33 Kode Kerusakan Motor Kawasaki Ninja FI, W175 & KLX

Advertisements

Kode Kerusakan Motor Kawasaki – Kawasaki merupakan salah satu produsen otomotif yang tekenal akan produk motor sport nya, karena memang produsen motor ini hanya memproduksi jenis motor sport. Bahkan tidak memproduksi jenis skuter matic yang banyak dilakukan oleh Yamaha dan Honda.

Ditambah lagi, harga motor Kawasaki juga tergolong mahal. Oleh karena itu, angka penjualan motor Kawasaki di Indonesia tergolong cukup rendah, karena memang tidak terlalu banyak orang yang membeli. Ditambah lagi, para pesaing Kawasaki juga turut memproduksi jenis motor sport.

Nah, pada kesempatan hari ini, kami ingin memberikan informasi mengenai kode kerusakan motor Kawasaki, setelah sebelumnya juga kami memberikan informasi mengenai kode kerusakan motor Suzuki. Barang kali saja ada diantara kalian yang sedang mencari informasi tersebut.

Advertisements

Oleh karena itu kami ingin membantu kalian dengan memberikan informasi kode kerusakan motor. Siapa tahu saja setelah kalian melihat informasi yang akan kami berikan hari ini, maka kalian dapat mengetahui setiap jenis kerusakan yang dialami oleh motor Kawasaki milik kalian.

Kode Kerusakan Motor Kawasaki
Advertisements

Apa Itu Kode Kerusakan Motor Kawasaki

Kode kerusakan motor adalah sebuah kode yang digunakan untuk mengidentifikasi kerusakan yang terjadi pada motor. Kode tersebut akan ditampilkan pada lampu indikator malfunction yang terpada pada speedometer, dengan cara menunjukan jumlah kedipan pada lampu indikator.

Kode kerusakan yang nantinya ditampilkan pada lampu indikator juga akan berbeda-beda, karena setiap kerusakan memiliki kode kerusakan sendiri. Untuk itu kalian harus dapat membaca setiap kode kerusakan yang muncul pada lampu indikator malfunction atau MIL.

Selain menampilkan kode kerusakan dari lampu indikator, pada motor Kawasaki juga terdapat kode error berupa angka. Namun jenis kode error tersebut hanya akan muncul pada tipe motor yang sudah menggunakan speedometer digital, dengan kode error tidak berbeda jauh dengan kode error Suzuki.

Fungsi Kode Kerusakan Motor Kawasaki

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, kode kerusakan ini memiliki fungsi untuk mengidentifikasi setiap kerusakan yang muncul pada motor. Dengan mengetahui jenis kerusakan dari kode kerusakan atau kode error, maka proses perbaikan akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Namun untuk dapat mengetahui setiap jenis kerusakan yang terjadi, kalian juga harus dapat membaca kode kerusakan yang muncul. Karena tanpa kalian dapat membaca kode kerusakan tersebut, maka kalian tetap tidak dapat mengetahui jenis kerusakan apa yang sedang terjadi.

Daftar Kode Kerusakan Motor Kawasaki

Nah, untuk kalian yang sekiranya ingin mengetahui bagaimana cara membaca kode kerusakan tersebut, maka kalian bisa langsung melihat daftar kode kerusakan motor Kawasaki yang akan kami berikan secara lengkap. Dimana kami akan memberikan dua jenis kode kerusakan, yaitu kode MIL dan angka.

Kode MIL Motor

Kode KerusakanJenis Kerusakan
11 kedipanSensor main throttle
12 kedipanSensor tekanan udara inlet
13 kedipanSensor temperature udara inlet
14 kedipanSensor temperature air inlet
21 kedipanSensor crankshaft
24 kedipanSensor kecepatan
31 kedipanSensor vehicle down
32 kedipanModel TH/EUR, sensor subthrottle, Model IN, actuator katub subthrottle
33 kedipanSensor Oksigen
41 kedipanInjektor
46 kedipanRelay pompa bahan bakar
51 kedipanKoil Pengapian
56 kedipanRelay kipas radiator
62 kedipanModel TH/EUR, sensor subthrottle, Model IN, actuator katub subthrottle
64 kedipanKatub pengganti
67 kedipanPemanas sensor Oksigen

Kode Error Motor

Kode ErrorJenis Kerusakan
11Sensor bukaan gas
12Sensor intake tekanan udara
13Sensor intake temperatur udara
14Sensor temperatur air radiator
21Sensor kruk as
24Sensor kecepatan
31Sensor kemiringan motor
32Sensor sub-throttle
33Sensor Oksigen (O2)
51Cop busi #1
52Cop busi #2
56Relay fan radiator
62Sub-throttle penggerak klep
64Saklar katup udara
67Pemanas sensor oksigen (O2)
94Sensor oksigen (O2)
3AKatup pembersih

Setelah kalian mengetahui kode kerusakan yang ada, maka kalian tinggal menyesuaikan kode kerusakan yang muncul pada sepeda motor. Dengan begitu kalian akan dapat mengetahui jenis kerusakan apa yang sedang terjadi dan bagaimana langkah untuk memperbaikinya.

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi yang dapat Uji Kokoh berikan pada kesempatan ini mengenai kode kerusakan motor Kawasaki, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan pengetahuan seputar dunia otomotif kalian semuanya.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *