Pemutihan Pajak Kendaraan Surabaya 2024 Kapan Dibuka

Pemutihan Pajak Kendaraan Surabaya – PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) menjadi kewajiban setiap pemilik kendaraan bermotor (Mobil / Sepeda Motor) di Indonesia. Transaksi pembayaran PKB dilakukan setiap tahun sesuai batas waktu yang ditentukan.

Sementara itu, khusus untuk warga Surabaya dan sekitarnya kalian bisa membayarkan Pajak via Online maupun Offline. Atau ingin mengikuti program Pemutihan PKB di Kota Surabaya? Jika demikian, kalian wajib tahu kapan program tersebut dibuka.

Melalui artikel ini kami bakal menginformasikan kapan program Pemutihan PKB diselenggarakan di Kota Surabaya. Bukan hanya itu, kami juga telah menyiapkan informasi mengenai apa saja keuntungan dari program itu sendiri.

Lalu perlu diketahui bahwa Pemutihan PKB ini tidak bisa diikuti oleh semua pemilik Sepeda Motor maupun Mobil di Surabaya. Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Supaya lebih jelasnya, langsung saja simak informasi di bawah ini tentang Pemutihan PKB Surabaya kapan dibuka, apa saja keuntungan dan persyaratan yang harus dipenuhi.

Pemutihan Pajak Kendaraan Surabaya

Pemutihan Pajak Kendaraan Surabaya

Sebagai pemilik kendaraan bermotor di Surabaya, tentu saja kalian diwajibkan bayar pajak kendaraan setiap tahun nya. Besaran PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) untuk Mobil dan Sepeda Motor tentu saja berbeda.

Dalam menentukan besar kecil nya PKB Mobil maupun Sepeda Motor ditentukan berdasarkan kapasitas Mesin, tahun kendaraan dan lain sebagainya. Kemudian untuk jadwal pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor per tahun nantinya menyesuaikan kapan kendaraan tersebut di kirim ke rumah pemilik.

Lalu untuk warga Surabaya dan sekitarnya, pembayaran Pajak Motor maupun Pajak Mobil bisa dilakukan secara Online, lewat Mobile Banking, Dompet Digital bahkan PayLater. Jika tidak mempunyai fasilitas pembayaran Digital, kalian bisa datang langsung ke Samsat Drive Thru di Surabaya untuk bayar Pajak.

Lalu apa jadinya ketika warga Surabaya tidak bayar Pajak Kendaraan Bermotor? Jika telat bayar atau bahkan tidak bayar PKB sampai bertahun-tahun nantinya pemilik Motor atau Mobil akan dikenai sanksi berupa Denda.

Seluruh Denda yang diberikan bakal di akumulasi kan pada pembayaran Pajak berikutnya. Untuk cek Pajak kendaraan Surabaya beserta Denda nya kalian bisa memanfaatkan situs info.dipendajatim.go.id.

Bicara mengenai pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Surabaya, tahukah kalian bahwa di Kota tersebut telah dibuka Pemutihan Pajak Kendaraan Surabaya. Melalui Pemutihan Pajak Kendaraan kalian selaku pemilik kendaraan bisa memperoleh beberapa keuntungan sebagai berikut :

  • Menghapus semua Denda PKB
  • Meringankan biaya Pajak Kendaraan Bermotor
  • Bebas biaya PKB Progresif
  • Bebas Bea Balik Nama (BBN) ke II dan seterusnya

Selain bagi wajib Pajak, Pemutihan Pajak Kendaraan Surabaya juga memberikan beberapa keuntungan untuk instansi terkait, diantaranya :

  • Mendorong pihak wajib Pajak segera membayarkan tanggungan Pajak yang sudah lewat jatuh tempo
  • Menambah pemasukan pada Daerah penyelenggara Pemutihan Pajak Kendaraan

Lalu kapan Pemutihan Pajak Kendaraan Surabaya dibuka? Berdasarkan informasi yang kami peroleh, Pemutihan Pajak Kendaraan di Surabaya dan sekitarnya dibuka sejak tanggal 14 April sampai 14 Juli 2023.

Bersama program Pemutihan Pajak Kendaraan ini, Pemprov Surabaya diperkirakan telah menyiapkan dana insentif sebesar Rp. 153.851.712.599 dengan perkiraan dana yang diterima dari para wajib Pajak sebesar Rp. 907.553.479.457.

Syarat Pemutihan PKB

Sampai disini kalian sudah tahu kapan Pemutihan PKB di Surabaya dibuka dan apa saja keuntungan yang ditawarkan. Sementara itu, perlu kami informasikan juga bahwa program Pemutihan Pajak Kendaraan ini hanya bisa diikuti apabila kalian sudah memenuhi beberapa persyaratan berikut ini :

  • BPKB Asli & Fotokopi
  • KTP Asli sesuai STNK & Fotokopi
  • Surat Keterangan bukti sudah melakukan Tes Fisik
  • Surat Keterangan Hak kepemilikan kendaraan / Kuitansi pembelian kendaraan yang sudah dilengkapi tanda tangan dan materai (Asli & Fotokopi)
  • STNK asli & Fotokopi

Cara Mengikuti Pemutihan PKB di Surabaya

Artinya, jika tidak sanggup memenuhi semua persyaratan diatas, sangat disayangkan kalian tidak bisa mengikuti program Pemutihan Pajak Kendaraan Surabaya maupun di Kota lainnya.

Tapi jika tidak ada masalah dengan persyaratan yang diterapkan, maka kalian tinggal mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menjalani Pemutihan PKB di Surabaya :

1. Datang ke Samsat Surabaya

Pertama-tama silahkan datang ke Kantor Samsat di Surabaya lalu antri di loket untuk mengikuti Pemutihan. Setelah itu petugas akan meminta berkas persyaratan yang diperlukan.

2. Cek Fisik Kendaraan

Setelah di cek dan semua nya lengkap, selanjutnya petugas akan mengarahkan kalian untuk menjalani prosedur cek fisik Kendaraan. Tunggu beberapa saat, proses ini mungkin memakan waktu 10 – 20 menit.

3. Antri di Loket Pengesahan

Jika sudah, kalian akan diminta untuk antri di Loket Pengesahan. Ikuti instruksi yang diberikan petugas.

4. Melakukan Pembayaran

Terakhir, lakukan pembayaran sesuai nominal yang disebutkan dan sesuai kebutuhan.

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari Ujikokoh.com mengenai jadwal Pemutihan Pajak Kendaraan Surabaya. Bagi kalian masyarakat Kota Surabaya dan sekitarnya, jangan sampai kelewatan untuk mengikuti program Pemutihan ini untuk bayar Pajak Kendaraan maupun proses Balik Nama.

sumber gambar :

  • pajakku.com
  • bakorwilbojonegoro.jatimprov.go.id

Tinggalkan komentar