11 Kode Kerusakan Motor Suzuki Nex-FI, Shooter & GSX

Advertisements

Kode Kerusakan Motor Suzuki – Kode kerusakan merupakan salah satu cara untuk mengetahui jenis kerusakan yang terjadi pada motor, kode tersebut pada umumnya akan ditampilkan pada lampu indikator malfunction yang terdapat pada bagian speedometer motor.

Dan kode kerusakan ini juga sebenarnya tidak hanya dimiliki oleh motor Suzuki, akan tetapi ada juga kode kerusakan motor Yamaha. Dengan cara kerja yang digunakan pada motor Suzuki dan Yamaha kurang lebih sama saja, akan tetapi memiliki kode yang berbeda-beda.

Untuk kalian yang sekiranya menggunakan motor Suzuki dan kebetulan juga belum mengetahui apa saja kode kerusakan yang ada, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan untuk kalian.

Advertisements

Dimana pada kesempatan hari ini kami akan membahas informasi mengenai kode kerusakan, namun tidak hanya itu saja yang kami bahas, melainkan kami juga akan turut membahas infomrasi yang masih berhubungan dengan hal tersebut. Sehingga kalian akan mendapatkan informasi secara lengkap.

Apa Itu Kode Kerusakan Motor Suzuki

Kode kerusakan motor merupakan sebuah kode yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah kerusakan yang terjadi pada motor tersebut. Kode tersebut akan ditampilan pada lampu indikator malfunction dengan jumlah kedipan berdasarkan jenis kerusakan yang terjadi.

Sehingga jumlah kedipan yang dihasilkan oleh MIL akan berbeda-beda tergantung dari jenis kerusakannya.

Oleh karena itu, para pengguna motor Suzuki harus dapat membaca jumlah kedipan pada MIL. Agar dapat mengetahui jenis kerusakan apa yang sedang terjadi. Karena tanpa mengetahui arti kode kerusakan tersebut, maka kalian tidak dapat mengidentifikasi jenis kerusakan yang dialami.

Kode Kerusakan Motor Suzuki
Sumber: otomotifnet.gridoto.com
Advertisements

Fungsi Kode Kerusakan Motor Suzuki

Seperti yang sebelumnya telah kami sampaikan, kode kerusakan memiliki fungsi untuk mengidentifikasi kerusakan yang sedang terjadi pada motor. Namun kerusakan yang umumnya dapat diidentifikasi hanya kerusakan yang sudah didukung dengan sensor yang terpasang pada setiap komponen.

Sedangkan untuk jenis kerusakan lainnya yang tidak didukung dengan sensor tidak dapt teridentifikasi. Akan tetapi hal tersebut paling tidak dapat membantu kalian untuk memudahkan dalam mengetahui jenis kerusakan motor, meskipun tetap harus diperiksa lebih lanjut.

Daftar Kode Kerusakan Motor Suzuki

Untuk dapat mengetahui jenis kerusakan apa yang sedang terjadi, maka kalian harus dapat membaca kode kerusakan yang ada. Karena tanpa dapat membaca kode kerusakan tersebut, maka kalian tidak akan mengetahui jenis kerusakan apa yang sedang dialami pada motor.

Apabila kalian ingin mengetahui kode kerusakan apa saja yang ada, maka kalian bisa langsung melihat kode kerusakan tersebut secara lengkap dibawah ini.

Kode KerusakanJenis Kerusakan
12 kedipanCKP sensor
13 kedipanIntake Air Pressure Sensor
14 kedipanTP sensor
15 kedipanET sensor
21 kedipanIAT sensor
23 kedipanTO sensor
24 kedipanIgnition Koil
32 kedipanFuel Injector
40 kedipanISC valve
32 kedipanIgnition switch
44 kedipanHO2sensor

Berdasarkan dari kode kerusakan yang telah kami berikan diatas, maka kalian tinggal menyesuaikan jumlah kedipan yang ada pada MIL motor. Dari jumlah kedipan tersebut, maka kalian akan mengetahui jenis kerusakan apa yang sedang terjadi pada motor tersebut.

Akhir Kata

Dengan ini berakhir sudah informasi yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan mengenai informasi kode kerusakan motor Suzuki pada kesempatan hari ini, semoga saja informasi yang baru kami berikan diatas tadi dapat memberikan tambahan pengetahuan seputar dunia otomotif kalian.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *