Motor Injeksi Tidak Bisa Distarter : Penyebab & Cara Mengatasi

Advertisements

Motor Injeksi Tidak Bisa Distarter – Injeksi merupakan salah satu sistem bahan bakar yang saat ini banyak digunakan oleh kendaraan, baik itu kendaraan roda dua atau roda empat, karena sistem bahan bakar ini memiliki konsumsi bahan bakar lebih irit dibandingkan dengan karburator.

Meskipun motor dengan sistem bahan bakar injeksi ini sendiri memiliki keunggulan dalam hal konsumsi bahan bakar, namun masih tetap ada beberapa masalah yang terkadang muncul. Dimana masalah tersebut diantaranya adalah motor injeksi tidak bisa distarter.

Karena tidak sedikit orang yang mengalami permasalahan motor injeksi tidak bisa distarter dan engkol. Namun hal tersebut biasanya dapat terjadi pada motor-motor yang kurang perawatan. Karena jika motor tersebut dirawat dengan baik, pastinya kondisi motor akan baik-baik saja.

Advertisements

Nah, untuk kalian yang sekiranya sedang mengalami permasalahan tersebut, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan seputar permasalahan tersebut secara lengkap, mulai penyebab dan cara mengatasinya.

Motor Injeksi Tidak Bisa Distarter
Sumber: teknik-otomotif.co.id
Advertisements

Penyebab Motor Injeksi Tidak Bisa Distarter

Penyebab motor tidak bisa distarter sebenarnya bukan hanya dikarenakan oleh permasalahan injeksi saja, melainkan juga ada beberapa komponen lain yang dapat mempengaruhi hal tersebut. Adapun beberapa penyebab permasalahan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Busi Basah / Tidak Bagus

Penyebab pertama motor tidak bisa distarter bisa dikarenakan oleh busi dalam kondisi basah akibat terkena air atau bensin yang bocor. Apabila kondisi busi basah maka tidak dapat memercikan api yang nantinya akan digunakan sebagai sumber kompresi pada ruang bakar, sehingga mesin motor tidak bisa nyala.

Selain kondisi busi yang basah, kondisi lainnya yang dapat mempengaruhi motor tidak bisa distarter adalah busi sudah dalam kondisi tidak bagus. Kondisi busi yang sudah tidak bagus biasanya ditandai dengan warna gelap atau putih karena hasil pembakaran tidak sempurna.

2. Motor Starter Rusak

Penyebab selanjutnya bisa dikarenakan oleh kondisi motor starter yang memang sudah rusak, apabila motor starter rusak maka secara otomatis motor tidak bisa distarter. Namun apabila komponen ini yang rusak, biasanya motor masih tetap bisa hidup dengan cara menggunakan kick starter atau engkol.

3. Injeksi Kotor

Penyebab selanjutnya adalah injeksi kotor. Kondisi injeksi motor yang kotor membuat suplai bahan bakar juga akan ikut kotor, sehingga hal tersebut dapat membuat motor akan susah untuk dihidupkan baik menggunakan electric starter atau kick starter.

Untuk kondisi lebih parahnya, apabila injeksi sampai kotor adalah suplai bahan bakar tidak dapat dilakukan. Hal tersebut dikarenakan pada bagian nozzle terdapat penyumbatan karena kotoran. Sehingga suplai bahan bakar tidak dapat diberikan ke ruang bakar.

4. Ruang Bakar Bocor

Penyebab motor inejksi tidak bisa distarter yang terakhir adalah karena ruang bakar mengalami kebocoran. Kondisi ruang bakar yang mengalami kebocoran sebenarnya tidak berbeda jauh dengan kondisi injeksi yang tidak menyuplai bahan bakar, karena tidak ada bahan yang digunakan untuk melakukan kompresi.

Cara Mengatasi Motor Injeksi Tidak Bisa Distarter

Setelah mengetahui beberapa penyebab permasalahan, maka cara mengatasi motor inejksi tidak bisa distarter dan engkol harus disesuaikan dengan penyebab permasalahan. Oleh karena itu, kalian bisa mulai memeriksa kondisi motor dari penyebab pertama yang telah kami berikan.

Silahkan kalian periksa busi motor, pastikan kondisi busi masih dalam keadaan baik. Apabila kondisi busi masih dalam keadaan baik dan motor masih tetap tidak bisa distarter, maka kalian bisa lanjut memeriksa bagian motor starter.

Untuk memastikan motor starter dalam keadaan tidak baik, biasanya motor masih tetap dapat menyala dengan menggunakan kick starter atau engkol. Apabila menggunakan kick starter motor masih tetap tidak dapat menyala, maka sumber permasalahan bukan pada bagian motor starter.

Maka dari itu kalian bisa lanjut memeriksa bagian injeksi, untuk pemeriksaan injeksi alangkah baiknya kalian lakukan pada bengkel yang sudah memiliki alat untuk membersihkan injeksi. Karena cara membersihkan injeksi sendiri harus menggunakan alat khusus dan tidak bisa dibersihkan secara biasa.

Setelah membersihkan injeksi atau servis injeksi namun motor masih tetap tidak bisa distarter dan engkol, maka sumber permasalahan ada pada blok mesin atau ruang bakar. Apabila hal tersebut sampai terjadi, maka butuh proses turun mesin untuk memastikan kondisi ruang bakar.

Tips Menjaga Motor Injeksi Tidak Bisa Distarter

Motor injeksi sendiri sebenarnya memiliki waktu servis jauh lebih panjang dibandingkan dengan karburator, karena sistem kerja dan komponen injeksi sendiri lebih sederhana. Ditambah lagi, sistem injeksi tidak menampung bahan bakar seperti karburator, sehingga kemungkinan kotor jauh lebih kecil.

Oleh karena itu, menjaga motor dengan sistem bahan bakar injeksi sebenarnya jauh lebih mudah. Dimana para pengguna motor injeksi harus rajin-rajin memanaskan atau menghidupkan mesin motor apabila memang tidak pernah digunakan, terlebih lagi jika tidak digunakan pada waktu yang cukup lama.

Kemudian hal terpenting bagi pengguna sistem bahan bakar injeksi ialah jangan sampai kehabisan bahan bakar. Karena sistem bahan bakar injeksi apabila kehabisan bahan bakar akan sulit untuk dihidupkan dan hal tersebut juga nantinya dapat merusak sistem bahan bakar itu sendiri.

Akhir Kata

Demikian itu informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi motor injeksi tidak bisa distarter dan engkol dari Uji Kokoh, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan informasi untuk kalian semuanya seputar motor injeksi.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *