11 Pajak Yamaha R6 Tahun Lama Sampai Baru : Kelebihan & Kekurangan

Pajak Yamaha R6 – Kembali lagi pada kesempatan kali ini, Ujikokoh.com akan memberikan informasi tentang pajak motor bersamaan dengan informasi lainnya yaitu kelebihan dan kekurangan motor. Adapun untuk informasi pajak motor yang akan kami berikan untuk kali ini adalah pajak motor Yamaha R6.

Nah, untuk anda yang sekiranya merasa tertarik untuk memiliki sepeda motor Yamaha R6 ini, maka ada baiknya apabila anda melihat terlebih dahulu informasi seputar motor sport Yamaha tersebut yang pada kesempatan kali ini akan kami berikan kepada anda.

Dengan anda melihat informasi yang akan kami berikan kali ini, maka anda akan memiliki sumber referensi sebelum membelinya. Dan sumber referensi tersebut dapat anda jadikan acuan, apakah sepeda motor Yamaha R6 ini memang layak untuk anda beli atau tidak.

Apabila anda sudah ingin mengetahui informasi pajak Yamaha R6 yang akan kami berikan kali ini bersamaan dengan informasi kelebihan dan kekurangannya secara lengkap, maka langsung saja bagi anda untuk melihat informasi tersebut dibawah ini.

Review Motor Yamaha R6

Review Motor Yamaha R6

Yamaha R6 atau dikenal juga dengan Yamaha YZF-R6 merupakan salah satu tipe motor sport yang diproduksi Yamaha Motor Company, dimana sepeda motor sport Yamaha ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 dan sampai saat ini sepeda motor sport Yamaha ini masih tetap diproduksi.

Dari awal produksinya sampai saat ini, motor Yamaha R6 telah mendapat perbaruan sebanyak 7 kali. Dimana perbaruan tersebut mulai dilakukan pada tahun 2001, dimana pada tahun ini mesin Yamaha R6 mendapatkan peningkatan pada bagian horsepower dan torque namun masih menggunakan kapasitas mesin yang sama.

Kemudian mendapatkan perbaruan kembali pada tahun 2003 dan 2005, ditahun ini juga mesin Yamaha R6 mendapatkan penambahan horsepower dan torque yang menjadi lebih besar. Kemudian ada pergantian sistem bahan bakar dari karburator menjadi injeksi, serta sistem pengapiannya dari CDI berubah menjadi digital DC-CDI.

Di tahun berikutnya yaitu 2006, motor Yamaha R6 kembali mendapatkan perbaruan pada bagian mesin. Dimana horsepower menjadi lebih meningkat namun pada bagian torque mengalami sedikit penurunan dan untuk sistem bahan bakar mendapatkan update menggunakan YCC-T atau Yamaha Chip Controlled Throttle dan untuk sistem pengapian menggunakan TCI atau Transistor Controlled Ignition).

Update terbaru dari mesin motor Yamaha R6 kembali dilakukan pada tahun 2008, 2010 dan 2017, dimana pada pengupdatean kali ini ditambahkannya teknologi YCC-I atau Yamaha Chip Controlled Intake pada bagian sistem bahan bakar. Namun pada bagian sistem pengapian masih sama menggunakan TCI.

Sedangkan kapasitas mesin dari awal muncul sampai saat ini masih sama yaitu menggunakan mesin berkapasitas 600 cc, sesuai dengan namanya yaitu R6. Motor Yamaha R6 merupakan tipe motor Yamaha YZF diatas motor YAMAHA R25 yang memiliki kapasitas mesin 250 cc.

Kelebihan & Kekurangan Yamaha R6

Setelah anda mengetahui sedikit review tentang motor Yamaha R6, maka informasi selanjutnya yang akan kami berikan yaitu kelebihan dan kekurangan Yamaha R6. Karena setiap kendaraan bermotor pasti memiliki kekurangan dan kelebihan, termasuk motor Yamaha R6 ini.

Kelebihan Motor R6

Kelebihan Motor R6

Bagi anda yang ingin mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan motor Yamaha R6 secara lengkap, maka anda bisa langsung melihat informasi selengkapnya dibawah ini.

1. Desain Sporty dan Aerodinamis

Untuk kelebihan motor Yamaha R6 yang pertama yaitu desain motor sudah sangat sporty dan begitu aerodinamis, hal tersebut sudah sangat terlihat dari desain firing hingga bagian penutup mesin. Kemudian desain tangki bahan bakar juga memiliki shape yang begitu sporty.

2. Performa Mesin Handal

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi apabila performa mesin Yamaha R6 ini sangat handal, hal tersebut disebabkan oleh kapasitas mesin yang cukup besar dan sejumlah fitur seperti YCC-T. YCC-T merupakan fitur tambahan pada sistem bahan bakar yang umumnya digunakan pada tipe MotoGP.

3. Handling Sempurna

Dibekali suspensi Up Side Down pada bagian depan dan Swingarm monoshock pada bagian belakang, membuat motor Yamaha sport yang satu ini memiliki handling yang lebih sempurna. Ditambah lagi dengan bentuk ban tapak lebar akan membuat handling menjadi lebih bagus.

4. Rem Double Dics

Dengan kapasitas mesin yang sangat besar, sudah pasti diperlukannya sistem pengereman yang baik juga. Oleh karena itu sistem pengereman Yamaha R6 sudah menggunakan model sistem rem disc atau cakram, baik untuk pengereman roda depan atau belakang.

Kekurangan Motor R6

Kekurangan Motor R6

Selain memiliki kelebihan, tentunya terdapat beberapa kekurangan dari motor Yamaha sport yang perlu anda ketahui juga, beberapa kekurangan Yamaha R6 ini sendiri diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Jok Belakang Terlalu Kecil

Banyak orang yang mengeluh apabila desain jok belakang motor model split level seperti Yamaha R6 ini kurang nyaman untuk digunakan, ditambah lagi dengan bentuk jok yang terlalu kecil dan tidak memiliki pegangan membuat orang yang membonceng motor sport model seperti menjadi kurang nyaman.

2. Harga Belinya Sangat Tinggi

Harga Yamaha R6 memang sangat tinggi yaitu 270 juta rupiah, dimana angka tersebut sudah bisa mendapatkan satu buah city car. Namun harga tersebut juga sesuai dengan apa yang ditawarkan, seperti kapasitas mesin yang besar, kemudian fitur-fitur pada bagian mesin yang begitu canggih. Sehingga harga Yamaha R6 ini menjadi tinggi.

3. Biaya Perawatan Tinggi

Dengan disematkannya berbagai macam fitur-fitur yang canggih, membuat biaya perawatan motor Yamaha R6 ini juga ikut tinggi seperti harga motornya. Ditambah lagi, perawatan motor jenis seperti ini tidak dapat dilakukan disembarang bengkel. Karena belum tentu semua bengkel memahami fitur atau sistem yang ada pada mesin Yamaha R6 ini.

Pajak Yamaha R6

Pajak Yamaha R6

Apabila anda sudah melihat informasi tentang review motor Yamaha R6 yang kami berikan diatas dengan beberapa kelebihan dan kekurangannya, maka saat ini kami akan kembali ke pokok pembahasan yaitu Pajak Yamaha R6. Dimana untuk pajak motor yang akan kami berikan kali dimulai dari tahun lama sampai tahun keluaran terbaru.

Tahun ProduksiBiaya Pajak
Yamaha YZF R6 2004Rp 1.060.000,00
Yamaha YZF R6 2005Rp 1.112.000,00
Yamaha YZF R6 2006Rp 1.164.000,00
Yamaha YZF R6 2007Rp 1.248.000,00
Yamaha YZF R6 2008Rp 1.330.000,00
Yamaha YZF R6 2010Rp 1.482.000,00
Yamaha YZF R6 2011Rp 2.388.000,00
Yamaha YZF R6 2012Rp 2.712.000,00
Yamaha YZF R6 2014Rp 3.680.000,00
Yamaha YZF R6 2015Rp 3.942.000,00
Yamaha YZF R6 2017Rp 4.980.000,00
Yamaha YZF R6 2020Rp 5.480.000,00

FAQ

Bagimana cara bayar pajak motor Yamaha R6?

Pembayaran dapat dilakukan langsung ke kantor SAMSAT atau secara online.

Itu dia informasi tentang pajak motor Yamaha R6 yang pada kesempatan kali ini dapat kami berikan kepada anda, semoga saja informasi pajak motor yang baru kami berikan diatas bisa berguna untuk anda-anda sekalian semuanya. Terutama untuk anda yang memang sedang mencari tentang informasi pajak motor Yamaha tersebut.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *