Cara Mengatasi Mesin Mobil Bergetar Saat AC Dinyalakan

Advertisements

Mesin Mobil bergetar Saat AC Dinyalakan – AC (Air Conditioner) merupakan salah satu fitur yang disediakan pada mobil. Dimana fitur tersebut memiliki fungsi untuk memberikan kondisi dingin pada kabin mobil, sehingga pengendara akan lebih merasa nyaman saat berkendara.

Fitur AC pada mobil sendiri sudah tersedia sejak lama, sehingga fitur ini bukan merupakan fitur yang baru lagi. Namun fitur ini juga terkadang memiliki permasalahan, layaknya beberapa fitur pada mobil lainnya. Salah satu permasalahannya adalah mesin mobil bergetar saat menyalakan AC.

Untuk kalian yang sekiranya sedang mengalami permasalahan tersebut, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu pembahasan yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan seputar mesin mobil bergetar karena AC. Barang kali saja informasi yang kami berikan hari ini akan dapat membantu.

Advertisements

Karena pada informasi yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini akan disajikan secara lengkap, mulai dari penyebab dan cara mengatasi permasalahan tersebut. Untuk kalian yang sudah ingin mengetahui informasinya secara lengkap, maka bisa langsung melihat informasi tersebut dibawah ini.

Mesin Mobil Bergetar Saat AC Dinyalakan
Sumber: lifepal.co.id
Advertisements

Mesin Mobil Bergetar Saat AC Dinyalakan

Permasalahan mesin mobil bergetar dapat disebabkan oleh AC dikarenakan sistem AC sendiri terhubung dengan mesin mobil. Komponen AC yang terhubung dengan mesin mobil ialah kompresor yang digunakan untuk memberikan udara dingin, sehingga udara kabin mobil menjadi sejuk atau dingin.

Oleh karena itu, permasalahan ketika mesin mobil bergetar ada hubungannya dengan AC. Karena memang ada komponen AC yang terhubung dengan mesin mobil. Selain itu, pada saat AC dinyalakan juga tenaga yang dikeluarkan mesin menjadi lebih besar, karena daya putar mesin digunakan juga oleh AC.

Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat AC Dinyalakan

Sebelum kami bahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi permasalahan tersebut, alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu apa penyebab mesin bergetar karena AC dinyalakan. Beberapa penyebab tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Masalah Pada Sistem Idle Up

Penyebab pertama permasalahan ini bisa dikarenakan oleh sistem idle up mobil yang bermasalah. Sistem idle up sendiri memiliki fungsi untuk menjaga mesin agar tidak mati secara mendadak pada saat mesin memperoleh beban tambahan atau pada saat pedal gas tidak diinjak.

Selain itu, sistem idle up juga berpengaruh terhadap sistem kelistrikan mobil yang terhubung ke ekstra fan dan AC. Pada saat AC dinyalakan, maka sistem idle up akan meningkatkan rpm mesin agar dapat memberikan aliran listrik tambahan ke sistem AC. Sehingga sistem AC dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, pada saat sistem idle up mobil mengalami kerusakan, hal tersebut dapat berpengaruh terhadap kondisi AC atau bahkan terhadap kondisi mesin mobil. Dimana salah satu dampak terhadap mesin mobil ialah mesin mobil bergetar.

2. Terlalu Banyak Freon

Penyebab selanjutnya dapat dikarenakan oleh terlalu banyak freon pada sistem AC mobil. Kondisi freon pada AC yang terlalu banyak dapat menyebabkan kompresor menjadi bergetar dan sumber getaran tersebut sebenarnya dari kompresor AC namun terasa dari mesin mobil.

3. Sistem AC Mengalami Buntu

Penyebab mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan selanjutnya adalah sistem AC mengalami kebuntuan. Kebuntuan pada sistem AC sendiri bisa disebabkan oleh pembekuan pada freon atau disebut juga dengan istilah frosting. Kondisi ini juga dapat menyebabkan mesin mobil bergetar.

4. Pulley AC Mengalami Kerusakan

Penyebab terakhir ialah karena pulley AC rusak. Kondisi pulley atau bearing yang rusak dapat menyebabkan putaran pada kompresor menjadi tersendat, kondisi inilah yang menyebabkan mesin mobil bergetar pada saat AC mobil dinyalakan. Akan tetapi, pada saat kondisi AC mati, tidak akan terasa getaran.

Cara Mengatasi Mesin Mobil Bergetar Saat AC Dinyalakan

Setelah mengetahui beberapa penyebab permasalahan diatas, maka sudah dapat diketahui bagaimana cara mengatasi mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan. Dimana cara mengatasi permasalahan tersebut tinggal disesuaikan dengan penyebab permasalahan.

Maka untuk dapat mengetahui cara mengatasi yang sesuai, kalian harus memeriksa setiap kondisi komponen mulai dari penyebab yang pertama. Kemudian coba atasi juga mulai dari penyebab yang pertama. Apabila penyebab pertama bukan sumber permasalahan, maka lanjutkan ke penyebab selanjutnya sampai ditemukan sumber permasalahannya.

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi dari Uji Kokoh yang membahas tentang mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian semua. Khususnya seputar pemasalahan pada AC mobil.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.