15 Mobil Crossover Terbaik di Dunia 2021 Harga & Fitur

Mobil Crossover Terbaik – Mobil Crossover atau Crossover SUV merupakan salah satu dari tipe mobil SUV (Sport Utility Vehicle) yang dibuat dengan kerangka unibody. Tipe mobil corssover biasanya berbagi platform dengan jenis mobi penumpang.

Oleh karena itu, mobil crossover juga dirujuk sebagai mobil SUV. Mobil crossover biasanya memiliki kenyamanan kabin lebih baik dibandingkan dengan SUV yang berbasis truk. Selain itu lebih nyaman juga dikendarai dan hemat bahan bakar.

Selain itu, biaya manufaktur untuk mobil crossover juga lebih sedikit dibandingkan dengan tipe mobil lainnya. Oleh karena itu, saat ini tidak sedikit produsen mobil mengeluarkan jenis mobil dengan mengusung model crossover.

Nah, untuk anda yang ingin mengetahui apa saja tipe mobil crossover terbaik yang ada saat ini. Maka ada baiknya jika anda melihat informasi tentang mobil crossover terbaik yang akan kami berikan secara lengkap pada kesempatan hari ini.

Jenis-Jenis Mobil Crossover

Namun sebelum kami membahas tentang tipe mobil crossover terbaik apa saja yang ada, kami ingin membahas terlebih dahulu jenis-jenis mobil crossover yang ada. Karena terdapat banyak jenis mobil tersebut, bahkan jenis mobil yang mungkin menurut anda bukan jenis mobil crossover ternyata adalah mobil crossover.

Berdasarkan dari model mobilnya, mobil crossover terbagi menjadi 4 jenis mobil, yaitu station wagon, hatchback, MPV dan sedan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa langsung melihat informasi berikut ini.

Station Wagon

Mobil Crossover Station Wagon Terbaik

Karena memiliki kapasitas kabin besar, maka banyak pabrikan merilis mobil station wagon dengan bentuk lebih tinggi sehingga mirip dengan mobil crossover SUV. Salah satu pabrikan yang pertama menawarkan mobil crossover dari station wagon adalah Subaru.

Namun selain Subaru, ada beberapa pabrikan lainnya yang juga menawarkan tips crossover station wagon yang diantaranya adalah Volvo, Volkswagen sampai dengan Audi pun turut meramaikan pasar crossover station wagon.

Hatchback

Mobil Crossover Hatchback Terbaik

Selain mengusung model station wagon, mobil crossover juga dirancang dengan varian Hatchback atau city car. Akan tetapi body yang digunakan masih sama, hal tersebut bertujuan untuk melengkapi pasar SUV crossover subkompak.

Akan tetapi, mobil crossover hatchback tidak dirancang dengan model penggerak semua roda, biasanya hanya menawarkan penggerak roda depan saja. Beberapa pabrikan yang menawarkan mobil crossover hatchback terbaik ialah Kia, Ford, Vauxhall Viva dan Dacia Sendero.

MPV

Mobil Crossover MPV Terbaik

Karena tinggi mobil MPV hampir sama dengan tinggi mobil SUV, maka beberapa produsen otomotif coba meningkatkan model MPV dengan gaya crossover. MPV dengan gaya crossover tidak ditawarkan dengan model penggerak semua roda, seperti model crossover hatchback.

Beberapa pabrikan yang coba memasarkan mobil MPV dengan gaya crossover diantaranya adalah Renault, Volkswagen dan Suzuki. Dimana salah satu dari pabrikan tersebut termasuk salah satu dari crossover car terbaik yang ada saat ini.

Sedan

Mobil Crossover Sedan Terbaik

Model crossover terakhir ialah sedan dengan gaya crossover. Meskipun model ini sangat jarang ditemukan, namun ada beberapa pabrikan yang coba bereksperimen dengan hal tersebut. Beberapa pabrikan yang coba memproduksi crossover sedan diantaranya adalah

Subaru dengan tipe Subaru Legacy SUS, kemudian Voldo dengan tipe Volvo S60 Cross Country. Selain itu juga ada Renault dengan tipe Renault Logan Intens yang disebut juga dengan Logan Stepway.

Keunggulan dan Kekurangan Mobil Crossover

Keunggulan dan Kekurangan Mobil Crossover

Lantas apa saja yang menjadi keunggulan dan kekurangan mobil ini? Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan mobil crossover, maka tidak ada salahnya bagi anda untuk melihat informasi tentang hal tersebut dibawah ini.

Keunggulan Mobil Crossover

  • Memiliki kapasitas kabin yang cukup luas
  • Dilengkapi dengan 7 seater pada umumnya
  • Kapasitas bagasi cukup luas (jika kursi belakang dilipat)
  • Performa mesin handal
  • Harga lebih terjangkau

Kekurangan Mobil Crossover

  • Memiliki dimensi mobil luas, sehingga cukup sulit berkendara dijalanan sempit
  • Ground clearence tinggi, sehingga butuh pijakan lagi untuk memudahkan naik ke dalam mobil
  • Biaya perawatan cukup banyak (tergantung dari tipe mobil)

Mobil Crossover Terbaik di Dunia

Mobil Crossover Terbaik di Dunia

Apabila anda sudah mengetahui apa saja jenis mobil SUV dan apa saja kelebihan dan kekurangan dari mobil SUV, maka saatnya kembali ke pokok pembahasan yaitu mobil SUV terbaik yang akan kami sajikan dengan lengkap dibawah ini.

Jadi untuk anda yang ingin mengetahui mobil SUV apa saja yang terbaik saat ini bisa mengetahuinya secara lengkap dan jelas.

Mobil Hyundai Kona

1 Mobil Hyundai Kona

Hyundai Kona merupakan tipe SUV crossover yang diproduksi sejak tahun 2017 dan sampai saat ini masih tetap diproduksi. Mobil ini dirancang dengan body style 5 pintu, dengan tipe penggerak yang ditawarkan adalah penggerak roda depan dan penggerak semua roda.

Untuk kapasitas mesinnya sendiri, Hyundai Kona dirancang dengan kapasitas 1.0L sampai 2.0L untuk tipe mesin gasoline dan 1.6L untuk tipe mesin diesel. Dengan tipe transmisi yang ditawarkan adalah 6 speed manual dan otomatis, 7 speed DCT dan 8 speed CVT.

Harga Hyundai Kona di Indonesia sendiri adalah Rp 393 juta untuk tipe 2.0L.

Mobil Mazda CX-5

2 Mobil Mazda CX 5

Mazda CX-5 menjadi mobil SUV terbaik berikutnya, dimana mobil ini mulai diproduksi sejak tahun 2012 dan sampai saat ini masih tetap diproduksi. Body style yang digunakan pada mobil Mazda ini sama dengan Hyundai Kona yaitu SUV 5 pintu yang menggunakan platform Mazda Skyactiv.

Adapun untuk tipe mesin yang ditawarkan mobil Mazda CX-5 ini ada 3 yaitu 2.0L, 2.2L dan 2.5L. Dengan tipe transmisi yang ditawarkan adalah 6 speed manual dan otomatis. Harga Mazda CX-5 di Indonesia sendiri adalah Rp 555 juta untuk varian GT.

Mobil New Honda HR-V

3 Mobil New Honda HR V

Mobil SUV terbaik selanjutnya adalah Honda HR-V. Mobil SUV terbaik ini mulai di produksi sejak tahun 1998, namun produksinya berhenti pada tahun 2006 dan kembali dilanjutkan pada tahun 2016 sampai dengan sekarang.

Body style yang diusung Honda HR-V adalah SUV lima pintu dengan tipe mesin yang ditawarkan adalah 1.5L dan 1.8L untuk mesin bahan bakar bensin, kemudian mesin berkapasitas 1.6L untuk tipe mesin diesel. Harga Honda HR-V di Indonesia sendiri adalah Rp 291 juta.

Mobil DFSK Glory 580

4 Mobil DFSK Glory 580

Mobil DFSK Glory 580 menjadi mobil SUV crossover selanjutnya, dimana mobil ini mulai diproduksi pada tahun 2016 sampai saat ini. Mobil ini mengusung body style SUV lima pintu sama seperti beberapa mobil SUV diatas. Dengan tipe penggerak roda yang ditawarkan adalah depan dan semua.

Sedangkan untuk kapasitas mesin yang ditawarkan adalah 1.5L dan 1.8L dengan tipe transmisi 5 speed manual dan 6 speed manual / CVT. Adapun untuk harga yang ditawarkan mulai dari Rp 245 juta untuk tipe 5 speed MT sampai dengan Rp 308 juta untuk tipe CVT.

Mobil Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander

Mobil Mitsubishi Xpander merupakan tipe mobil crossover terbaik selanjutnya. Mobil Mistubishi ini termasuk salah satu tipe mobil baru yang mulai diproduksi pada tahun 2017. Mobil ini termasuk kedalam kelas compact MPV dengan body style yang diusung adalah lima pintu wagon.

Untuk tipe mesin yang ditawarkan Mitsubishi Xpander hanya satu yaitu 1.5L dengan tipe transmisi 5 speed manual dan 4 speed otomatis. Harga Mitsubishi Xpander di Indonesia sendiri berkisar antara Rp 211 juta sampai dengan Rp 278 juta.

Mobil Mitsubishi Eclipse Cross

Mitsubishi Eclipse Cross

Mobil SUV terbaik selanjutnya adalah Mitsubishi Eclipse Cross. Mobil Mitsubishi ini mulai diproduksi pada tahun 2018 dengan body style lima pintu SUV untuk kelas crossover SUV. Mitsubishi Eclipse Cross menawarkan dua tipe mesin yaitu gasoline dan diesel.

Untuk tipe gasoline terdiri dari 3 kapasitas mesin yaitu 1.5L, 2.0L dan 2.4L, sedangkan untuk tipe diesel hanya satu kapasitas mesin yaitu 2.4L. Sedangkan untuk harga Mitsubishi Eclipse Cross di Indonesia sendiri berada dikisaran harga Rp 493 juta.

Mobil Suzuki Ignis

Suzuki Ignis

Mobil Suzuki Ignis menjadi mobil SUV terbaik berikutnya. Mobil Suzuki ini mulai diproduksi pada tahun 2000, namun produksinya berhenti pada tahun 2008. Kemudian dilanjutkan kembali pada tahun 2016 sampai dengan sekarang.

Suzuki Ignis masuk ke jajaran crossover hatchback lima pintu, dengan kapasitas mesin 1.3L dan 1.5L untuk bahan bakar gasoline dan 1.3L untuk bahan bakar diesel. Harga Suzuki Ignis di Indonesia sendiri berada dikisaran harga Rp 175 juta sampai dengan Rp 204 juta.

Mobil All New Toyota Rush

9 Mobil All New Toyota Rush

Toyota Rush merupakan mobil yang diproduksi oleh Toyota sejak tahun 1997 sampai sekarang, dimana mobil ini masuk kedalam jajaran mobil mini SUV. Namun pada awal produksinya, mobil ini diberi nama dengan Toyota Taruna sampai dengan tahun 2006.

Generasi terbaru Toyota Rush mulai diproduksi pada tahun 2018 yang berbagi paltform dengan Daihatsu Terios dengan tipe mesin yang ditawarkan hanya satu yaitu 1.5L. Untuk harganya sendiri, Toyota Rush dibandrol dengan harga Rp 245 juta sampai Rp 266 juta.

Mobil Daihatsu Terios

Daihatsu Terios

Daihatsu Terios merupakan mobil SUV yang diproduksi oleh Daihatsu hasil kerja sama dengan Toyota, dimana produk Toyota tersebut dipasarkan dengan nama Toyota Rush seperti yang baru kami bahas diatas tadi.

Spesifikasi Daihatsu Terior kurang lebih sama dengan Toyota Rush, Hanya saja harganya yang berbeda. Dimana harga Daihatsu Terios dipasaran Indonesia adalah sekitar Rp 200 juta sampai dengan Rp 251 juta.

Mobil Audi Q3

Audi Q3.

Mobil crossover terbaik selanjutnya adalah Audi Q3, mobil ini mulai diproduksi oleh Audi pada tahun 2011. Audi Q3 sendiri masuk kedalam jajaran mobil subkompak mewah yang dirancang dengan kapasitas mesin 1.4L, 2.0L dan 2.5L untuk bahan bakar gasoline dan 2.0L untuk bahan bakar diesel.

Namun untuk pasar Indonesia, Audi Q3 hanya tersedia tipe 1.4L saja. Dengan harga yang dibandrol untuk mobil crossover Audi ini adalah Rp 875 juta.

Mobil Audi Q7

Audi Q7

Audi Q7 merupakan tipe mobil crossover SUV terbaik ukuran sedang. Dimana mobil ini mulai diproduksi sejak tahun 2005 dan sampai saat ini masih tetap diproduksi. Mobil ini mengusung body style empat pintu untuk keluaran terbarunya.

Dengan kapasitas mesin yang ditawarkan mulai dari 2.0L sampai dengan 4.0L untuk bahan bakar gasoline dan 3.0L dan 4.0L untuk bahan bakar diesel. Harga mobil Audi Q7 di Indonesia berada pada kisaran Rp 2.4 miliar.

Mobil Nissan Juke

Nissan Juke

Mobil crossover terbaik terakhir adalah Nissan Juke, dimana mobil ini mulai diproduksi oleh Nissan sejak tahun 2010. Nissan Juke masuk kedalam jajaran subcompact crossover SUV dengan body style yang diusung adalah lima pintu.

Untuk tipe terbarunya, Nissan Juke hanya menawarkan satu tipe mesin saja, yaitu 1.0L Turbo yang dipadukan dengan transmisi 6 speeda manual dan 7 speed DCT. Harga Nissan Juke di Indonesia sendiri berada pada kisaran Rp 303 juta.

Akhir Kata

Itu dia beberapa tipe mobil crossover terbaik yang Ujikokoh.com dapat berikan pada kesempatan hari ini, semoga saja dari informasi tentang mobil terbaik yang baru kami sajikan diatas bisa menambah pengetahuan anda semuanya seputar mobil SUV terbaik

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *