3 Cara Mengatasi Mesin Honda CB150R Bunyi Klotok-Klotok

Mesin Honda CB150R Bunyi – Honda CB150R merupakan tipe motor sport yang diproduksi oleh pabrikan motor Astra Motor, sepeda motor honda sport yang satu ini memiliki kapasitas mesin 150 cc sesuai dengan namanya yaitu CB150R. Motor Honda sport yang satu ini juga menjadi salah satu tipe motor sport honda yang cukup banyak diminati orang, karena memang dari sisi penampilannya yang cukup sporty.

Selain memiliki penampilan yang sporty, motor honda CB150R juga memiliki performa mesin yang cukup handal, jika dibandingkan dengan beberapa kompetitornya. Oleh karena itu banyak orang yang berminat untuk menggunakan motor honda CB150R sebagai kendaraan pribadinya.

Namun terdapat beberapa masalah yang sering terjadi pada motor honda sport yang satu ini, salah satunya adalah mesin honda CB150R bunyi klotok-klotok. Permasalahan ini biasanya akan muncul setelah penggunaan yang cukup lama. Karena memang bunyi tersebut dihasilkan oleh beberapa komponen yang terdapat pada bagian mesin.

Mesin Honda CB150R yang mengalami bunyi klotok-klotok seperti ini pastinya akan sangat mengganggu para pengguna dan hal tersebut juga dapat menjadikan para pengguna merasa was-was atau khawatir saat menggunakan motor tersebut.

Cara Mengatasi Mesin Honda CB150R Bunyi Klotok-Klotok dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Mesin Honda CB150R Bunyi Klotok Klotok dan Penyebabnya

Untuk cara mengatasi mesin honda CB150R bunyi klotok-klotok harus dilakukan oleh orang yang memang benar-benar mengetahui mesin motor. Karena sumber bunyi klotok-klotok tersebut berasal dari salah satu komponen yang ada didalam mesin seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Sehingga orang yang memperbaiki juga harus benar-benar memahami apa yang dikerjakan agar tidak salah penanganan. Seperti misalnya dalam hal menentukan UKURAN PISTON MOTOR mana yang sesuai untuk motor yang dimiliki, terutama untuk anda yang ingin menambah kapasitas mesin menjadi lebih besar.

Bagi anda yang sekiranya merasa kurang yakin untuk memperbaikinya, maka ada baiknya jika anda membawa motor anda ke bengkel untuk mengatasi bunyi pada mesin honda CB150R tersebut. Agar nantinya tidak ada kendala atau masalah lain yang timbul pada saat memperbaiki.

Namun untuk anda yang sekiranya merasa dapat mengatasi permasalahan tersebut sendiri, maka anda bisa langsung melihat cara mengatasi mesin honda CB150R bunyi klotok-klotok yang akan kami bahas hari ini bersama dengan penyebabnya.

Penyebab Mesin CB150R Bunyi Klotok-Klotok

Bunyi klotok-klotok yang terjadi pada mesin Honda CB150R pastinya terjadi karena adanya sesuatu atau penyebab. Nah untuk anda yang belum mengetahui penyebab bunyi klotok-klotok pada mesin Honda CB150R, maka anda dapat melihat beberapa penyebabnya sebagai berikut:

Lifter Tensioner Lemah

Lifter Tensioner Honda CB150R Lemah

Apabila suara klotok-klotok terdengar pada saat posisi menarik gas dari putaran menengah ke putaran tinggi, penyebab pertama yang mungkin terjadi adalah liter tensioner sudah kendor atau lemah. Lifter tensioner sendiri merupakan bagian dari tensioner yang berupa pegas dengan fungsi untuk menekan rantai keteng ke arah dalam. Menjadikan rantai lebih tegang atau tidak kondor.

Akan tetapi sama seperti part-part yang lainnya, jika sebuah lifter tensioner juga memiliki umur atau masa. Sehingga pada saat lifter tensioner sudah mulai kendor, maka posisi rantai keteng tidak tegang atau kendor. Sehingga munculah bunyi klotok-klotok.

Celah Katup Terlalu Longgar

Mesin Honda CB150R Memiliki Celah Katup Terlalu Longgar

Penyebab bunyi klotok-klotok yang berikutnya pada mesin Honda CB150R adalah celah katup. Dimana celah ini merupakan space antara bagian rocker arm dan poros. Posisi antara rocker arm dan poros memang sengaja diberi celah supaya panas yang ditimbulkan bisa hilang melalui celah tersebut.

Akan tetapi dengan posisi celah yang terlalu besar, maka dapat menimbulkan bunyi berisik. Karena memang bahan dari komponen-komponen tersebut merupakan besi, sehingga akan terdengar seperti suara klotok-klotok.

Poros Nok Longgar

Poros Nok Longgar

Poros nok merupakan komponen yang memiliki bentuk poros dengan tonjolan atau nok. Tonjolan ini lah yang akan menekan katup supaya katup dapat membuka.

Untuk cara mengecek kondisi poros nok masih bagus atau tidak adalah dengan cara menggerakan poros nok ke beberapa arah, apabila terjadi sedikit kekoclakan atau terdapat celah. Maka bunyi klotok-klotok yang ditimbulkan dapat berasal dari situ.

Cara Mengatasi Mesin CB150R Bunyi Klotok-Klotok

Untuk anda yang sekiranya ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi mesin Honda CB150R yang mengalami bunyi klotok-klotok, maka anda bisa langsung melihat cara mengatasinya dibawah ini.

Mengatasi Lifter Tensioner Lemah

Solusi mengatasi lifter tensioner yang sudah lemah, bisa dengan cara menambahkan plat (shim) sebagai pengganjal supaya pegas bisa bekerja seperti semula dengan kekuatan penekakan yang lebih bagus. Apabila kondisi lifter tensioner sudah terlalu parah, maka ada baiknya jika anda menggantinya dengan yang baru.

Para pengguna Honda CB150R biasanya akan mengganti lifter tensioner dengan menggunakan lifter tensioner miliki Honda Karisma yang memiliki umur lebih tahan lama atau dapat mengganti tipe tensioner ulir. Akan tetapi penggunaan tensioner tipe ini memiliki resiko rantai keteng dapat putus jika pengaturan ketegangannya tidak sesuai.

Hal terakhir yang perlu diperhatikan, pastikan kondisi baut pengikat antara tensioner dan baut pengikat tensioner guide benar-benar kencang sesuai dengan moment.

Mengatasi Celah Katup Terlalu Longgar

Cara mengatasi bunyi klotok-klotok pada mesin CB150R ini kita harus membuka cover dibagian atas kepala silinder, lantas kita ukuran celah katup menggunakan feeler gauge. Apabila ukuran celah katup 0.20 mm tepat diatas dari batang katup intake, maka posisi celah tersebut masih normal.

Apabila ukuran celah melebihi 0.20, maka perlu dilakukan penyetelan ualang terhadap katup agar lebih rapat dan tidak menghasilkan bunyi klotok-klotok. Apabila kondisi celah sudah normal namun masih menghasilkan bunyi, maka penyebabnya terdapat pada penyebab yang ketiga.

Mengatasi Poros Nok Longgar

Cara mengatasi bunyi klotok-klotok yang disebab oleh poros nok longgar kita dapat memeriksa moment kekencangan dari baut pengikat poros nok. Apabila kondisi baut tidak terlalu kencang, maka anda tinggal mengencangkan baut pengikat poros sesuai dengan moment yang dibutuhkan untuk mengencangkan baut poros nok.

Dengan ini selesai sudah pembahasan yang sekiranya Ujikokoh.com dapat berikan mengenai cara mengatasi bunyi klotok-klotok pada mesin CB150R, semoga saja pembahasan dari kami ini dapat memberikan banyak manfaat untuk anda-anda sekalian semua.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *