Knalpot Mobil Keluar Asap Hitam ? Penyebab & Cara Mengatasi

Advertisements

Knalpot Mobil Keluar Asap Hitam – Knalpot mobil merupakan komponen yang memiliki fungsi untuk mengeluarkan gas sisa pembakaran dari mesin. Untuk kondisi mesin yang masih normal, biasanya gas buang yang dihasilkan tidak memiliki warna atau asap yang dikeluarkan tidak terlihat.

Namun untuk beberapa kondisi mesin atau komponen lainnya yang rusak dapat menghasilkan gas buang dengan asap yang berwarna, seperti misalnya mengeluarkan asap warna hitam atau putih. Dari asap yang keluar melalui knalpot itu sendiri dapat diketahui beberapa permasalahan pada komponen kendaraan.

Oleh karena itu, pada kesempatan hari ini kami ingin membahas tentang kenapa knalpot mobil keluar asap hitam. Karena hal tersebut terkadang dialami oleh beberapa mobil atau jenis kendaraan lainnya pada saat digunakan. Dan barang kali saja, kalian juga sedang mengalami hal tersebut.

Advertisements

Sehingga tidak ada salahnya bagi kalian yang sedang mengalami knalpot keluar asap hitam bisa melihat informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan. Karena kami akan membahas permasalahan knalpot mobil keluar asap hitam secara lengkap.

Knalpot Mobil Keluar Asap Hitam
Advertisements

Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Hitam

Setiap akibat yang ditimbulkan pasti memiliki penyebab, termasuk keluarnya asap hitam dari knalpot mobil juga pasti memiliki penyebab. Lantas apa yang menjadi penyebab knalpot keluar asap hitam? Berikut ini adalah beberapa penyabab dari permasalahan tersebut.

1. Blok Mesin Bocor

Penyebab paling utama ialah blok mesin bocor. Kebocoran yang terjadi pada blok mesin bisa dikarenakan perpak atau paking blok mesin sudah aus atau rusak, sehingga menyebabkan masukanya oli mesin ke dalam blok. Proses pembakaran pada blok mesin yang ditambahkan dengan adanya cairan oli bisa menyebabkan keluar asap hitam.

2. Sistem Suplai BBM Kotor

Penyebab selanjutnya bisa dikarenakan oleh sistem suplai bahan bakar kotor. Kondisi sistem suplai bahan bakar yang kotor menyebabkan proses penyaluran bahan bakar ke blok mesin menjadi tercampur dengan sejumlah kotoran dan hasilnya bisa menyebabkan keluar asap hitam dari knalpot.

3. Filter Udara Kotor

Penyebab terakhir adalah filter udara kotor. Dimana komponen filter udara ini terpasang dengan sistem suplai bahan bakar, filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam sistem suplai bahan bakar. Karena proses pembakaran sendiri merupakan hasil campuran udara dan bahan bakar.

Apabila filter udara kotor, maka udara yang masuk ke dalam sistem suplai bahan bakar juga akan kotor. Hal tersebut lama kelamaan akan menjadikan sistem suplai bahan bakar menjadi kotor dan dapat menyebabkan suplai bahan bakar menjadi buruk sehingga keluar asap hitam.

Cara Mengatasi Knalpot Mobil Keluar Asap Hitam

Lantas bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut? Kalian bisa memeriksa terlebih dahulu komponen yang diperkirakan bisa menjadi penyebab keluar asap hitam tersebut. Dimana komponen yang bisa pertama kali kalian cek adalah filter udara.

Coba bersihkan terlebih dahulu filter udara pada mobil, apabila asap hitam sudah tidak muncul, sumber permasalahannya berarti terdapat pada komponen tersebut. Akan tetapi jika masih keluar asap hitam, kalian bisa lanjutkan pemeriksaan ke sistem suplai bahan bakar.

Silahkan bersihkan sistem suplai bahan bakar yang digunakan, baik itu injeksi atau karburator. Setelah sistem suplai bahan bakar dibersihkan dan asap hitam dari knalpot mobil sudah tidak keluar lagi, maka permasalahan yang ditimbulkan berasal dari sistem suplai bahan bakar.

Apabila kedua komponen diatas sudah diperiksa namun masih keluar asap hitam, maka penyebabnya adalah terjadi kebocoran pada blok mesin yang menyebabkan oli mesin masuk. Sehingga hasil pembakaran tercampur dengan oli yang menyebabkan muncul asap hitam dari knalpot.

Apabila penyebab permasalahan merupakan hal tersebut, maka kami sarankan untuk membawa mobil ke bengkel. Karena proses service membutuhkan turun mesin terlebih dahulu agar bisa mengganti paking blok mesin, sehingga proses perbaikan perlu dilakukan di bengkel.

Akibat Dari Knalpot Mobil Keluar Asap Hitam

Kemudian apa akibat dari knalpot mobil keluar asap hitam? Apabila penyebab yang dari permasalahan tersebut terdapat pada komponen filter udara atau sistem suplai bahan bakar, maka tidak ada akibat serius yang bisa ditimbulkan. Paling tidak, kendaraan menjadi kurang nyaman saat digunakan.

Akan tetapi jika penyebab hal tersebut dikarenakan blok mesin bocor, maka hal tersebut bisa merusak kondisi blok mesin. Kemudian oli mesin pada mobil juga bisa habis dan dapat menyebabkan overheat pada mesin. Sehingga akibat dari hal tersebut bisa sangat parah.

Karena tidak secara langsung, penyebab permasalahan tersebut akan merusak mesin yang dapat mengakibatkan mesin mobil mati total. Dan nantinya justru menimbulkan permasalahan pada komponen lainnya seperti piston, katup dan beberapa komponen lainnya.

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi mengenai kenapa knalpot mobil keluar asap hitam dari Uji Kokoh, mudah-mudahan saja informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian semuanya seputar dunia otomotif.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *