15 Kelebihan dan Kekurangan Pertalite : Harga & Cara Hemat BBM

Kelebihan dan Kekurangan Pertalite – Pertalite merupakan salah satu jenis bahan bakar bensin yang cukup laris setelah premium, karena harga pertalite sangat terjangkau. Akan tetapi, nilai oktan pada pertalite masih jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan premium yaitu RON 90.

Sedangkan oktan pada premium hanya RON 88, sehingga kualitas pertalite jauh lebih tinggi dibandingkan dengan premium. Semakin tinggi kualitas bahan bakar yang dihasilkan, maka hal tersebut dapat membantu pembakaran lebih sempurna serta lebih ramah lingkungan.

Di Indonesia sendiri, bahan bakar pertalite bisa menjadi salah satu pilihan bahan bakar yang tepat. Karena pertalite memiliki kadar Oktan tinggi membuat pembakaran lebih ramah lingkungan. Melihat kepadatan kendaraan di Indonesia sehingga sangat cocok digunakan.

Nah, apabila anda masih belum mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan pertalite itu sendiri, maka saat ini anda sedang berada pada tempat yang tepat. Karena hari ini Ujikokoh.com ingin membahas informasi tentang kelebihan dan kekurangan bahan bakar tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Pertalite

Kelebihan dan Kekurangan Pertalite

Sebelum memutuskan untuk menggunakan pertalite, tidak ada salahnya apabila anda mencari tahu terlebih dahulu apa saja yang menjadi keunggulan dan kekurangan pertalite. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dan kelebihan dari pertalite dibawah ini.

Kelebihan Bensin Pertalite

  • Nilai oktan tinggi, seperti yang sudah kami jelaskan diatas, apabila nilai oktan pertalite jauh lebih tinggi dibandingkan premium. Sehingga hal tersebut menjadikan salah satu kelebihan pertalite.
  • Terdapat kandungan slufur, pertalite sendiri tidak memiliki kandungan timbal, akan tetapi terdapat kandungan sulfur yang besarnya adalah 0.05% / 500 ppm.
  • Warna lebih jernih, jika dibandingkan dengan premium, warna pertalite jauh lebih jernih. Sehingga kualitasnya jauh lebih bagus.
  • Terdapat bahan additive, pertalite memiliki tambahan bahan additive, dimana hal tersebut dapat lebih menghemat konsumsi bahan bakar. Sehingga hal tersebut bisa menjadi salah satu CARA MENGHEMAT BBM.
  • Mudah didapatkan, di Indonesia saat ini ramai pemiliki pom bensin mini atau pertamini, dimana pada pom bensin mini biasanya banyak menyediakan jenis bbm pertalite dibandingkan pertamax.
  • Harga terjangkau, dengan melihat kualitas bahan bakar, dengan harga pertalite saat ini masih tergolong terjangkau. Apalagi jika dibandingkan dengan harga pertamax cukup jauh.

Kekurangan Bensin Pertalite

  • Cocok untuk mesin cc rendah, banyak pihak menyarankan apabila pertalite lebih cocok digunakan pada mesin dengan kapasitas rendah, paling tidak dibawah 125 cc. Apabila kendaraan bermesin besar, disarankan tidak menggunakan pertalite agar performa mesin tidak menurun.
  • Terjadi knocking pada mesin, hal ini dapat terjadi terutama pada mesin dengan kapasitas besar, karena performa mesin tidak didukung dengan bahan bakar yang sesuai. Sehingga terjadi knocking.
  • Usia mesin lebih pendek, apabila menggunakan pertalite pada mesin yang disarankan untuk menggunakan oktan lebih tinggi, maka hal tersebut dapat berakibat pada umur mesin menjadi lebih pendek.
  • Biaya perawatan mesin meningkat, apabila penggunaan pertalite pada mesin yang disarankan beroktan tinggi berlangsung lama, maka hal tersebut dapat membuat biaya perawatan mesin menjadi lebih meningkat.

Jenis Kendaraan Yang Cocok Menggungakan Pertalite

Jenis Kendaraan Yang Cocok Menggungakan Pertalite

Apabila anda sudah mengetahui apa saja yang menjadi kekurangan dan kelebihan pertalite, maka anda harus mengetahui juga jenis kendaraan apa saja yang cocok menggunakan pertalite. Karena seperti pembahasan pada bagian kelebihan dan kekurangan pertalite.

Apabila pertalite ini disarankan digunakan pada mesin dengan kapasitas rendah, lebih tepatnya digunakan pada mesin dibawah 125 cc. Atau kendaraan yang memiliki kompresi mesin mencapai 9:1 sampai 10:1 yang hanya memiliki kebutuhan RON 90.

Sedangkan untuk mesin dengan kompresi lebih rendah, maka disarankan untuk menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan lebih tinggi. Supaya hal tersebut tidak mengganggu performa mesin dan tentunya tidak merusak mesin seperti yang telah kami jelaskan pada kekurangan pertalite.

Harga Bensin Pertalite

Harga Bensin Pertalite

Selain memberikan informasi tentang kelebihan dan kekurangan pertalite, kami juga ingin memberikan informasi tentang harga pertalite terupdate hari ini. Apabila anda belum mengetahui berapa harga pertalite saat ini, anda bisa melihat informasi harganya dibawah ini.

DaerahHarga
AcehRp 7.650,00
Sumatera UtaraRp 7.650,00
Sumatera BaratRp 7.850,00
Sumatera SelatanRp 7.850,00
RiauRp 7.650,00
Kepulauan RiauRp 8.000,00
Kodya Batam (FTZ)Rp 8.000,00
JambiRp 7.850,00
BengkuluRp 7.650,00
Bangka BelitungRp 7.850,00
LampungRp 7.650,00
DKI JakartaRp 7.650,00
DI YogyakartaRp 7.650,00
Jawa TimurRp 7.650,00
BaliRp 7.650,00
Nusa Tenggara BaratRp 7.650,00
Nusa Tenggara TimurRp 7.650,00
Kalimantan BaratRp 7.850,00
Kalimantan TengahRp 7.850,00
Kalimantan SelatanRp 7.850,00
Kalimantan TimurRp 7.850,00
Kalimatan UtaraRp 7.850,00
Sulawesi UtaraRp 7.850,00
Sulawesi TengahRp 7.850,00
Sulawesi TenggaraRp 7.850,00
Sulawesi SelatanRp 7.850,00
Sulawesi BaratRp 7.850,00
GorontaloRp 7.850,00
MalukuRp 7.850,00
Maluku UtaraRp 7.850,00
PapuaRp 7.850,00
Papua BaratRp 7.850

Harga pertalite diatas berdasarkan dari situs pertamina, jadi harga diatas merupakan harga resmi yang telah disesuai oleh pemerintah. Adapun untuk perbedaan harga pertalite mungkin saja karena pertalite tersebut dijual pada pom bensin bukan resmi yang bekerja sama dengan pertamina.

Dengan ini berakhir sudah informasi tentang kekurangan dan kelebihan pertalite yang sekiranya dapat kami berikan untuk anda pada kesempatan sekarang ini, kami berharap informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa menambah pengetahuan anda seputar bahan bakar pertalite.

You May Also Like

About the Author: Suhendar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *