16 Penyebab Motor Brebet di Putaran Bawah dan Cara Mengatasinya

Motor Brebet di Putaran Bawah – Permasalahan sepeda motor brebet mungkin sudah menjadi salah satu hal yang wajar, terlebih bagi pengguna sepeda motor dengan sistem suplai bahan bakar karburator. Meskipun beberapa tipe motor injeksi pun dapat mengalami hal ini.

Hal tersebut biasanya terjadi karena terdapat permasalahan pada bagian sistem suplai bahan bakar, baik itu pada karburator atau injeksi motor yang menyebabkan motor brebet. Terutama pada saat putaran mesin bawah atau rendah.

Selain terdapat permasalahan pada bagian sistem suplai bahan bakar, biasanya hal yang dapat mempengaruhi putaran mesin bawah mengalami brebet itu dikarenakan oleh jenis bahan bakar yang digunakan tidak sesuai dengan tipe mesin.

Namun selain hal diatas, masih ada lagi beberapa pemasalahan penyebab motor brebet di putaran bawah. Apabila anda memiliki permasalahan tersebut, maka tidak ada salahnya jika anda melihat terlebih dahulu informasi yang akan Ujikokoh.com berikan hari ini.

Penyebab Motor Brebet di Putaran Bawah

Penyebab Motor Brebet di Putaran Bawah

Apabila anda mengalami permasalahan motor brebet pada RPM rendah, mungkin saja salah satu penyebab hal tersebut terdapat dibawah ini. Jadi tidak ada salahnya apabila anda melihat informasi dari kami hari ini secara teliti.

1. Setelan Karburator Tidak Sesuai

Bagi motor dengan sistem bahan bakar karburator, setelan pada karburator dapat berpengaruh terhadap kondisi motor brebet. Karena pada bagian karburator terdapat setelan angin dan gas atau stasioner yang harus di atur secara seimbang agar menghasilkan kinerja maksimal.

Apabila setelan salah satu hal tersebut kurang seimbang, dapat dipastikan jika penyebab motor brebet tersebut terdapat pada bagian setelan karburator yang kurang sesuai. Akan tetapi setelah karburator di setel dengan benar motor masih tetap brebet, permasalahan terdapat pada hal lain.

2. Saringan Udara Kotor atau Rusak

Penyebab lain motor brebet di putaran bawah ialah saringan atau filter motor kotor, karena saringan kotor dapat menyebabkan suplai udara masuk berkurang. Sehingga menyebabkan putaran mesin menjadi brebet, terutama pada saat RPM rendah.

Selain kotor, saringan rusak juga dapat menyebabkan motor brebet, hal tersebut juga dapat berpengaruh terhadap kondisi suplai udara kurang sama seperti halnya kondisi filter kotor yang telah kami jelaskan diatas.

3. Kondisi Busi Motor Tidak Baik

Hal lainnya penyebab motor brebet di putaran bawah ialah busi motor sudah kurang baik. Dimana busi kurang baik dapat dipengaruhi karena busi terlalu kotor atau posisi pemantik terlalu renggang, sehingga menyebabkan motor brebet.

4. Penggunaan Bahan Bakar Tidak Sesuai

Jika permasalahan diatas sudah coba di atasi akan tetapi motor masih tetap brebet di putaran bawah, penyebab lainnya yang dapat menyebabkan hal tersebut ialah karena penggunaan bahan bakar yang kurang sesuai.

Jenis motor yang diharuskan menggunakan bensin RON tinggi akan tetapi dipaksakan menggunakan bahan bakar RON rendah, hal tersebut dapat menyebabkan mesin motor menjadi brebet ketika putaran masih rendah.

5. Bahan Bakar Tercampur Air

Apabila sudah menggunakan bensin yang sesuai akan tetapi motor masih tetap brebet, maka kemungkinan lainnya ialah terdapat pada tangki bahan bakar yang kemasukan air. Karena bensin yang tercampur dengan air dapat membuat proses pengapian kurang sesuai.

6. Filter Bensin Kotor atau Rusak

Setelah membersihkan tangki bahan bakar karena ada kemungkinan kemasukan air, namun motor masih tetap brebet. Maka penyebab lainnya ialah filter bensin rusak atau kotor, yang menyebabkan suplai bensin kurang sesuai.

7. Pompa Bensin Kotor atau Rusak

Apabila sudah memeriksa semua penyebab diatas dan masih terdapat permasalahan di putaran mesin motor brebet, maka penyebab lainnya yang dapat menyebabkan hal tersebut ialah pompa bensin yang kemungkinan kotor atau bahkan rusak.

Hal tersebut dapat mengakibatkan suplai bensin tidak berjalan sebagaimana mestinya dan dapat menyebabkan motor brebet di putaran bawah pada saat digunakan.

8. Sensor Injeksi Mengalami Kerusakan

Sedangkan untuk para pengguna motor dengan sistem suplai bahan injeksi, hal tersebut mungkin saja dapat berpengaruh pada mesin motor brebet pada saat putaran mesin masih rendah. Hal tersebut dapat dikarenakan kondisi sensor injeksi dalam kondisi rusak.

Cara Mengatasi Motor Brebet di Putaran Bawah

Cara Mengatasi Motor Brebet di Putaran Bawah

Setelah mengetahui beberapa penyebab motor brebet di putaran bawah, maka hal selanjutnya yang perlu diketahui adalah cara mengatasi kondisi tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut.

1. Setelah Karburator Tidak Sesuai

Apabila penyebab motor brebet yang di alami karena setelan karburator kurang sesuai, maka bisa melakukan pengaturan pada bagian katup gas dan angin karburator. Dimana putaran stasioner yang iedal itu terdapat pada angka 1.700±100 rpm.

2. Saringan Udara Kotor atau Rusak

Sedangkan untuk yang memiliki masalah pada bagian saringan udara, maka bisa membersihkan saringan udara secara berkala. Akan tetapi untuk kondisi saringan udara yang sudah rusak, maka harus menggantinya.

3. Kondisi Busi Motor Tidak Baik

Untuk penyebab motor brebet di putaran bawah yang dikarenakan oleh kondisi busi kotor, maka bisa membersihkan busi menggunakan amplas sedang. Namun untuk kondisi busi yang mungkin sudah parah rusaknya, alangkah baiknya anda menggantinya.

4. Penggunaan Bahan Bakar Tidak Sesuai

Sedangkan kondisi motor brebet yang disebabkan oleh penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai, maka bisa mencari tahu bensin apa yang jenisnya sesuai untuk motor anda. Umumnya motor dengan kompresi 11:1 sampai 13:1 itu menggunakan bahan bakar RON 98.

5. Bahan Bakar Tercampur Air

Apabila permasalahan yang dihadapi dikarenakan kondisi bahan bakar yang tercampur oleh air, maka bisa menguras tangki bensin untuk membuang air pada tangki bahan bakar. Kemudian periksa kondisi tangki bensin apakah mengalami kebocoran atau tidak.

6. Filter Bensin Kotor atau Rusak

Untuk penyebab motor brebet di putaran bawah yang dikarenakan oleh filter bensin kotor, maka dapat membersihkan filter bensin menggunakan kompresor atau bahkan mencuci filter bensin sampai benar-benar bersih.

7. Pompa Bensin Kotor atau Rusak

Sedangkan untuk yang mengalami permasalahan dikarenakan oleh kondisi pompa bensin yang kotor atau rusak, maka anda dapat membersihkan pompa bahan bakar. Namun untuk kondisi pompa yang sudah tidak memungkinkan, maka anda bisa menggantinya.

8. Sensor Injeksi Mengalami Kerusakan

Adapun untuk yang mengalami permsalahan berikut ini, maka ada baiknya jika motor tersebut dibawah ke bengkel yang benar-benar berpengalaman. Karena kerusakan sensor injeksi merupakan salah satu permasalah yang cukup berat.

Tips Merawat Motor Tidak Brebet di Putaran Bawah

Tips Merawat Motor Tidak Brebet di Putaran Bawah

Bagi yang mungkin sudah terlanjur mengalami permasalahan mesin brebet di putaran bawah, maka ada baiknya jika mengikuti cara mengatasi yang telah kami berikan diatas. Akan tetapi untuk yang belum terlanjur mengalami permasalahan tersebut, ada baiknya jika motor diservice secara rutin.

Dengan melakukan service secara rutin dapat meminimalisir terjadinya kerusakan-kerusakan yang besar, karena jika terjadi kerusakan kecil yang ditemukan pada saat melakukan service, maka hal tersebut pastinya akan langsung ditangani.

Berbeda halnya dengan kondisi motor yang tidak pernah diservis, apabila terjadi kerusakan kecil pasti tidak akan diketahui. Ditambah lagi dengan kondisi motor yang terus menerus digunakan, kerusakan yang tadinya kecil pasti akan bertambah parah.

Maka dari itu, disarankan untuk melakukan perawatan atau service secara rutin. Apabila anda merupakan pengguna motor honda, seperti misalnya Honda Beat, maka anda sudah dapat melakukan BOOKING SERVICE MOTOR HONDA ONLINE.

Akhir Kata

Dengan ini selesai sudah informasi yang sekiranya dapat kami berikan tentang penyebab motor brebet di putaran bawah dan cara mengatasinya, semoga saja informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan tambahan ilmu bagi anda.

Sedangkan untuk anda yang sekiranya merasa belum menemukan informasi yang sesuai, maka tidak ada salahnya bagi anda untuk melihat-lihat kembali beberapa pembahasan yang sudah pernah kami berikan sebelumnya. Mungkin saja salah satu pembahasan yang sudah pernah kami berikan sebelumnya ada yang sesuai dengan pembahasan yang sedang anda cari.

You May Also Like

About the Author: Suhendar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *