7 Langkah Mematikan Mesin Mobil Yang Benar Agar Mesin Optimal

Mematikan Mesin Mobil – Mesin merupakan bagian yang sangat vital pada sebuah kendaran baik mobil atau motor, karena tanpa adanya mesin, sebuah kendaraan pastinya tidak dapat digunakan. Sehingga memperhatikan kondisi mesin mobil atau motor itu menjadi salah satu hal yang wajib bagi para pengguna. Agar kendaraan yang dimilik dapat digunakan dengan lebih nyaman.

Apabila mesin mobil yang dimiliki tidak dirawat dengan benar, maka performa yang dihasilkan oleh mesin itu sendiri pastinya tidak akan maksimal. Bahkan bisa berdampak pada kenyamanan para pengguna yang akan terganggu karena kondisi mesin mobil yang tidak terawat. Karena itu, merawat mesin mobil itu sangatlah penting.

Salah satu cara merawat mesin mobil itu sendiri ialah dengan mengetahui cara mematikan mesin mobil yang benar agar kondisi mesin tetap optimal. Meskipun hal tersebut terdengar sepele, akan tetapi mematikan mesin mobil yang benar ini memiliki efek yang sangat baik untuk mesin mobil, terutama untuk efek jangka panjangnya.

Dengan cara tersebut juga akan menjaga beberapa komponen lainnya agar tetap awet, salah satu contoh komponen yang akan mendapatkan efek yang baik ialah aki mobil. Karena pada langkah-langkah yang akan kami berikan kali ini ada hubungannya dengan komponen tersebut.

Langkah Mematikan Mesin Mobil Yang Benar

Langkah Mematikan Mesin Mobil Yang Benar

Untuk anda yang sekiranya merasa sudah ingin mengetahui bagaimana langkah-langkah atau cara mematikan mesin mobil yang benar supaya mesin mobil tetap optimal performanya. Maka anda bisa langsung melihat langkah-langkah berikut ini:

Posisikan Transmisi Pada Posisi N

Posisikan Transmisi Pada Posisi N

Pastikan pada saat anda baru berhenti mengendarai mobil, posisi transmisi berada pada posisi N (Netral) baik itu untuk tipe mobil manual atau tipe mobil matic.

Hal tersebut bertujuan agar mesin dapat mencapai putaran Idling dan pastinya juga menjaga dari beberapa kondisi yang tidak diinginkan, seperti misalnya anda tidak sengaja menginjak pedal gas yang mengakibatkan mobil melaju tanpa anda sadari.

Rem Tangan Dalam Posisi ON

Rem Tangan Dalam Posisi ON

Setelah posisi transmisi pada posisi N, untuk langkah selanjutnya ialah posisikan rem tangan dalam keadaan ON atau aktif. Apabila tipe mobil anda masih menggunakan tipe rem tangan biasa, anda tinggal menarik handle rem tangan ke posisi atas. Sedangkan untuk anda yang sudah menggunakan tipe mobil rem tangan elektrik, maka anda tinggal menekan tombol yang berlogo (P) pada bagian dashboard.

Mengaktifkan rem tangan pada posisi ON ini juga sebagai salah satu tindakan keselamatan sama halnya seperti memposisikan transmisi pada posisi N. Sehingga hal-hal yang tidak diinginkan bisa lebih terminimalisir.

Matikan Komponen Elektronik

Matikan Komponen Elektronik

Langkah mematikan mesin mobil yang berikutnya ialah mematikan semua komponen elektronik, seperti misalnya Audio System, AC, dan beberapa perangka multimedia lainnya yang sudah terpasang pada mobil yang anda miliki.

Untuk langkah yang satu ini mungkin tidak memiliki efek yang begitu besar kepada kondisi mesin. Akan tetapi, cara tersebut merupakan salah satu CARA MERAWAT AKI MOBIL agar aki mobil tidak cepat soak. Sehingga tidak ada salahnya bagi anda untuk melakukan juga langkah ini.

Kondisi Mesin Dalam Putaran Idling

Kondisi Mesin Dalam Putaran Idling

Langkah paling penting untuk menjaga mesin mobil tetap optimal ialah memastikan putaran mesin sudah dalam putaran Idling atau Stasioner. Dimana pada saat posisi tersebut, mesin sudah dalam keadaan normal tanpa adanya beban setelah sebelumnya digunakan berjalan dengan kompresi yang sangat tinggi.

Pastikan juga anda jangan mematikan secara tiba-tiba setelah anda menggeber mesin atau menginjak pedal gas. Karena hal tersebut akan berdampak buruk pada kondisi piston mobil. Dan apabila anda melakukan hal tersebut, membuat mesin mobil tidak pada putaran Idling.

Mematikan Mesin Mobil

Apabila putaran mesin sudah mencapai putaran Idling, barulah anda mematikannya. Adapun untuk cara mematikan mesin mobil terbagi menjadi dua tipe, dimana tipe pertama ialah tipe yang menggunakan kunci dan yang kedua ialah tanpa menggunakan kunci.

Cara Mematikan Mesin Mobil Dengan Kunci

Mematikan Mesin Mobil Dengan Kunci

Untuk anda yang memilik tipe mobil dengan model kunci masih menggunakan kunci kontak biasa, dimana kita harus memasukan kunci pada lubang kunci. Maka cara mematikan mesinnya dapat dilakukan dengan cara memutar kunci kontak pada posisi OFF.

Cara Mematikan Mesin Mobil Keyless

Cara Mematikan Mesin Mobil Keyless

Sedangkan untuk anda yang menggunakan tipe mobil Keyless alisan mobil tanpa kunci, maka cara mematikan mesin mobil tanpa kunci ini sama seperti pada saat anda menyalakan. Dimana anda harus menginjak pedal rem terlebih dahulu, kemudian menekan tombol Start/Stop Engine.

Demikian itu pembahasan mengenai Langkah Mematikan Mesin Mobil Yang Benar yang sekiranya kami dapat sampaikan kepada anda, jangan lupa terus mengunjungi Ujikokoh.com agar anda terus mendapatkan informasi seputar dunia otomotif secara lengkap.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *