Nomor Rangka dan Mesin Supra X 125 Semua Tahun

Advertisements

Nomor Rangka dan Mesin Supra X 125 – Pada kesempatan ini kami ingin memberikan informasi mengenai nomor rangka dan mesin Supra X 125. Barang kali saja ada diantara kalian yang baru saja membeli motor Honda Supra X 125 dan belum mengetahui letak nomor mesin dan rangka motor tersebut.

Maka dari itu, untuk kalian yang sekiranya belum mengetahui letak nomor rangka dan mesin motor tersebut, melihat terlebih dahulu informasi yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini. Siapa tahu saja setelah melihat informasi yang kami berikan hari ini, kalian menjadi tahu posisi nomor rangka dan mesin motor tersebut.

Nomor rangka dan nomor mesin merupakan kombinasi antara huruf dan angka yang dibuat dengan jumlah tertentu. Dimana jumlah nomor rangka biasanya akan lebih banyak dibandingkan dengan jumlah nomor mesin dan kedua nomor tersebut memiliki posisi yang berbeda.

Advertisements

Nah, untuk kalian yang sekiranya sudah ingin mengetahui dimana letak nomor rangka dan mesin Honda Supra X 125 secara lengkap, maka kalian bisa langsung melihat informasi tersebut secara lengkap bersamaan dengan beberapa informasi lainnya yang akan kami sajikan dibawah ini.

Fungsi Nomor Rangka dan Mesin

Fungsi nomor rangka dan mesin ialah untuk memperudah dalam mengidentifikasi sebuah kendaraan bermotor, karena setiap kendaraan memiliki nomor rangka dan mesin yang berbeda meskipun motor tersebut merupakan jenis dan tipe motor yang sama.

Dimana nomor rangka dan mesin ini nantinya akan diregistrasikan ke kantor polisi dan akan dituliskan pada surat kendaraan atau STNK, dan kedua nomor tersebut nantinya akan diperiksa selama 5 tahun sekali untuk memastikan data pada STNK masih sama dengan data pada kendaraan.

Contoh Nomor Rangka dan Mesin

Seperti yang sudah sedikit kami jelaskan diatas, nomor rangka dan mesin merupakan kombinasi antara angka dan huruf dengan jumlah tertentu. Jumlah nomor rangka biasanya jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah nomor mesin dan kedua nomor tersebut memiliki posisi berbeda.

Adapun untuk contoh nomor rangka ialah MH1KEV71X2K058348, sedangkan untuk contoh nomor mesin ialah KEV7E-1058241. Untuk nomor mesin biasanya akan dibuat menjadi dua susun, dengan tujuan untuk lebih mempermudah dalam pembacaan dan membedakan dengan nomor rangka.

Letak Nomor Rangka dan Mesin Supra X 125

Lantas dimana posisi nomor rangka dan mesin Supra X 125? Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, posisi kedua nomor tersebut berbeda, bahkan untuk tahun produksi juga terkadang mempengaruhi posisi kedua nomor tersebut. Meskipun terkadang ada tipe motor memiliki posisi nomor yang sama dari awal produksi sampai sekarang.

Letak Nomor Rangka Supra X 125

Nomor Rangka Supra X 125
Sumber: motorplus-online.com
Advertisements

Letak nomor rangka Supra X 125 berada dibagian paling belakang, lebih tepatnya adalah dibawah jok motor dekat dengan pengeunci jok. Sehingga untuk mengetahui nomor rangka Supra X 125 perlu membuka jok motor terlebih dahulu, baru nomor rangka tersebut dapat terlihat.

Namu untuk tipe motor Supra X tahun produksi 2000 sampai dengan 2009 memiliki posisi nomor rangka di bagian bawah stang, lebih tepatnya adalah di bagian sasis depan. Dimana posisi nomor rangka tersebut sama persis seperti posisi nomor rangka Suzuki Satria FU.

Letak Nomor Mesin Supra X 125

Nomor Mesin Supra X 125
Sumber: maafhariinilibur.wordpress.com

Sedangkan untuk posisi nomor mesin Supra X 125 berada di bagian bawah mesin, lebih tepatnya ialah berada di sebelah footstep motor. Sehingga untuk dapat melihat nomor mesin Supra X 125 perlu menunduk terlebih dahulu karena memang posisi nomor mesin tersebut dibawah.

Adapun untuk letak nomor mesin Honda Supra X 125 ini memiliki kesamaan, baik untuk Supra X tahun 2000 an sampai dengan Supra X 125 tahun produksi terbaru. Karena memang letak nomor mesin motor ini tidak pernah dirubah dari awal produksi sampai dengan sekarang ini.

Hal tersebut sama halnya dengan letak nomor mesin Honda Scoopy, dimana posisi nomor mesin motor tersebut sama-sama dibawah mesin yang lebih tepatnya adalah dibawah CVT. Dimana posisi nomor mesin Honda Scoopy juga tidak pernah dirubah dari awal produksi sampai sekarang ini.

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi mengenai nomor rangka dan mesin Supra X 125 yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan informasi bagi kalian semuanya.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *