Mobil LCGC Adalah ? Perbedaan Dengan Mobil Biasa & Kelemahan

Advertisements

Mobil LCGC Adalah varian mobil yang hadir setelah munculnya regulasi otomotif baru di Indonesia yang mengecualikan varian mobil murah serta hemat bahan bakar dari PPnBM (Pajak Penjualan Atas Barang Mewah) alias Mobil Bebas Pajak.

LCGC adalah kepanjangan dari Low Cost Green Car atau dalam bahasa Indonesia adalah mobil murah ramah lingkungan. Mobil yang termasuk kedalam varian ini memiliki harga jual yang sangat rendah dibandingkan dengan mobil biasa.

Nah, untuk kalian yang sekiranya merasa tertarik ingin membeli mobil LCGC namun belum mengetahui apa saja varian mobil yang termasuk bebas pajak, maka tidak ada salahnya apabila kalian melihat informasi yang pada kesempatan hari ini adalah kami berikan.

Advertisements

Karena selain memberikan informasi pengertian mobil LCGC adalah ? Kami juga turut memberikan beberapa informasi lainnya, seperti misalnya spesifikasi, perbedaan dengan mobil biasa dan beberapa informasi laninya. Sehingga kalian akan mengetahui banyak tentang mobil bebas pajak ini.

Mobil LCGC Adalah
Advertisements

Spesifikasi Mobil LCGC

Mobil bebas pajak ini sendiri memiliki ketentuan spesifikasi yang telah ditetapkan oleh Kementerian Industri. Karena jika mobil bebas pajak ini tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan, maka mobil tersebut bukan termasuk ke dalam varian mobil PPnBM.

Adapun spesifikasi mobil bebas pajak itu sendiri adalah sebagai berikut:

  • Memiliki kapasitas mesin antara 980 cc sampai dengan 1.200 cc dengan tingkat konsumsi BBM paling tidak 20 km/liter untuk tipe mesin bensin.
  • Mesin berbahan bakar bensin yang digunakan harus menggunakan bahan bakar (Research Octane Number) RON 92.
  • Memiliki kapasitas mesin paling maksimal 1.500 cc dengan tingkat konsumsi BBM paling tidak 20 km/liter untuk tipe mobil diesel.
  • Mesin berbahan bakar diesel yang digunakan harus menggunakan bahan bakar CN 51.
  • Memiliki radius belok paling banyak adalah 4,6 m atau 4.600 mm.
  • Harga jual tidak boleh melebihi 95 juta rupiah berdasarkan dari lokasi kantor pusat ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek), dengan penyesuaian harga 15% untuk tipe transmisi otomatis dan 10% untuk fitur keamanan serta dapat disesuaikan berdasarkan inflasi.
  • Ada penambahan nama merek serta logo khas Indonesia.

Perbedaan Mobil LCGC Dengan Mobil Biasa

Adapun hal lain yang perlu kalian ketahui ialah perbedaan mobil LCGC dengan mobil biasa atau non LCGC. Dimana hal ini sering dipertanyakan oleh banyak orang, karena mobil bebas pajak memiliki harga yang sangat rendah sehingga banyak orang bertanya tentang perbedaan kedua mobil tersebut.

1. Desain

Melihat dari sisi desain kedua mobil tersebut tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan, karena tidak penyesuaian yang perlu dilakukan pada bagian desain mobil atau eksterior. Sehingga penampilan mobil bebas pajak dan biasa masih terlihat sama saja.

2. Mesin

Sedangkan dari sisi mesin, kedua varian mobil tersebut sudah pasti memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Dimana kapasitas mobil bebas pajak jauh lebih rendah dibandingkan dengan mobil biasa. Karena kapasitas maksimal mesin LCGC untuk tipe bensin hanya 1.3L dan diesel 1.5L.

3. Fitur

Hal lainnya yang memiliki perbedaan cukup signifikan ialah dari sisi fitur. Dimana fitur mobil bebas pajak tentunya tidak selengkap mobil biasa, karena terdapat penyesuaian sebanyak 10% pada bagian fitur untuk mobil bebas pajak.

4. Harga

Perbedaan terakhir antara mobil LCGC dengan mobil biasa adalah harga. Dimana harga mobil bebas pajak atau PPnBM tentunya jauh lebih murah dibandingkan dengan harga mobil biasa, karena sudah ada kententuan harga mobil tidak mobil melebihi 95 juta rupiah.

Kelebihan dan Kelemahan Mobil LCGC

Apabila kalian merasa tertarik untuk membeli mobil bebas pajak ini, maka kalian juga perlu mengetahui beberapa kelebihan dan kelemahan mobil LCGC. Dimana beberapa kelemahan dan kelebihan mobil PPnBM adalah sebagai berikut.

Kelebihan Mobil LCGC

  • Harga jauh lebih murah dibandingkan dengan harga mobil biasa.
  • Konsumsi bahan bakar sanagt irit.
  • Proses pembakaran mesin mobil lebih ramah lingkungan.
  • Memiliki desain tidak kalah bagus dengan mobil biasa.

Kelemahan Mobil LCGC

  • Power yang dihasilkan masih kurang maksimal, karena kapasitas mesin tidak terlalu besar.
  • Fitur yang disematkan tidak terlalu lengkap, hal tersebut karena sesuai dengan perturan Kementerian Industri.
  • Biaya pajak tahunan mobil LCGC lebih besar dibandingkan pajak mobil biasa.
  • Dimensi mobil bebas pajak kebanyak berukuran kecil, dengan kapasitas maksimal 4 sampai 5 orang.

Daftar Mobil LCGC Paling Irit

Setelah mengetahui beberapa hal tentang mobil Low Cost Green Car dan kalian sekiranya masih merasa tertarik ingin membeli mobil tersebut, maka kalian bisa melihat beberapa daftar mobil bebas pajak yang ada dipasaran secara lengkap dibawah ini.

ProdusenModel MobilKapasitas Mesin
Astra Daihatsu MotorDaihatsu Ayla1.0L & 1.2L
Astra Daihatsu MotorDaihatsu Sigra1.0L & 1.2L
Toyota Astra MotorToyota Agya1.0L & 1.2L
Toyota Astra MotorToyota Calya1.2L
Honda Prospect MotorHonda Brio Satya1.2L
Nissan Motor IndonesiaDatsun Go Panca1.2L
Datsun Go+ Panca1.2L
Suzuki Indomobil MotorSuzuki Karimun Wagon R1.0L

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi yang dapat Uji Kokoh berikan untuk kalian semuanya pada kesempatan ini tentang mobil LCGC adalah, mudah-mudahan saja informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan banyak manfaat untuk kalian semua.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.