Penyebab Motor Beat Tidak Bisa Distarter dan Diengkol

Advertisements

Motor Beat Tidak Bisa Distarter dan Diengkol – Menggunakan motor Matic memang sekarang ini menjadi salah satu solusi bagi orang-orang yang tidak ingin menggunakan motor bebek biasa. Selain kemudahan dalam mengendarai, motor Matic juga memiliki perawatan yang lebih ringan dibandingkan dengan motor bebek lainnya.

Salah satu motor Matic yang laku di pasaran Indonesia yaitu Honda Beat. Tidak jarang para pengendara motor Beat mengalami kendala pada motor. Seperti tidak bisa distarter maupun diengkol. Namun sebenarnya apa penyebab dan cara mengatasi motor Beat tidak bisa distarter dan diengkol?

Ada beberapa masalah yang mengakibatkan motor Matic tidak bisa distarter dan diengkol. Cara mengatasi motor Beat tidak bisa distarter dan diengkol dapat kalian temukan jawabannya melalui artikel ini. Sehingga nantinya bisa mengatasi sendiri ketika motor Matic honda kalian tidak bisa distarter dan diengkol.

Advertisements

Nah pada artikel kali ini, Ujikokoh.com akan menyajikan ulasan tentang cara mengatasi motor Beat tidak bisa distarter dan diengkol. Namun sebelum masuk ke cara tersebut, silahkan simak ulasan mengapa motor Beat tidak dapat di starter atau di engkol berikut ini.

Motor Beat Tidak Bisa Distarter dan Diengkol
Advertisements

Penyebab Motor Beat Tidak Bisa Distarter dan Diengkol

Ada beberapa masalah yang membuat motor Beat lama maupun Beat FI tidak bisa dihidupkan dengan starter maupun engkol. Masalah tersebut diantaranya seperti aki lemah, adanya masalah di sistem ACGC dan lain sebagainya. Penjelasan tentang penyebab Honda Beat tidak distarter dan diengkol adalah sebagai berikut:

1. Aki Lemah

Penyebab motor Beat tidak bisa distarter yang pertama yakni karena adanya aki motor yang lemah atau soak. Pasalnya untuk menggunakan sistem starter elektrik membutuhkan tegangan atau daya aki yang kuat untuk memutar dinamo starter agar bisa menjalankan mesin motor Beat. Sehingga jika aki tidak kuat memutar dinamo starter, maka mesin motor Beat juga tidak bisa hidup atau jalan.

2. Masalah Starter Elektrik

Penyebab motor Beat tidak bisa distarter kedua yakni karena adanya masalah pada sistem starter elektrik. Masalah tersebut bisa karena tombol, kabel atau komponen starter elektrik lainnya bermasalah. Seperti tombol kotor, soket kabel tidak kencang maupun terjadi gangguan lainnya. Sehingga tidak bisa menjalankan starter elektrik dengan normal dan mesin motor Beat tidak bisa hidup.

3. Dinamo Starter Rusak

Selain karena sistem starter elektrik bermasalah, dinamo starter yang rusak juga mengakibatkan motor Beat tidak bisa distarter. Pasalnya proses menghidupkan mesin motor Beat perlu adanya kerja dari dinamo starter. Sehingga jika dinamo tidak bekerja dengan baik, maka motor Beat tidak bisa distarter menggunakan sistem elektrik.

4. Pulley Macet

Penyebab motor Beat tidak distarter dan diengkol selanjutnya yakni karena adanya masalah pada Pulley. Misalnya Pulley motor Beat macet, gancet maupun ada masalah lainnya. Sehingga membuat Honda Beat tidak distarter dan diengkol.

5. Gigi Engkol Berkarat

Penyebab motor Beat tidak bisa diengkol selanjutnya yaitu karena gigi engkol berkarat. Selain berkarat, motor Beat tidak bisa diengkol juga dapat dikarenakan adanya kerusakan pada sistem engkol. Seperti per engkol rusak atau patah, gigi engkol tidak masuk ke jalur starter maupun adanya masalah lainnya.

6. Masalah Lainnya

Penyebab Honda Beat tidak bisa distarter dan diengkol lainnya yakni seperti busi tidak bagus maupun karena kondisi mesin Honda Beat yang terlalu dingin. Sehingga bisa menyebabkan Honda Beat susah hidup maupun susah distarter dan diengkol.

Buat kalian yang ingin ketahui penyebab motor tidak bisa distarter dan diengkol lainnya, kemarin Ujikokoh.com sudah pernah merangkum tentang penyebab motor tidak bisa distarter. Dan buat kalian yang ingin baca artikel seputar tips motor roda dua, silahkan kunjungi halaman Kategori Tips Motor dari Ujikokoh.com.

Nah setelah ketahui beberapa penyebab di atas, sekarang bagaimana cara mengatasi Honda Beat tidak bisa distarter dan diengkol? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Mengatasi Motor Beat Tidak Bisa Distarter dan Diengkol

Ada beberapa cara yang bisa kalian coba untuk mengatasi Beat lama maupun Beat ESP tidak bisa distarter dan diengkol. Misalnya dengan cek aki motor, cek sistem starter elektrik maupun dengan beberapa cara lainnya. Cara mengatasi Honda Beat tidak bisa distarter dan diengkol adalah sebagai berikut:

1. Cek Kelistrikan Motor Beat

Cara mengatasi motor Beat tidak bisa distarter dan diengkol pertama yakni dengan mengecek Kelistrikan motor Beat tersebut. Misalnya dengan cek aki motor Beat apakah masih bagus dan tidak soak. Selain itu, kalian juga bisa cek apakah sekring motor Beat berfungsi semua atau tidak.

2. Cek Starter Elektrik

Cara mengatasi Honda Beat tidak bisa distarter dan diengkol kedua yaitu dengan cek sistem starter elektrik. Misalnya degan cek tombol, kabel maupun komponen lainnya di starter elektrik berfungsi dengan baik. Kalian bisa bersihkan tombol starter yang kotor maupun dengan cek komponen Bendik starter masih normal dan bekerja dengan baik.

3. Cek Dinamo Stater

Cara mengatasi Honda Beat tidak bisa distarter dan diengkol ketiga yakni dengan cek dinamo starter. Kalian bisa mengecek kondisinya seperti adanya bunyi putaran atau tidak. Jika terjadi masalah di dinamo, silahkan bawa motor Beat kalian ke service dinamo. Sehingga nantinya bisa ditangani dengan baik dan benar.

4. Cek Engkol Motor Beat

Cara mengatasi motor Beat tidak bisa distarter dan diengkol selanjutnya yakni dengan mengecek engkol motor Beat tersebut. Misalnya dengan cek apakah engkol macet atau keras. Sehingga jika hal tersebut terjadi, kalian bisa coba bawa ke bengkel untuk mengatasi masalah engkol keras atau tidak bisa diengkol.

5. Cek Busi Motor Beat

Cara mengatasi Honda Beat tidak bisa distarter dan diengkol selanjutnya yakni dengan mengecek kondisi busi. Misalnya dengan cek apakah busi masih memiliki percikan api yang bagus atau tidak. Sehingga jika percikan busi lemah, kalian bisa atasi dengan mengganti busi yang baru. Selain cek busi kalian juga bisa lakukan dengan cek sistem bahan bakar, seperti cek karburator pada motor Beat lama atau yang belum FI (Fuel Injection).

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi motor Beat tidak bisa distarter dan diengkol. Bagaimana, apakah masih ada yang alami kendala ketika mencoba mengatasi Honda Beat tidak bisa distarter dan diengkol menggunakan beberapa cara di atas?

Sekian artikel kali ini tentang penyebab dan cara mengatasi Honda Beat tidak bisa distarter dan diengkol. Terima kasih sudah bersedia mengunjungi Ujikokoh.com dan semoga artikel di atas tentang Honda Beat tidak bisa distarter dan diengkol dapat menambah informasi buat kalian semuanya.

Sumber gambar: Tim Ujikokoh.com

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Yanuar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *