Motor Mogok Setelah Dicuci ? Cara Mengatasi & Penyebab

Advertisements

Motor Mogok Setelah Dicuci – Salah satu kendala menggunakan kendaraan ialah mogok atau tidak mau nyala, hal ini sering terjadi pada kendaraan roda dua atau empat. Adapun penyebab motor mogok sendiri ada banyak, mulai dari faktor komponen mesin dan sebagainya.

Dan pada kesempatan hari ini, kami ingin membahas mengenai motor mogok setelah dicuci atau setelah kehujanan. Karena permasalahan ini kerap sekali terjadi pada beberapa tipe motor, terutama untuk motor-motor dengan usia pakai yang sudah cukup lama.

Jadi untuk kalian yang sekiranya sedang mengalami permasalahan ini, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan ini akan kami berikan secara lengkap. Barang kali saja informasi yang kami berikan dapat membantu permasalahan kalian.

Advertisements

Karena informasi yang akan kami berikan kali ini menyangkut tentang penyebab motor mogok setelah dicuci atau kehujanan dan juga bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Untuk kalian yang sekiranya sudah ingin mengetahui informasi tersebut secara lengkap, maka bisa langsung melihatnya dibawah ini.

Motor Mogok Setelah Dicuci
Advertisements

Penyebab Motor Mogok Setelah Dicuci

Sebelum kami bahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi motor susah hidup setelah dicuci atau kehujanan, alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu beberapa penyabab permasalahan tersebut. Dengan mengetahui penyababnya, maka dapat ditemukan cara mengatasi yang tepat.

1. Karburator / Injeksi

Penyebab pertama ialah sistem suplai bahan bakar kemasukan air. Sistem suplai bahan bakar yang digunakan saat ini ada dua jenis, yaitu karburator dan injeksi, namun pada umumnya motor keluaran saat ini sudah menggunakan injeksi.

Penyebab motor mogok setelah dicuci tersebut bisa dikarenakan karburator atau injeksi kemasukan air pada saat proses mencuci, sehingga membuat bahan bakar tercampur dengan air dan menyebabkan motor susah hidup.

2. Filter Udara

Penyebab kedua bisa dikarenakan filter udara kemasukan air. Filter udara merupakan bagian yang terpasang pada sistem suplai bahan bakar, karena sistem suplai bahan bakar merupakan campuran antara bahan bakar dan udara.

Sehingga tidak menutup kemungkinan apabila filter udara kemasukan air akan diteruskan ke sistem suplai bahan bakar. Jadi penyebab pertama yang ada diatas bisa terjadi dikarenakan oleh penyabab kedua ini, sehingga motor susah dihidupkan setelah dicuci atau terkena air.

3. Sistem Pengapian

Penyebab selanjutnya bisa dikarenakan oleh sistem pengapian yang terkena air atau basah. Sistem pengapian memiliki kemungkinan basah ialah cop busi atau tutup busi yang berfungsi untuk memercikan api ke busi agar menghasilkan pembakaran.

Apabila bagian tersebut basah atau terkena air, maka komponen tersebut tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Dan hal tersebut membuat tidak adanya suplai percikan api ke busi yang digunakan untuk menghasilkan pembakaran.

4. Busi

Bagian selanjutnya yang bisa menjadi penyebab motor mogok setelah kehujanan ialah busi yang basah. Komponen ini juga tidak akan bekerja sebagaimana mestinya apabila kondisi dari komponen tersebut basah.

Karena komponen ini yang digunakan untuk menghasilkan pembakaran hasil dari percikan api pada cop busi yang nantinya akan diteruskan sebagai energi dorong untuk menyalakan mesin pada kendaraan.

5. Tangki Bahan Bakar

Penyebab terakhir bisa dikarenakan tangki bahan bakar kemasukan air. Kondisi bahan bakar yang tercampur dengan air tidak menyababkan kurangnya kandungan oktan pada bahan bakar yang menyebabkan bahan bakar tidak dapat terbakar secara sempurna.

Hal tersebut sebenarnya sama saja dengan kondisi sistem suplai bahan bakar yang kemasukan air. Karena pada bagian sistem suplai bahan bakar, kondisi bahan bakar sudah tercampur dengan air. Sehingga menyebabkan motor susah dihidupkan.

Penyebab Motor Mogok Setelah Kehujanan

Selain motor mogok setelah dicuci, terkadang juga ada beberapa kondisi motor yang mogok setelah kehujanan atau kena air. Dimana kondisi tersebut sebenarnya tidak berbeda jauh dengan kondisi motor setelah dicuci, karena kondisi motor sama-sama terkena air.

Jadi penyebab motor mogok setelah kehujanan tidak berbeda jauh dengan kondisi motor susah hidup setelah dicuci yang baru saja kami jelaskan diatas.

Cara Mengatasi Motor Mogok Setelah Dicuci

Adapun untuk cara mengatasi motor mogok setelah dicuci atau kehujanan diantaranya adalah mengeringkan motor secara benar terlebih dahulu. Setelah itu silahkan bongkar sistem suplai bahan bakar dan kuras semua sisa bahan bakar yang ada pada sistem suplai bahan bakar.

Setelah itu, silahkan periksa beberapa komponen lainnya seperti filter udara, busi dan cop busi. Pastikan ketiga komponen tersebut sudah dalam kondisi yang benar-benar kering. Karena ketiga komponen tersebut yang menjadi penyebab motor mogok.

Apabila semua hal diatas telah dilakukan namun motor masih tetap mogok, maka kalian bisa coba periksa kondisi tangki bahan bakar. Pastikan tidak ada kebocoran pada tangki bahan bakar yang menyebabkan masukanya air.

Apabila kondisi tersebut sampai terjadi, maka kalian harus menguras tangki bahan bakar dan menambal tangki bahan bakar agar tidak kembali kemasukan air dan menyebab motor menjadi mogok atau susah dihidupkan apabila terkena air.

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi motor mogok setelah dicuci atau kehujanan dari Uji Kokoh, mudah-mudahan saja informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian semua.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.