harian dan digunakan untuk perjalanan jauh.

9. Dirt Tracker

Dirt Tracker

Jenis motor modifikasi selanjutnya yaitu ada Dirt Tracker. Memang sekarang ini jenis motor modif dengan aliran Tracker menjadi trend. Sehingga membuat banyak sekali versi Custom Tracker.

Hampir sama dengan Flat Tracker, Dirt Tracker juga memiliki bentuk tangki dan buntut yang kompak. Hanya saja pada jenis motor Dirt Tracker memiliki buntut yang lebih bulat atau seperti ekor tawon.

10. Board Tracker

Board Tracker

Jenis motor modifikasi selanjutnya yakni ada Board Tracker. Jenis motor ini berbeda dengan jenis motor aliran Tracker lainnya. Dimana jenis motor Board Tracker memiliki bentuk seperti motor balap jaman dulu. Jenis motor Board Tracker juga sekilas mirip dengan motor Drag, yaitu memiliki rangka panjang dan stang yang rendah.

11. Street Cub

Street Cub

Jenis motor Custom selanjutnya yaitu ada Street Cub. Motor Custom ini bisa dibangun dengan biaya yang lebih rendah. Pasalnya pada saat membuat motor Custom ini tidak memerlukan banyak bahan atau komponen.

Biasanya motor Custom ini dibuat dari motor bebek seperti Astrea Grand, Prima, Impresa maupun C-Series. Tampilan dari jenis motor ini sangat klasik, sehingga sekarang ini menjadi trend bagi beberapa kalangan.

12. Brat Style

Brat Style

Model motor Custom selanjutnya yaitu ada Brat Style. Bagi kalian tentunya beranggapan bahwa Brat Style merupakan sebuah aliran dari motor Custom. Namun sebenarnya Brat Style bukanlah merupakan aliran dari motor Custom. Namun merupakan nama sebuah bengkel Custom khusus di Jepang.

Seiring dengan berjalannya waktu, jenis motor Brat Style menjadi semakin dikenal banyak orang di Indonesia. Dan banyak yang menganggap bahwa Brat Style adalah sebuah aliran motor Custom.

13. Brat Cafe

Brat Cafe

Jenis motor modifikasi selanjutnya yakni ada Brat Cafe. Sekilas memang motor Custom ini mirip dengan Cafe Racer. Hanya saja pada bagian belakang tidak dilengkapi dengan buntut tawon.

Ciri khusus lainnya pada jenis motor ini yaitu menggunakan ban tapak lebar untuk depan dan belakang. Jenis motor ini tentunya sering kalian jumpai di jalanan umum.

14. Moped

Moped

Jenis motor modifikasi selanjutnya yaitu ada Moped. Dimana jenis motor ini memiliki daya yang rendah. Tampilan dari motor Custom Moped juga terlihat seperti asli pabrikan. Hanya saja menambahkan atau mengubah beberapa komponen saja. Motor jenis Moped sangat cocok untuk digunakan sehari-hari.

15. Sinner and Socal

Sinner and Socal

Model motor Custom selanjutnya yakni ada Sinner and Socal. Jenis motor ini merupakan pengembangan dari motor Chopper. Ciri khusus Custom pada motor Sinner and Socal yaitu menggunakan stang tipe Z-bar, T-bar atau U-bar. Dan jenis motor Sinner and Socal juga menggunakan ukuran ban yang lebih kecil dibanding motor lainnya.

Itulah informasi mengenai jenis kendaraan roda dua Custom yang berhasil admin Ujikokoh.com rangkum. Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk membeli atau membangun motor Custom sendiri?

Akhir Kata

Menarik kesimpulan artikel di atas, bahwa jenis motor Custom sesuai aliran dan tipe diantaranya seperti Cafe Racer, Scrambler, Bobber, Jap Style dan masih banyak lagi lainnya. Motor Custom banyak yang digunakan untuk harian maupun hanya untuk koleksi saja. Pasalnya memiliki motor Custom membutuhkan budget yang cukup besar. Sehingga banyak yang menggunakan motor Custom seperlunya saja.

Sekian artikel kali ini tentang model motor Custom terbaik sesuai aliran dan style. Terima kasih sudah bersedia mengunjungi Ujikokoh.com dan semoga artikel kali ini tentang jenis motor modifikasi klasik dapat bermanfaat buat kalian semuanya.

Sumber gambar: Tim Ujikokoh.com

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Yanuar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *