10 Kelebihan Kekurangan Pertamax : Harga & Jenis Kendaraan

Kelebihan Kekurangan Pertamax – Bahan bakar merupakan materi apapun yang dapat diubah menjadi sebuah energi. Pada umumnya bahan bakar akan melewati proses pembakaran atau reaksi redoks, kemudian bahan bakar tersebut melepaskan panas pada saat direaksikan dengan oksigen. Proses lainnya untuk melepaskan energi bahan bakar ialah menggunakan reaksi kimia eksotermatik.

Pada kendaraan, bahan bakar atau bensin akan dipanaskan oleh reaksi percikan api pada busi sehingga menghasilkan energi untuk mendorong piston. Maka dari itu terjadi lah putaran mesin untuk menggerakan kendaraan. Semakin bagus bahan bakar, maka akan semakin besar energi yang dihasilkan.

Maka dari itu, pemilihan bensin untuk sebuah kendaraan sangatlah penting, karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap performa kendaraan itu sendiri. Terlebih lagi bagi anda pemilik kendaraan-kendaraan tipe sport dengan kapasitas mesin lebih besar dari kapasitas mesin pada kendaraan umumnya.

Salah satu bahan bakar yang menjadi rekomendasi untuk kendaraan ialah Pertamax. Meskipun pertamax bukan bensin dengan oktan tertinggi, namun bensin Pertamax sudah cukup digunakan untuk kendaraan sehari-hari. Lain lagi apabila anda mememakai kendaraan tersebut untuk kompetisi, maka bensin Pertamax masih kurang.

Nah, untuk anda yang ingin menggunakan bensin Pertamax, ada baiknya apabila melihat terlebih dahulu informasi tentang kelebihan dan kekurangan dari Pertamax yang hari ini akan kami bahas. Dengan mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu, maka anda akan lebih merasa yakin apakah anda akan memakai Pertamax atau tidak.

Apa Itu Pertamax?

Apa Itu Pertamax

Sebelum kami membahas tentang kelebihan dan kekurangan Pertamax, ada baiknya apabila anda mengetahui terlebih dahulu apa itu Pertamax? Pertamax adalah jenis bensin dengan oktan 92. Dimana produk bahan bakar yang satu ini merupakan produk bensin Pertamina.

Pertamax juga diklaim mampu memberikan proses pembakaran yang bersih, sehingga bagian dalam mesin tetap terjaga. Serta dilengkapi dengan adanya pelindung anti karat, sehingga dapat menjaga kondisi tangki bensin tetap dalam kondisi baik. Selain itu, Pertamax juga dapat menjaga kemurniannya dari campuran air, menjadikan proses pembakaran tetap sempurna.

Pertamax juga memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah Pertamax Turbo dan Pertamax Racing. Meskipun ada juga beberapa produk pertamax lainnya yang telah dihapus seperti Pertamax Plus, dimana proses penjualannya dihentikan pada tahun 2016 dan BioPertamax dihentikan pada tahun 2010.

Kelebihan dan Kekurangan Pertamax

Kelebihan dan Kekurangan Pertamax

Bagi anda yang sekiranya ingin menggunakan bahan bakar bensin Pertamax, maka anda juga harus mengetahui beberapa kelebihan kekurangan Pertamax sebelum memutuskan untuk memakai bensin tersebut.

Dan berikut ini adalah beberapa keunggulan dan kelemahan Pertamax yang perlu anda ketahui.

Kelebihan Menggunakan Pertamax

  • Tenaga Lebih Besar, memiliki kandungan oktan 92 dan dilengkapi dengan pelindung anti karat membuat proses pembakaran menjadi lebih sempurna, sehingga tenaga mesin menjadi lebih besar dan hal tersebut menjadi salah satu kelebihan Pertamax.
  • Ramah Lingkungan, dikarenakan materi yang digunakan tidak memiliki kandungan jenis timbal, sehingga proses pembakaran menjadi lebih bersih dan dapat menghasilkan gas buang ramah lingkungan. Hal tersebut tentunya menjadi salah satu kelebihan dari Pertamax.
  • Perawatan Lebih Mudah, seperti yang sudah kami jelaskan diatas apabila Pertamax dilengkapi dengan kandungan anti karat, sehingga hal tersebut dapat menjaga kondisi komponen-komponen mesin lebih baik. Hal tersebut pastinya akan membuat perawatan pada mesin menjadi lebih mudah.
  • Cocok Untuk Kendaraan Terbaru, Pertamax digadang-gadang cocok dengan semua jenis keluaran terbaru, terutama untuk jenis kendaraan yang sudah menggunakan sistem bahan bakar injeksi. Kemudian memiliki rasio kompresi bensin 10:1 atau 11:1.
  • Hemat Bahan Bakar, penggunaan dengan rasio kompresi 10:1 atau 11:1 merupakan salah satu rasio kompresi paling irit, dibandingkan dengan bahan bakar lainnya dengan rasio kompresi lebih besar mencapai 8:1 atau 9:1. Sehingga menggunakan Pertamax merupakan salah satu CARA MENGHEMAT BBM.

Kekurangan Menggunakan Pertamax

  • Mesin Lebih Panas, karena proses pembakaran yang begitu sempurna membuat kondisi mesin menjadi lebih panas, namun hal tersebut masih dapat diatasi dengan cara menggunakan oli mesin yang baik. Sehingga kondisi mesin tidak terlalu panas atau overheat. Sehingga hal tersebut bukan salah satu kekurangan yang krusial.
  • Harga Lebih Mahal, jika dibandingkan dengan harga Pertalite, Premium ataupun Solar, bahan bakar Pertamax memang memiliki harga paling mahal diantara beberapa jenis bahan bakar yang telah disebutkan. Meskipun harganya mahal, Pertamax memiliki kualitas lebih baik.
  • Memiliki Efek Knocking, Knocking merupakan suara aneh didalam mesin, hal tersebut biasanya terjadi karena kondisi kendaraan tidak sesuai dengan bahan bakar Pertamax. Umumnya jenis kendaraan yang akan mendapatkan akan mendapatkan efek knocking ialah kendaraan yang harus menggunakan bahan bakar oktan diatas 92 alias harus menggunakan bahan bakar dengan oktan 95 seperti Pertamax Turbo.

Harga Pertamax Hari Ini

Harga Pertamax Hari Ini

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Pertamax, kemudian anda tetap memutuskan untuk menggunakan Pertamax. Maka tidak ada salahnya apabila anda melihat juga informasi tentang harga Pertamax hari ini yang akan turut kami sajikan juga hari ini.

Wilayah Harga Per Liter
Prov. Nanggroe Aceh Darussalam Rp 9.000,00
Prov. Sumatera Utara
Prov. DKI Jakarta
Prov. Banten
Prov. Jawa Barat
Prov. Jawa Tengah
Prov. DI Yogyakarta
Prov. Jawa Timur
Prov. Bali
Prov. Nusa Tenggara Barat
Prov. Nusa Tenggara Timur
Prov. Sumatera Barat Rp 9.200,00
Prov. Jambi
Prov. Sumatera Selatan
Prov. Bangka-Belitung
Prov. Lampung
Prov. Kalimantan Barat
Prov. Kalimantan Tengah
Prov. Kalimantan Selatan
Prov. Kalimantan Timur
Prov. Kalimantan Utara
Prov. Sulawesi Utara
Prov. Gorontalo
Prov. Sulawesi Tengah
Prov. Sulawesi Tenggara
Prov. Sulawesi Selatan
Prov. Sulawesi Barat
Prov. Maluku
Prov. Maluku Utara
Prov. Papua
Prov. Papua Barat
Riau Rp 9.400,00
Prov. Kepulauan Riau
Kodya Batam (FTZ)
Prov. Bengkulu

Harga Pertamax diatas merupakan berdasarkan dari situs Pertamina berdasarkan data per 1 Februari 2021. Sehingga harga Pertamax diatas merupakan harga terbaru saat ini.

Pertamax Cocok Untuk Jenis Kendaraan Apa Saja?

Kelebihan Pertamax Cocok Untuk Jenis Kendaraan Apa Saja

Semua jenis kendaraan sebenarnya cocok menggunakan bahan bakar Pertamax, terutama untuk jenis kendaraan dengan sistem bahan bakar injeksi. Meskipun kendaraan dengan sistem bahan bakar karburator juga masih tetap dapat memakai jenis bensin ini.

Selain itu, jenis kendaraan yang cocok memakai Pertamax ialah jenis kendaraan dengan rasio kompresi antara 10:1 atau 11:1, kemudian tipe mesin tidak direkomendasikan untuk memakai bahan bakar dengan oktan 95. Jenis kendaraan yang direkomendasikan menggunakan bahan bakar oktan 95 biasanya jenis kendaraan sport.

Apabila anda memaksakan memakai bahan bakar Pertamax biasa, maka hal tersebut akan berakibat knocking pada mesin kendaraan seperti pembahasan pada kekurangan Pertamax diatas. Sehingga jenis bahan bakar yang sesuai untuk tipe kendaraan tersebut ialah menggunakan Pertamax Turbo.

FAQ

Apakah Honda BeAT Cocok Pakai Pertamax?

Honda BeAT cocok menggunakan Pertamax, karena rasio kompresi sesuai dengan yang dianjurkan.

Demikian itu informasi tentang kelebihan kekurangan Pertamax yang sekiranya Ujikokoh.com dapat berikan pada kesempatan hari ini, semoga saja informasi yang baru kami berikan diatas bisa menambah wawasan anda seputar bahan bakar kendaraan.

You May Also Like

About the Author: Suhendar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *