12 Oli Yang Bagus Untuk Mobil Matic : Harga & Tips

Advertisements

Oli Yang Bagus Untuk Mobil Matic – Oli mesin merupakan salah satu bagian penting dalam kendaraan, karena oli mesin memiliki fungsi untuk mendinginkan suhu pada mesin, sehingga mesin tidak mengalami overheat pada saat digunakan.

Oleh karena itu, pemilihan oli mesin sendiri harus disesuaikan dengan tipe mesin yang digunakan. Karena pemilihan oli yang tidak sesuai dengan tipe mesin dapat menyebabkan overheat atau masa pemakaian tidak sesuai dengan semestinya.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami ingin memberikan informasi mengenai oli yang bagus untuk mobil matic. Setelah sebelumnya juga kami pernah membahas tentang Oli Yang Bagus Untuk Mobil Tua, maka pada kesempatan ini kami ingin kembali membahas tentang hal tersebut.

Advertisements

Akan tetapi selain memberikan informasi mengenai oli yang bagus untuk mobil matic, kami juga turut memberikan beberapa informasi lainnya. Sehingga kalian tidak hanya mengetahui akan oli yang pas untuk mobil otomatis saja.

Oli Yang Bagus Untuk Mobil Matic
Sumber: mobilmo.com
Advertisements

Tips Memilih Oli Yang Bagus Untuk Mobil Matic

Sebelum kami bahas lebih lanjut mengenai rekomendasi oli yang bagus, maka kami ingin memberikan sedikit tips memilih oli yang bagus. Terutama oli mesin untuk mobil cvt yang akan menjadi pokok pembahasan kami pada kesempatan hari ini.

1. Kekentalan Oli

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih oli mesin ialah tingkat kekentalan oli atau SAE. Karena setiap mesin mobil memiliki kapasitas yang berbeda-beda dan dari setiap kapasitas mobil tersebut memiliki standar kekentalan oli mesin yang harus digunakan.

Oleh karena itu, dalam hal memilih tingkat kekentalan oli itu harus sangat teliti. Apabila kalian tidak merasa yakin dengan tingkat kekentalan oli dari mobil matic tersebut, alangkah baiknya kalian tanyakan terlebih dahulu atau mencari informasi seputar tingkat kekentalan oli yang pas untuk mobil AT.

2. Kapasitas Oli

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ialah kapasitas oli mesin, kapasitas oli mesin sendiri memiliki takaran sesuai dengan kapasitas mesin. Penggunaan oli dengan kapasitas yang tidak tepat tentunya dapat membuat kerusakan pada mesin.

Untuk kapasitas mesin 1.3L (1.300 cc) umumnya membutuhkan oli mesin sebanyak 2.3 liter tanpa oli filter. Sedangkan untuk mesin mobil dengan kapasitas mesin 1.5L (1.500 cc) pada umumnya membutuhkan oli mesin sebanyak 2.7 liter tanpa oli filter.

Sehingga kalian harus memahami kapasitas mesin mobil itu sendiri, supaya dalam pemilihan oli mesin yang pas jauh lebih mudah. Dan hal tersebut juga akan menghindarkan dari salah pemilihan oli mesin, karena sudah mengetahui kapasitas mesinnya.

3. Kondisi Suhu Wilayah

Hal terakhir yang perlu diperhatikan ialah kondisi suhu wilayah tempat tinggal kalian, karena oli mesin sendiri memiliki kemampuan bekerja pada kondisi suhu tertentu. Sebagai contoh oli dengan tingkat kekentalan atau SAE 15W-40 mampu bekerja dengan suhu dingin antara -15 derajat celcius sampai -20 derajat celcius.

Sehingga untuk kalian yang sekiranya bertempat tinggal di wilayah dengan suhu tersebut, maka akan sangat cocok menggunakan oli mesin SAE 15W-40. Apabila menggunakan oli mesin dibawah tersebut, biasanya oli mesin tidak akan bertahan lama atau tingkat kekentalannya mudah turun.

Kekentalan Oli Yang Bagus Untuk Mobil Matic

Selain informasi diatas, kami juga akan turut memberikan informasi mengenai tingkat kekentalan oli yang bagus untuk mobil matic. Dimana tingkat kekentalan oli tersebut dapat terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu oli mesin 5W-40, 10W-40 dan yang terakhir adalah oli mesin 15W-40.

1. Oli Mesin 5W-40

Oli mesin 5W-40 memiliki tingkat kekentalan cukup rendah, sehingga oli tersebut tidak mudah untuk menguap. Sehingga tingkat kekentalan oli ini biasanya lebih cocok digunakan untuk mobil matic dengan usia dibawah 5 tahun, karena tingkat kekentalan olinya tidak terlalu tinggi.

2. Oli Mesin 10W-40

Sedangkan oli mesin 10W-40 memiliki tingkat kekentalan sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan oli 5W-40, sehingga oli dengan tingkat kekentalan ini lebih cocok digunakan mobil matic dengan usia diatas 10 tahun. Karena usia dari komponen mobil juga sudah semakin tua, sehingga harus lebih dijaga dengan tingkat kekentalan oli lebih tinggi.

3. Oli Mesin 15W-40

Sedangkan untuk oli mesin 15W-40 memiliki tingkat kekentalan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan dua jenis oli sebelumnya, sehingga jenis oli ini jauh lebih cocok digunakan untuk mobil matic dengan mesin diesel yang memang membutuhkan kinerja lebih keras pada umumnya.

Harga Oli Yang Bagus Untuk Mobil Matic

Setelah mengetahui beberapa hal tentang oli yang bagus untuk mobil matic, kemudian kalian ingin membeli oli mesin tersebut. Maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu beberapa rekomendasi harga oli yang bagus untuk mobil matic dibawah ini.

Jenis OliHargaKeterangan
Total Fluidmatic MV LVRp 195.000Beli
Castrol Magnatec SAE 10W-40Rp 239.500Beli
Shell Helix HX7 10W-40Rp 270.000Beli
TOP 1 HP Sport 20W-50Rp 275.000Beli
Eneos CVT Fluid 1LRp 155.000Beli
Pertamina Fastron Gold 5W-40Rp 485.000Beli
Liqui Moly TOP TEC 4100 SAE 5W-40Rp 311.000Beli
Total Quartz 9000 5W-30Rp 460.000Beli
Motul H-Tech 100 Plus 5W-30Rp 600.000Beli
Delo 400 0W-30Rp 1.020.000Beli
STP Synthetic 10W-40Rp 260.000Beli
Toyota TMO 4LRp 340.000Beli

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi dari Uji Kokoh yang baru saja membahas tentang oli yang bagus untuk mobil matic, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan pengetahuan kalian seputar dunia otomotif.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *