Kapasitas Oli Mesin Toyota Camry : Cara Ganti & Tips Memilih Oli

Kapasitas Oli Mesin Toyota Camry – Mobil Toyota Camry merupakan tipe mobil sedan untuk kelas menengah ke atas produksi dari Toyota, dimana mobil sedan Toyota ini memiliki pasar utama di Amerika Serikat serta Australia. Namun mobil Toyota Camry juga sudah dipasarkan di negara Asia.

Di Amerika Serikat, Toyota Camry meraih predikat mobil terlaris pada tahun 1997 hingga tahun 2000, kemudian pada tahun 2002 hingga sekarang. Sedangkan di Eropa, Toyota Camry sempat kurang diminati dan sempat dihentikan pemasarannya. Akan tetapi, pada tahun 2019, pemasaran di Eropa kembali dilakukan.

Dan pada kesempatan ini, Ujikokoh.com ingin berbagi informasi seputar kapasitas oli mesin Toyota Camry. Barang kali saja ada diantara anda yang belum mengetahui berapa kapasitas oli mesin dari mobil tersebut, oleh karena itu kami ingin membantu dengan memberikan informasi ini.

Kekurangan oli mesin pada kendaraan pastinya dapat memberikan dampak buruk pada kondisi mesin, karena kinerja mesin menjadi tidak maksimal. Karena fungsi oli mesin sendiri ialah untuk melumasi atau mendinginkan mesin. Jadi kalau sampai kekurangan oli mesin, tidak menutup kemungkinan dapat overheat.

Tips Memilih Oli Mesin Toyota Camry

Tips Memilih Oli Mesin Toyota Camry

Namun sebelum kami lanjutkan ke informasi utama yaitu kapasitas oli mesin Toyota Camry, kami ingin memberikan sedikit informasi tentang tips memilih oli mesin yang bagus untuk mobil Toyota ini. Pemilihan oli mesin yang sesuai pastinya dapat membuat kinerja mobil menjadi lebih bagus.

Oleh karena itu, kami ingin memberikan informasi tentang tips memilih oli mesin mobil Toyota Camry kepada anda pada kesempatan hari ini.

1. Lihat Buku Panduan Mobil Toyota

Pada buku panduan mobil biasanya sudah disertakan beberapa informasi lengkap seputar mobil tersebut, mulai dari oli yang tepat untuk digunakan sampai waktu servis yang harus dilakukan. Oleh karena itu, bagi anda yang belum mengetahui silahkan lihat buku panduan mobil.

2. Periksa SAE Oli Mesin

Society of Automotive Engineers atau disingkat SAE merupakan tingkat kekentalan pada oli. Pastikan anda memilih tipe oli dengan tingkat kekentalan yang sesuai untuk mobil Toyota Camry sesuai pada buku panduan. Sehingga kinerja mesin Toyota Camry jadi lebih maksimal.

3. Perhatikan API Service Oli

Selain memperhatikan SAE, anda juga perlu memperhatikan America Petroleum Institute atau disingkat API pada oli mesin mobil. Dimana lembaga inilah yang menyatakan tingkat kualitas pada oli, sehingga oli mesin yang bagus pastinya sudah disertai oleh lebel API.

4. Gunakan Jenis Oli Sintetis

Jenis oli mesin sendiri terbagi menjadi dua, yaitu oli sintetis dan mineral. Jenis oli mineral merupakan hasil dari ekstrasi minyak bumi dengan bahan alami, sedangkan untuk jenis oli sintetis merupakan hasil campuran minyak bumi dengan formula aditif yang dapat membantu mengurangi kadar penguapan oli mesin.

Kapasitas Oli Mesin Toyota Camry

Kapasitas Oli Mesin Toyota Camry

Setelah anda mengetahui bagaiman cara memilih oli mesin untuk mobil Toyota Carmy, maka saatnya kembali ke pokok pembahasan yaitu kapasitas oli mesin Toyota Camry. Sejak awal kemunculannya di Indonesia, Toyota Camry hadir dengan kapasitas mesin 3.0L untuk tipe tahun 2002 sampai 2006.

Namun generasi selanjutnya yang diproduksi dari tahun 2006 sampai 2011, Toyota Camry hadir dengan kapasitas oli mesin 2.4L dan untuk Toyota Carmy terbaru saat ini memiliki kapasitas oli mesin 2.5L. Lantas berapa kapasitas oli mesin Toyota Camry itu sendiri?

Untuk tipe Toyota Carmy dengan kapasitas mesin 2.4L memiliki kapasitas oli mencapai 4,25 liter, sedangkan untuk tipe terbaru Toyota Camry dengan kapasitas mesin 2.5L memiliki kapasitas oli mesin mencapai 4,26 liter. Sehingga selisih kapasitas oli mesin tidak terlalu berbeda jauh.

Cara Ganti Oli Mesin Toyota Carmy

Cara Ganti Oli Mesin Toyota Carmy

Setelah anda mengetahui berapa kapasitas oli mesin Toyota Camry. Kemudian anda ingin coba mengganti oli mesin mobil Toyota tersebut sendiri, karena BIAYA SERVIS MOBIL TOYOTA DI BENGKEL memang tergolong cukup mahal.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila anda mengganti oli mesin mobil sendiri. Jika anda ingin mengetahui cara ganti oli mesin Toyota Camry secara lengkap, maka anda bisa langsung melihatnya caranya dibawah ini.

1. Buang Oli Mesin Lama

Hal pertama yang harus dilakukan ialah membuang oli mesin lama terlebih dahulu. Namun sebelum membuang oli mesin lama, alangkah baiknya panaskan mesin mobil terlebih dahulu agar oli mesin lebih encer karena hangat selama 2 sampai 3 menit.

Kemudian siapkan bak atau penampung oli lama sebelum membuka baut oli mesin. Setelah itu, posisikan bagian mesin atau depan mobil lebih tinggi dari bagian belakang, hal tersebut bertujuan agar oli mesin dapat terbuang dengan sempurna.

2. Ganti Filter Oli Mesin

Sembari menunggu oli mesin lama terbuang habis, silahkan anda lepaskan juga filter oli yang posisinya berdekatan dengan blok mesin. Bentuk filter oli sendiri bulat tinggi dengan lebar 8 cm dan tinggi 10 sampai 15 cm. Setelah filter oli terlepas, silahkan ganti dengan yang baru.

3. Tuangkan Oli Mesin Baru

Cara selanjutnya ialah menuangkan oli mesin baru kedalam mesin, pastikan baut penutup oli mesin sudah terpasang dengan benar. Setelah itu tuangkan oli mesin sesuai dengan kapasitas oli yang dianjurkan, sehingga tidak terjadi kondisi yang tidak diinginkan.

4. Periksa Indikator Oli Mesin

Setelah oli mesin dituangkan, periksa kondisi indikator oli mesin pada bagian dashboard mobil. Pastikan lampu indikator tidak menyala, apabila indikator tekanan oli menyala, mungkin saja terjadi kebocoran pada saat memang baut penutup oli mesin.

5. Panaskan Mesin Mobil

Hal terakhir yang harus dilakukan ialah memanaskan mesin mobil setelah penggantian oli kurang lebih selama 3 sampai 5 menit, untuk memastikan oli mesin bersirkulasi dengan benar. Setelah itu silahkan gunakan mobil kembali.

Akhir Kata

Demikian itu informasi tentang kapasitas oli mesin Toyota Camry yang sekiranya dapat kami berikan kepada anda pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi tentang kapasitas oli mesin mobil yang baru kami sampaikan diatas bisa menambah pengetahuan anda seputar oli mesin mobil.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *