Modifikasi Honda Beat Karbu Road Race dan Spesifikasi

Advertisements

Modifikasi Honda Beat Karbu Road Race – Road race merupakan salah satu ajang balap motor yang ada di Indonesia, dan terdiri dari beberapa kelas berdasarkan kapasitas mesin motor dan jenis motor yang digunakan. Salah satu diantaranya adalah untuk kelas skuter matic 110 cc.

Untuk kelas tersebut kebanyakan menggunakan motor Honda Beat karbu yang memang memiliki performa lebih baik dibandingkan dengan beberapa tipe Honda Beat lainnya. Selain itu, proses modifikasi motor Honda tersebut juga lebih mudah untuk dilakukan.

Nah, untuk kalian yang sekiranya ingin melakukan modifikasi Honda Beat karbu road race, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan. Supaya kalian memiliki sumber referensi sebelum melakukan modifikasi.

Advertisements

Karena proses modifikasi sendiri tidak dapat dilakukan secara asal-asalan, agar hasil yang didapatkan juga maksimal atau sesuai dengan harapan. Untuk itu sebelum melakukan modifikasi harus memiliki sumber referensi terlebih dahulu supaya hasilnya sesuai.

Tips Modifikasi Honda Beat Karbu Road Race

Modifikasi dengan konsep road race pada umumnya tidak memacu pada penampilan, seperti halnya modifikasi Honda Beat karbu babylook. Akan tetapi lebih fokus kepada performa motor itu sendiri, sehingga sudah pasti banyak hal yang harus diubah pada motor tersebut.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk melakukan modifikasi motor menjadi motor road race, alangkah baiknya jika kalian pikirkan terlebih dahulu secara matang. Terkecuali motor yang akan dimodifikasi bukan merupakan motor yang digunaknan untuk kegiatan sehari-hari.

Modifikasi Honda Beat Karbu Road Race

Untuk kalian yang sekiranya membutuhkan referensi mengenai modifikasi motor road race, maka kalian bisa melihat-lihat beberapa gambar modifikasi yang akan kami berikan dibawah ini. Supaya kalian mengetahui bagaimana tampilan motor Honda Beat karbu road race.

Advertisements

Spesifikasi Modifikasi Honda Beat Karbu Road Race

Setelah melihat beberapa tampilan modifikasi Honda Beat diatas, lantas bagaimana spesifikasi modifikasi Honda Beat tersebut. Pada umumnya untuk modifikasi road race ialah melakukan perubahan pada bentuk bodi, CDI, karburator sampai dengan aki dan knalpot yang digunakan.

Adapun untuk rincian detail spesifikasi modifikasi Honda Beat tersebut adalah sebagai berikut.

1. Bodi Buta Full Set

Hal pertama yang diubah pada konsep modifikasi road race adalah mengganti bodi motor menggunakan bodi buta full set. Bodi buta ialah body Honda Beat yang tidak dilengkapi dengan set lampu, baik depan atau belakang dan juga signal. Karena pada saat road race biasanya tidak membutuhkan sistem penerangan.

2. CDI BRT IMAX

Hal selanjutnya diubah ialah CDI, dimana CDI yang digunakan adalah CDI BRT IMAX. Penggunaan CDI jenis ini memiliki tujuan untuk lebih mudah dalam mengatur pengapian. Sehingga kebutuhan pengapian dapat dengan mudah disesuaikan pada saat motor tersebut digunakan.

3. Karburator Reamer Standar

Sedangkan untuk karburator masih menggunakan karburator standar reamer, karena jenis karburator tersebut masih sesuai dengan kapasitas mesin yang digunakan. Apabila ingin mengganti karburator, maka harus meningkatkan juga kapasitas mesin agar sesuai.

4. Aki Motobatt

Untuk masalah kelistrikan modifikasi road race baiknya menggunakan aki motobatt, hal tersebut bertujuan agar kelistrikan yang dihasilkan lebih stabil. Karena CDI yang digunakan sendiri memiliki konsumsi listrik cukup besar, sehingga butuh suplai listrik yang bagus juga.

5. Knalpot CLD Racing

Hal selanjutnya yang perlu diganti ialah knalpot, dimana untuk modifikasi road race biasanya menggunakan knalpot CLD racing. Hal tersebut bertujuan agar proses pembuangan dapat berlangsung lebih cepat dan sempurna, sehingga akan lebih meningkatkan performa motor itu sendiri.

6. Suspensi Belakang KTC Kytaco

Sedangkan untuk Suspensi belakang juga ikut dilakukan penggantian, untuk penggantian suspensi belakang yang digunakan umumnya adalah menggunakan Shock Tabung. Hal tersebut memiliki tujuan agar motor lebih stabil, karena shock tabung bisa diatur dengan lebih mudah tingkat elastisitasnya.

7. Velg RCB SP522

Bagian terakhir yang perlu diganti ialah velg, dimana velg yang digunakan adalah velg RCB SP522 dengan ukuran ring 14 sesuai dengan ukuran standar untuk motor matic. Hal tersebut juga memiliki tujuan yang sama agar handling pada motor tersebut lebih sempurna.

Biaya Modifikasi Honda Beat Karbu Road Race

Sedangkan untuk biaya modifikasi motor Beat karbu ini disesuaikan dengan sparepart yang diganti, sehingga untuk biaya yang dibutuhkan untuk modifiaksi motor tersebut cukup dengan mengitung harga setiap sparepart ditambah dengan ongoks pasang sparepart tersebut.

Adapun untuk rincian biaya modifikasi Beat karbu tersebut adalah sebagai berikut.

PartHargaKeterangan
Bodi Buta Full SetRp 425.000Beli
CDI BRT IMAXRp 1.050.000Beli
Karburator ReamerRp 209.000Beli
Knalpot CLD C2Rp 810.000Beli
Aki MotobattRp 165.000Beli
Shock Belakang KTC KytacoRp 1.950.000Beli
Velg RCB SP522Rp 1.650.000Beli

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi mengenai modifikasi Honda Beat karbu road race yang dapat Uji Kokoh berikan pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi tentang modifikasi motor yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan banyak manfaat.

Sumber Gambar:

  • facebook.com/Melapeh Racing Team
  • parboaboa.com
  • ototrend.com
  • wikiedukasi.com
  • warta21.com
  • rodanesia.com
Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *