12 Kode Kerusakan Motor Honda Beat, Vario & Scoopy

Advertisements

Kode Kerusakan Motor Honda – Honda merupakan salah satu pabrikan otomotif asal Jepang yang sudah memiliki banyak konsumen, terutama untuk pasa Indonesia. Beberapa tipe motor Honda yang cukup laris dipasaran diantaranya adalah Honda Vario, Beat dan Honda Scoopy.

Bagi para pengguna motor Honda lama mungkin ada yang sudah mengetahui kalau pada motor tersebut terdapat kode kerusakan yang dapat mengidentifikasi kerusakan pada motor tersebut. Dimana kode tersebut ditampilan pada indikator MIL (Malfunction Indicator Lamp).

Apabila kalian dapat membaca kode kerusakan yang ditampilkan pada MIL, maka kalian dapat mengetahui jenis kerusakan yang terjadi dengan lebih mudah. Karena setiap kode yang muncul memiliki arti atau menandakan kerusakan yang sedang terjadi pada motor tersebut.

Advertisements

Sedangkan untuk kalian yang sekiranya belum mengetahui bagaimana cara membaca kode kerusakan motor Honda tersebut, maka kami sarankan kepada kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan seputar informasi kode kerusakan.

Kode Kerusakan Motor Honda
Sumber: gridoto.com
Advertisements

Apa Itu Kode Kerusakan Motor Honda

Kode kerusakan motor Honda adalah sebuah kode yang menunjukan jenis kerusakan apa yang sedang dialami oleh motor tersebut. Kode kerusakan tersebut akan ditampilkan melalui MIL dengan bentuk kedipan, dengan jumlah kedipan yang dihasilkan berbeda-beda berdasarkan setiap kerusakannya.

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas, apabila kalian mengetahui arti setiap kedipan dari kode kerusakan tersebut, maka kalian akan lebih mudah untuk mendiagnosa kerusakan yang sedang terjadi. Karena dari setiap kode tersebut langsung memberitahukan jenis kerusakannya.

Fungsi Kode Kerusakan Motor Honda

Berdasarkan pengertian yang telah kami jelaskan diatas, kode kerusakan ini memiliki fungsi untuk memberitahukan jenis kerusakan apa yang sedang terjadi pada motor tersebut, meskipun kita juga dapat mendiagnosa kerusakan motor berdasarkan efek yang dirasakan.

Akan tetapi dapat lebih dipastikan lagi dengan melihat kode kerusakan tersebut, sehingga kalian akan lebih merasa yakin dengan jenis kerusakan yang sedang terjadi. Dengan begitu, kalian bisa langsung fokus untuk memperbaiki kerusakan yang sedang terjadi.

Daftar Kode Kerusakan Motor Honda

Nah, untuk kalian yang sekiranya ingin mengetahui apa saja kode kerusakan yang ada dan bagaimana cara membaca kode kerusakan tersebut, maka kalian bisa langsung melihat kode kerusakan tersebut secara lengkap pada tabel kode kerusakan yang akan kami berikan dibawah ini.

Kode KerusakanJenis KerusakanEfek Kerusakan
1 KedipanMAP (Manifold Absolute Pressure) mengalami masalahAkselerasi berkurang dan performa mesin turun
7 KedipanSensor ECT (Engine Coolant Temperature) / EOT (Engine Oil Temperature)Motor susah hidup pada saat kondisi mesin dingin
8 KedipanSistem sensor TP (Throttle Position) bermasalahAkselerasi tidak maksimal dan mesin mudah mati
9 KedipanSensor IAT (Intake Air Temperature) bermasalahPerforma tidak maksimal, mesin mudah mati dan gas buang tidak bagus
11 KedipanSistem sensor kecepatan rusakSpeedometer dan fitur ISS (Idling Stop System) tidak berfungsi
12 KedipanInejksi mengalami masalahMotor tidak nyala
21 KedipanOxigen sensor bermasalahMotor brebet, suara knalpot nembak dan mesih susah hidup
29 KedipanSistem IACV (Intake Air Control Valve) mengalami kerusakanBoros bahan bakar dan mesin susah dihidupkan
33 KedipanSistem ECM (Engine Control Module) mengalami kerusakanMotor tidak nyala
52 KedipanSensor CKP (Crankshaft Position) bermasalahMotor tidak nyala
54 KedipanSistem sensor bank angle mengalami kerusakanMesin tidak mati saat standar samping diturunkan
67 KedipanMasalah pada HSTC (Honda Selectable Torque Control)Sensor akan bekerja saat motor menggunakan standar tengah, kemudian dinyalakan dan tuas gas akan dibuka selama 20 detik. Apabila ada masalah, MIL akan berkedip

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian dulu informasi yang dapat Uji Kokoh berikan pada kesempatan hari ini mengenai kode kerusakan motor Honda, semoga saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi kalian semua seputar dunia otomotif.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *