9 Kode Kecepatan Ban Mobil 2024: Arti & Cara Membaca Lengkap!

Kode Kecepatan Ban Mobil – Saat membeli komponen sebuah kendaraan, Anda harus mengetahui informasi dari produk yang akan dibeli. Salah satu contohnya adalah ban mobil yang terbilang komponen penting.

Dewasa ini sudah banyak sekali brand yang menjual ban mobil di pasaran Indonesia. Tidak hanya melakukan penjualan saja, bahkan pihak produsen menyertakan Kode Kecepatan Ban Mobil supaya konsumen dapat memilih sesuai kebutuhan berkendara.

Sayangnya, informasi mengenai kode kecepatan ban mobil belum diketahui banyak orang. Padahal kode kecepatan tersebut menjadi sebuah pertimbangan penting apalagi jika nantinya sudah digunakan oleh pengendara.

Supaya dapat menambah wawasan seputar dunia otomotif, maka Tim UjiKokoh.com akan menjelaskan tentang Kode Kecepatan Ban Mobil secara lengkap. Tidak hanya sekedar kode saja, bahkan Anda juga bisa belajar membaca kodenya dalam pembahasan berikut ini.

Kode Kecepatan Ban Mobil

Daftar Kode Kecepatan Ban Mobil

Tibalah saatnya untuk membahas mengenai kode kecepatan Ban. Namun dalam pembahasan kali ini produk ban yang dibahas khusus digunakan pada sebuah mobil. Itulah mengapa jika Anda merupakan pengguna mobil, informasi satu ini sangat penting untuk diketahui.

Supaya dapat menjadi wawasan baru bagi seluruh penggemar otomotif, maka berikut informasi mengenai Kode Kecepatan Ban Mobil.

1. Kode Kecepatan Ban Mobil Q

Kode kecepatan pertama di sebuah produk ban adalah Q. Biasanya huruf Q memiliki arti bahwa ban mobil tersebut hanya bisa digunakan pada kecepatan 160km/jam.

2. Kode Kecepatan Ban Mobil S

Kode kecepatan selanjutnya di sebuah produk ban adalah S. Biasanya huruf S memiliki arti bahwa ban mobil tersebut hanya bisa digunakan pada kecepatan 180km/jam.

3. Kode Kecepatan Ban Mobil T

Kode kecepatan pertama di sebuah produk ban adalah T. Biasanya huruf T memiliki arti bahwa ban mobil tersebut hanya bisa digunakan pada kecepatan 190km/jam.

4. Kode Kecepatan Ban Mobil U

Kode kecepatan pertama di sebuah produk ban adalah U. Biasanya huruf U memiliki arti bahwa ban mobil tersebut hanya bisa digunakan pada kecepatan 200km/jam.

5. Kode Kecepatan Ban Mobil H

Kode kecepatan pertama di sebuah produk ban adalah H. Biasanya huruf H memiliki arti bahwa ban mobil tersebut hanya bisa digunakan pada kecepatan 210km/jam.

6. Kode Kecepatan Ban V

Kode kecepatan pertama di sebuah produk ban adalah V. Biasanya huruf V memiliki arti bahwa ban mobil tersebut hanya bisa digunakan pada kecepatan 240km/jam.

7. Kode Kecepatan Ban W

Kode kecepatan pertama di sebuah produk ban adalah W. Biasanya huruf W memiliki arti bahwa ban mobil tersebut hanya bisa digunakan pada kecepatan 270km/jam.

8. Kode Kecepatan Ban Y

Kode kecepatan pertama di sebuah produk ban adalah Y. Biasanya huruf Y memiliki arti bahwa ban mobil tersebut hanya bisa digunakan pada kecepatan 300km/jam.

9. Kode Kecepatan Ban Z

Kode kecepatan pertama di sebuah produk ban adalah Z. Biasanya huruf Z memiliki arti bahwa ban mobil tersebut hanya bisa digunakan pada kecepatan 240km/jam.

Setelah mengetahui semua informasi mengenai kode kecepatan ban di atas, maka Anda sudah bisa memilih produknya sesuai kebutuhan. Tentu saja pemilihan ban tersebut akan membantu Anda dalam mengendarai mobil sesuai batas kecepatan.

Kode Ban Mobil Lainnya

Selain kode kecepatan ban, ada juga beberapa kode lainnya yang melambangkan serta memiliki makna tersendiri saat dicantumkan. Informasi ini juga penting supaya lebih paham mengenai kebutuhan mobil pribadi.

Berikut merupakan beberapa kode selain kecepatan ban.

1. Kode Tipe Mobil

Dalam sebuah produk ban, biasanya sebuah kode diawali dengan huruf P dimana hal tersebut merupakan simbol untuk menggambarkan tipe mobil. Namun selain huruf P, terdapat beberapa kode lainnya dengan rincian sebagai berikut.

  • ST (Special Trailer)
  • LT (Light Truck)
  • T (Temporary)

2. Kode Lebar Tapak Ban

Dalam sebuah produk ban, ada juga angka seperti 205 di sebelah kode tipe mobil. Angka tersebut melambangkan kode lebar tapak ban dimana memiliki ukuran 205 Milimeter.

3. Kode Rasio Tinggi Ban

Selain itu, ada juga kode untuk melambangkan rasio tinggi ban dimana penulisannya menggunakan angka dan diletakan di sebelah garis miring ukuran tapak lebar ban. Misalkan angka di ban tertulis 65Mm, maka tinggi ban tersebut adalah 65 persen dari lebar tapak.

4. Kode Jenis Konstruksi Ban

Adapun beberapa kode ban lainnya yang menerangkan tentang jenis kontruksi ban. Misalnya saja terdapat huruf R (Radial) atau RFT (Run Flat Tire).

5. Kode Diameter Velg Mobil

Supaya dapat mengetahui diameter velg mobil yang ingin dipilih, maka biasanya sebuah bana akan diberikan keterangan angka di sebelah velg mobil. Contohnya saja adalah R15 untuk menjelaskan jika diameter velg adalah 14 inci.

6. Kode Kemampuan Ban Menahan Beban

Selain itu, ada juga sebuah kode dalam bentuk angka untuk menjelaskan tentang kemampuan ban dalam menahan beban.

Itulah kode lainnya yang mungkin Anda jumpai saat tengah memilih sebuah produk ban. Sekilas memang beberapa opsi di atas mirip dengan Arti Kode Ban Motor yang juga bermanfaat bagi seluruh rider.

Tips Memilih Ban Mobil

Selama sudah memahami tentang kode kecepatan ban, maka Anda perlu memahami tips dalam memilih produknya. Alhasil, mobil jadi dapat digunakan sesuai kebutuhan pribadi. Supaya Anda juga bisa mendapatkan gambarannya, berikut merupakan tips dalam memilih ban mobil.

  • Pilih ban berdasarkan jenis mobil yang digunakan.
  • Pilih ban berdasarkan ukuran yang sesuai.
  • Cek kembali tahun produksi dari sebuah ban.
  • Selalu memilih produk dengan brand ternama.

Akhir Kata

Itulah tadi pembahasan mengenai Kode Kecepatan Ban Mobil yang dapat Anda jadikan sebagai salah satu wawasan tambahan dalam dunia otomotif. Apabila masih penasaran seputar kode dan informasi menarik lainnya seputar dunia otomotif, maka pantau selalu UjiKokoh.com.

Sumber Gambar: Admin UjiKokoh

Tinggalkan komentar