Kunci Kontak ON Tapi Motor Tidak Nyala ? Penyebab & Cara Mengatasi

Advertisements

Kunci Kotak ON Tapi Motor Tidak Nyala – Kembali lagi pada kesempatan hari ini kami akan membahas sebuah permasalahan pada sepeda motor, adapun permsalahan yang akan kami bahas untuk saat ini adalah kunci kontak on tapi motor tidak nyala.

Seperti beberapa permasalahan yang terjadi pada sebuah motor pasti tidak bersumber dari satu masalah saja, karena setiap komponen yang terdapat pada sepeda motor itu sendiri saling berhubungan dan dapat menyebabkan sebuah permasalahan.

Nah, untuk kalian yang sekiranya sedang mengalami permasalahan tersebut, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami sajikan secara lengkap.

Advertisements

Mulai dari penyebab kunci kontak on tapi motor tidak nyala sampai dengan cara mengatasi permasalahan tersebut. Namun selain membahas hal tersebut kami juga turut membahas tentang ciri-ciri kunci kontak motor rusak yang mungkin juga bisa menjadi sumber permasalahan.

Kunci Kontak On Tapi Motor Tidak Nyala
Advertisements

Ciri-Ciri Kunci Kontak Motor Rusak

Sebelum kami bahas lebih lanjut mengenai penyebab dan cara mengatasi kunci kontak on tapi motor tidak mau menyala, alangkah baiknya jika kalian ketahui juga beberapa ciri-ciri kunci kontak motor rusak. Karena bisa saja hal tersebut menjadi salah satu penyebab permasalahan.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kunci kontak motor rusak.

1. Lubang Kunci Aus

Ciri-ciri yang pertama ialah lubang kunci aus. Kondisi lubang kunci aus memungkinkan kunci pada posisi on namun kunci masih dapat ditarik, karena pada umum posisi kunci on tidak dapat ditarik. Sehingga kondisi lubang kunci yang aus ini dapat menjadi salah satu ciri-ciri kunci kontak rusak.

2. Alur Kunci Terkikis

Ciri selanjutnya adalah alur pada kunci sudah mulai terkikis. Kondisi ini juga dapat menyebabkan kunci kontak tidak berputar secara penuh, karena ada bagian-bagian pada kunci yang sudah terkikis sehingga kunci tidak berputar ke posisi on secara penuh.

3. Kunci Dibobol

Ciri-ciri terakhir kunci kontak motor rusak adalah kunci kontak pernah dibobol. Dibobol disini memiliki arti motor pernah akan dicuri dengan cara membobol kunci kontak menggunakan kunci T, namun usaha tersebut gagal sehingga hanya merusak kunci kontak saja.

Penyebab Kunci Kontak ON Tapi Motor Tidak Nyala

Apabila kondisi kunci kontak motor masih baik-baik saja tidak memiliki kondisi seperti yang sudah kami jelaskan diatas, maka penyebab motor tidak nyala padahal kunci kontak sudah di posisi on bukan karena kunci kontak yang rusak, melainkan ada beberapa penyebab lainnya.

1. Aki Motor Soak

Penyebab pertama bisa dikarenakan Aki Motor Soak. Kondisi aki motor soak biasanya menyebabkan motor tidak mau menyala pada saat menggunakan electric starter, namun masih tetap bisa menyala menggunakan kick starter ataupun dengan cara di dorong / jumper.

2. Busi Sudah Aus

Penyebab selanjutnya bisa dikarenakan kondisi busi yang sudah aus atau tidak bagus, hal tersebut juga bisa menyebabkan motor tidak mau menyala walaupun posisi kunci sudah on. Karena tidak adanya percikan api yang dihasilkan untuk melakukan pembakaran.

3. Masalah Sistem Bahan Bakar

Sedangkan untuk penyebab selanjutnya adalah ada permasalahan pada sistem bahan bakar, baik itu sistem bahan bakar karburator atau injeksi. Kondisi sistem bahan bakar yang bermasalahan dapat menyebabkan suplai bahan bakar terhambat dan membuat motor tidak mau menyala.

4. Mesin Motor Bermasalah

Penyebab terakhir ialah karena ada permasalahan pada mesin motor, apabila kondisi ini sampai terjadi maka ada banyak komponen yang bisa menyebabkan permasalahan tersebut. Sehingga perlu diteliti lebih dalam lagi penyebab dari permasalahan tersebut.

Cara Mengatasi Kunci Kontak ON Tapi Motor Tidak Nyala

Adapun cara mengatasi kunci konta on tapi motor tidak nyala bisa dilihat dari penyebab permasalahannya terlebih dahulu. Kalian bisa coba melakukan pemeriksaan dari penyebab pertama yaitu memeriksa kondisi aki motor.

Pastikan aki motor dalam keadaan masih baik, apabila sumber permasalahan ada pada aki motor maka kalian bisa mengganti aki nya. Sedangkan jika sumber permasalahan bukan dari aki motor, maka bisa melanjutkan ke penyebab kedua.

Dimana kalian bisa memeriksa kondisi busi motor. Apabila kondisi busi tidak terlalu bagus, maka bisa coba membersihkan busi atau menggantinya dengan yang baru. Apabila kondisi tersebut bukan merupakan sumber permasalahan, maka bisa dilanjutkan ke penyebab selanjutnya sampai penyebab terakhir.

Apabila penyebab kunci kontak on tapi motor tidak nyala dikarenakan mesin motor yang bermasalah, alangkah baiknya jika periksakan motor atau servis motor ke bengkel. Karena kondisi tersebut sudah terlalu parah dan sudah banyak hal yang perlu diperiksa seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi mengenai kunci kontak on tapi motor tidak nyala yang pada kesempatan hari ini dapat Uji Kokoh berikan, semoga saja informasi yang kami sajikan diatas tadi dapat menambah pengetahuan kalian semuanya.

Sumber Gambar:

  • suryamalang.tribunnews.com
Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *