Kunci Motor Hilang? Jangan Panik, Begini Cara Mengatasinya!

Advertisements

Kunci Motor Hilang – Menggunakan kendaraan bermotor, tentunya kalian membutuhkan kunci atau kontak agar bisa untuk menyalakan mesin. Dimana sekarang ini sudah banyak sekali mode kunci motor yang dihadirkan oleh pabrik motor. Seperti kunci manual maupun kunci kontak yang sudah otomatis atau Keyless.

Tidak jarang para pemilik kendaraan mengalami masalah pada kunci motor. Seperti kontak motor rusak maupun hilang sekalipun. Namun sebenarnya bagaimana cara mengatasi kunci motor hilang? Berapa biaya membuat duplikat kontak motor hilang?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kalian mengalami kontak motor hilang. Cara mengatasi dan biaya ganti kunci motor hilang bisa kalian dapatkan informasinya melalui artikel ini. Sehingga setidaknya kalian sudah ketahui apa yang harus dilakukan ketika kontak motor kalian hilang.

Advertisements

Nah pada artikel kali ini, admin Ujikokoh.com akan menyajikan ulasan tentang cara mengatasi kunci motor hilang beserta harga membuat kunci motor duplikat ketika hilang. Namun sebelum masuk ke pembahasan tersebut, silahkan simak ulasan mengenai macam-macam kunci motor berikut ini.

Kunci Motor Hilang
Advertisements

Jenis Kunci Kontak Motor

Sebagai tambahan informasi buat kalian semua, berikut ini admin Ujikokoh.com akan memberikan ulasan mengenai jenis kunci yang sering digunakan oleh pabrikan motor. Dimana macam-macam kunci kontak motor diantaranya sebagai berikut:

1. Kunci Motor Geser Tuas

Kunci Motor Geser Tuas

Jenis kunci motor pertama yaitu Geser Tuas. Dimana kunci ini memiliki sistem keamanan yang cukup. Pasalnya pada lubang kunci dapat ditutup dengan menggeser tuas penutup lubang kunci. Dan untuk membuka kembali penutup kunci, kalian perlu menggunakan kunci yang sama dengan pola tuas penutup kunci.

2. Kunci Motor Menutup Manual

Kunci Motor Menutup Manual

Jenis kunci motor kedua yaitu menutup manual. Dimana kunci motor ini juga hampir mirip dengan jenis kunci motor pertama. Yaitu memiliki Shutter Key atau penutup lubang kunci. Hanya saja pada jenis kunci motor ini tidak terdapat tuas penutup lubang kunci. Namun model kunci ini menggunakan sistem magnet pada penutup dan bagian ujung dari anak kunci motor.

3. Kunci Motor Tekan Tombol

Kunci Motor Tekan Tombol

Jenis kunci motor ketiga yaitu tekan tombol. Dimana kunci motor ini memiliki prinsip sama dengan kunci motor model geser tuas. Hanya saja tuas digantikan dengan tombol untuk menutup lubang kuncinya agar aman dari air maupun kotoran yang bisa masuk ke dalam lubang kunci.

4. Kunci Motor Otomatis Ketika Dicabut

Kontak Motor Otomatis Ketika Dicabut

Jenis kunci motor selanjutnya yaitu ada otomatis ketika dicabut. Dimana jika kunci motor dicabut, maka lubang kunci akan secara otomatis tertutup. Sehingga kalian tidak perlu menggeser maupun menekan tombol apapun ketika akan menutup Shutter Key.

5. Kunci Motor Memutar

Kontak Motor Memutar

Jenis kunci motor selanjutnya yaitu ada memutar. Model kunci motor ini hampir sama dengan kunci motor menutup manual. Yaitu untuk menutup Shutter Key, kalian perlu menggunakan ujung kunci untuk memutar penutup lubang kunci.

Nah setelah ketahui beberapa macam kontak motor di atas, sekarang bagaimana cara mengatasi jika kontak motor hilang? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Cara Mengatasi Kunci Motor Hilang

Ada beberapa hal yang perlu kalian lakukan ketika mengalami kontak motor hilang. Misalnya dengan tidak panik, menggunakan kunci cadangan maupun dengan meminta bantuan jasa tukang kunci. Cara mengatasi kontak motor hilang adalah sebagai berikut:

1. Jangan Panik

Cara mengatasi kontak motor hilang yang pertama yaitu dengan tidak panik. Silahkan tenangkan pikiran dan hati, lalu silahkan ingat-ingat terakhir kalian meletakkan kunci dimana. Sehingga sebelum mengambil kunci cadangan, siapa tahu kunci yang hilang bisa ditemukan kembali.

2. Gunakan Kunci Cadangan

Cara mengatasi kunci motor hilang kedua yaitu dengan menggunakan kunci cadangan. Cara ini dilakukan ketika kalian sudah mencari kunci yang hilang, namun tetap saja tidak menemukan. Biasanya untuk unit motor baru akan diberikan 2 kunci, yaitu 1 kunci utama dan 1 kunci cadangan.

3. Panggil Jasa Tukang Kunci

Cara mengatasi kontak motor hilang ketiga yaitu dengan memanggil jasa atau bengkel. Cara ini dapat dilakukan ketika kunci hilang, kalian tidak memiliki kunci cadangan dan kendaraan dalam keadaan di kunci stang. Sehingga nantinya kalian meminta bantuan tukang kunci atau bengkel untuk membongkar kontak tersebut agar tidak merusak komponen kontak motor.

4. Buat Kunci Motor Duplikat

Cara mengatasi kontak motor hilang selanjutnya yaitu dengan membuat duplikat. Kalian bisa membawa motor tersebut ke jasa duplikat kunci maupun hanya dengan membawa komponen kontak motornya saja.

Namun jika hal tersebut tidak bisa dilakukan, kalian bisa dengan datang langsung ke tukang duplikat motor dan meminta ke tukang kunci untuk membuat kunci sesuai tipe motor yang kalian miliki. Hal ini bisa saja dilakukan, namun sayangnya tidak semua jasa tukang duplikat kunci bisa mengerjakannya.

5. Klaim Asuransi

Selain dengan membuat duplikat kunci sendiri, kalian juga bisa mengajukan klaim ke Dealer maupun jasa Leasing untuk mendapatkan kembali kunci baru dari motor tersebut. Pasalnya sekarang ini sudah banyak Dealer atau Leasing yang menawarkan asuransi ketika kunci kontak hilang.

Hal tersebut bertujuan untuk menjaga keamanan motor pelanggan. Dan untuk mengurus klaim asuransi ini, nantinya kalian tidak akan dibebani biaya sepersepun saat mendapatkan kunci baru.

6. Bongkar Kontak Motor Sendiri

Cara mengatasi kunci motor hilang yang terakhir yaitu dengan membongkar sendiri. Cara ini dapat dicoba ketika model atau kontak pada motor tersebut mudah untuk dibongkar. Namun kalian perlu berhati-hati dalam membongkar kunci motor agar tidak merusak komponen motor lainnya.

Jika sudah bisa melepas kontak motor, silahkan sambung kan kabel antara positif dan negatif secara sementara. Sehingga setelah kontak motor menyala, kalian bisa membawa motor tersebut ke tukang kunci untuk membuat duplikat kunci.

Buat kalian yang ingin ketahui cara mengatasi kunci motor sudah dinyalakan tetapi mesin tidak bisa dinyalakan, kemarin Ujikokoh.com sudah pernah merangkum tentang kontak on tapi motor tidak nyala. Serta sudah pernah juga mengulas tentang kunci mobil tidak mau berputar.

Nah setelah ketahui beberapa cara mengatasi kunci hilang di atas, sekarang berapa biaya membuat duplikat kunci? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Biaya Ganti Kunci Motor Hilang

Biaya Ganti Kunci Motor Hilang

Berbicara mengenai biaya ganti kunci hilang, hal tersebut dapat disesuaikan dengan jenis kunci. Misalnya pada kunci motor biasa, kunci motor magnetik maupun beberapa model kunci motor lainnya. Biaya yang dikeluarkan pun dibagi menjadi 2, yaitu untuk proses pembuatan di tempat tukang kunci maupun pembuatan kunci dengan memanggil tukang kunci. Estimasi biaya duplikat kunci motor adalah sebagai berikut:

NoJenis Kunci MotorHarga Bikin Kunci Motor
1Kunci Motor BiasaRp. 10.000 – Rp. 35.000
2Kunci Motor MagnetikRp. 35.000 – Rp. 50.000
3Duplikat Kunci Motor PanggilanRp. 100.000 – Rp 150.000

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai cara mengatasi kunci motor hilang beserta biaya membuat duplikat kunci motor. Bagaimana, apakah masih ada yang mengalami kendala ketika mencoba mengatasi kunci kendaraan roda dua hilang menggunakan cara-cara di atas?

Sekian artikel kali ini tentang cara mengatasi kunci kendaraan roda dua hilang. Terima kasih sudah berkunjung ke Ujikokoh.com dan semoga artikel di atas tentang kunci kendaraan hilang dapat bermanfaat buat kalian semuanya.

Sumber gambar: Tim Ujikokoh.com

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Yanuar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *