4 Penyebab Aki Mobil Panas dan Cara Mengatasi

Advertisements

Penyebab Aki Mobil Panas – Aki atau accu merupakan sumber listrik yang terdapat pada kendaraan. Dimana sumber listrik tersebut digunakan untuk memberikan energi listrik kepada beberapa komponen seperti motor starter, lampu dan beberapa komponen lainnya.

Pada mobil, aki juga sering mengalami beberapa masalah, seperti misalnya Aki Cepat Soak, aki mengalami panas berlebihan dan beberapa masalah lainnya. Maka dari itu, pada kesempatna hari ini kami ingin membahas tentang penyebab aki mobil panas.

Citayam

Siapa tahu saja ada diantara kalian yang sedang mengalami permasalahan tersebut, oleh karena itu tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan secara lengkap.

Advertisements

Namun selain memberikan informasi mengenai penyebab aki mobil panas, kami juga turut memberikan informasi mengenai cara mengatasi permasalahan tersebut. Sehingga kalian tidak hanya mengetahu penyebabnya saja, melainkan juga mengetahui cara mengatasinya.

Penyebab Aki Mobil Panas
Advertisements

Penyebab Aki Mobil Panas

Permasalahan aki mobil panas memang bukan masalah baru, karena permasalahan ini sudah sering terjadi oleh beberapa orang. Terlebih lagi untuk mobil-mobil yang sudah lama, karena permasalahan tersebut bisa terjadi sesuai dengan cara merawat mobil.

1. Terjadi Short Antar Plat

Hal pertama yang bisa menyebab aki mobil panas ialah terjadinya short atau korsleting antar plat pada aki. Korsleting tersebut lah yang menyebabkan kondisi aki panas, terutama air aki dapat mendidih sehingga aki terasa panas dari luar.

2. Pengisian Listrik Berlebihan

Penyebab selanjutnya dikarenakan oleh pengisian daya listrik yang berlebihan. Pengisian daya yang tidak sesuai dengan daya yang telah ditentukan juga dapat membuat kondisi aki menjadi panas, hal ini bisa terjadi bukan pada aki mobil saja, melainkan juga dapat terjadi pada aki motor.

3. Air Aki Tidak Bagus

Penyebab terakhir dikarenakan penggunaan air aki yang tidak bagus, kondisi air aki yang tidak bagus juga dapat menyebabkan aki menjadi panas. Sehingga kalian harus lebih teliti dalam membeli air aki yang akan digunakan apabila ingin menggantinya.

Cara Mengatasi Aki Mobil Panas

Adapun untuk cara mengatasi aki mobil panas bisa melakukan pengecekan terhadap tegangan yang dihasilkan oleh aki terlebih dahulu, pengecekan tersebut dapat dilakukan pada alternator. Alternator sendiri ialah komponen dengan fungsi untuk mengisi arus listrik ke aki.

Kondisi normal untuk tegangan yang dihasilkan ialah 12.7 – 14 volt. Apabila tegangan kurang dari yang telah kami sebutkan, maka kondisi aki telah tekor. Sedangkan untuk kondisi tegangan yang lebih dari yang kami sebutkan, maka suhu air aki akan mendidih dan dapat menyebabkan aki panas.

Selain memeriksa tegangan aki, hal lain yang bisa dilakukan ialah menguras air aki, kemudian ganti dengan air zuur yang baru. Jangan lupa untuk membersihkan setiap sel aki terlebih dahulu. Setelah itu silahkan coba isi daya aki dan gunakan pada mobil apakah masih tetap panas atau tidak.

Apabila kondisi aki masih tetap panas, maka langkah terakhir yang dapat dilakukan ialah mengganti aki dengan yang baru. Karena kondisi tersebut biasanya telah terjadi short pada plat aki seperti yang telah kami sebutkan pada penyebab diatas. Apabila sudah terjadi short maka tidak dapat diatasi kembali.

Cara Merawat Aki Mobil Agar Tidak Panas

Untuk dapat mencegah kondisi aki panas, maka perlu dilakukan perawatan yang baik. Dimana perawatan yang dapat dilakukan untuk mencegah hal tersebut diantaranya adalah selalu memeriksa tegangan pada altenato, pastikan tegangan harus sesuai standar yang telah ditentukan.

Selain itu, dapat juga membersihkan sel-sel aki secara berkala agar tidak terjadi short. Kemudian lepaskan kabel aki apabila mobil tidak digunakan dalam kondisi yang lama, karena kondisi mobil yang lama tidak digunakan dapat membuat aki menjadi soak karena tidak ada pengisian daya pada aki.

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi yang pada kesempatan hari ini dapat Uji Kokoh berikan mengenai penyebab dan cara mengatasi aki mobil panas, mudah-mudahan saja informasi yang baru saja kami berikan diatas dapat memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.