5 Penyebab Aki Motor Tekor : Cara Mengatasi & Ciri-Ciri

Penyebab Aki Motor Tekor – Baterai atau aki merupakan sumber listrik utama pada motor, semua komponen yang membutuhkan tenaga listrik mengambil daya dari aki. Apabila aki tekor atau bermasalah, komponen yang membutuhkan sumber listrik tersebut juga akan bermasalah.

Oleh karena itu, menjaga kondisi aki motor tetap baik itu sangatlah penting, karena aki pada motor memiliki hubungan dengan beberapa komponen lainnya yang dapat membuat komponen tersebut tidak bekerja sebagaimana mestinya apabila aki tekor.

Sebagai contoh untuk beberapa tipe motor yang tidak memiliki sistem kick starter. Maka saat aki motor tekor, mesin motor akan sedikit sulit untuk dinyalakan. Terlebih lagi untuk jenis motor matik yang tidak dilengkapi pedal transmisi.

Sama halnya seperti AIR RADIATOR MOTOR HABIS, maka hal tersebut dapat berpengaruh kepada performa mesin yang menjadi melemah karena overheat. Apabila anda memiliki permasalahan aki motor cepat tekor.

Maka tidak ada salahnya bagi anda untuk melihat informasi tentang penyebab aki motor tekor yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini.

Ciri-Ciri Aki Motor Tekor

Ciri Ciri Aki Motor Tekor

Namun sebelum kami lanjutkan ke pokok pembahasan, kami juga ingin membahas tentang ciri-ciri aki motor tekor terlebih dahulu. Dengan anda mengetahui ciri-ciri aki tekor, maka anda dapat memutuskan untuk mengatasi permasalahan pada aki motor.

  • Sistem starter tidak bekerja secara baik.
  • Klakson berbunyi lemah bahkan tidak berbunyi.
  • Kecerahan lampu motor redup.
  • Lampu lainnya (signal dan rem) juga redup bahkan tidak menyala.

Apabila beberapa ciri-ciri diatas sudah dialami oleh motor anda, maka sudah dapat dipastikan apabila aki motor sudah tekor. Sebaiknya sesegera mungkin untuk memeriksakan kondisi aki motor, apakah masih dapat diperbaiki atau sudah harus diganti.

Penyebab Aki Motor Tekor

Penyebab Aki Motor Tekor

Setelah anda mengetahui apa saja ciri-ciri aki soak atau rusak, maka saatnya kembali ke pokok pembahasan yaitu penyebab aki motor tekor. Dimana ada beberapa penyebab aki motor bisa soak atau tekor.

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang menjadikan aki motor tekor atau soak.

1. Berkurangnya Air Aki

Bagi pengguna aki basah, air aki menjadi salah satu komponen penting pada aki. Karena saat air aki berkurang, maka hal tersebut dapat berpengaruh terhadap daya aki. Oleh karena itu menjaga posisi air tetap berada pada posisi yang sudah ditentukan itu sangat penting.

2. Kiprok Rusak

Kiprok merupakan komponen dengan fungsi untuk mengatur besar kecilnya tegangan yang dikeluarkan oleh aki motor. Hal tersebut sudah diatur sesuai jalur masing-masing, karena kebutuhkan arus listrik pada setiap komponen kendaraan itu berbeda-beda.

Seperti contohnya bagian komponen motor starter membutuhkan arus listrik lebih besar, karena berfungsi untuk menyalakan mesin motor. Sedangkan bagian lampu membutuhkan arus listrik jauh lebih sedikit.

3. Spul Bermasalah

Penyebab selanjutnya ialah terdapat permasalahan pada bagian spul, dimana spul berfungsi untuk menghasilkan arus listrik melalui magnet. Kerusakan pada spul biasanya akan berpengaruh terhadap penyebab berkurangnya daya pada aki seperti penyebab pertama.

4. Bore-Up Mesin

Penyebab aki motor tekor berikutnya adalah bore-up pada mesin. Bore-Up ialah memperbesar kapasitas cc mesin. Memperbesar kapasitas mesin berarti membutuhkan daya listrik jauh lebih besar pada saat menyalakan mesin.

Dan hal tersebut dapat berpengaruh terhadap spul dinamo yang akan rusak, sehingga aki motor menjadi tekor dan bahkan bisa mengalami kerusakan.

5. Banyak Aksesoris Tambahan

Penyebab terakhir aki motor tekor ialah banyaknya tambahan aksesoris kelistrikan, seperti misalnya menambahkan lampu, kemudian klakson dengan bunyi aneh atau lucu dan beberapa hal lainnya yang menjadikan konsumsi daya listrik pada motor menjadi bertambah.

Cara Mengatasi Aki Motor Tekor

Apabila anda sudah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab aki motor rusak, maka anda dapat dengan mudah mengatasi permasalahan tersebut. Karena setiap cara mengatasi sesuatu hal pasti harus disesuai dengan penyebab permasalahan tersebut.

1. Berkurangnya Air Aki

Berkurangnya Air Aki Motor

Apabila penyebab aki motor rusak adalah berkurangnya air aki, maka cara mengatasinya ialah dengan mengisi kembali air aki sesuai dengan batas atas dan batas bawah. Setelah itu, charge aki sampai dayanya sesuai. Cara tersebut akan membuat aki kembali normal.

2. Mengatasi Kiprok Rusak

Mengatasi Kiprok Rusak

Sedangkan untuk penyebab masalah aki tekor karena kiprok rusak, maka anda bisa periksa terlebih dahulu kondisi kiprok. Pastikan pin soket sudah terpasang dengan benar, kemudian belum banyak korosi pada kiprok.

Apabila permasalahannya hanya terdapat pada bagian pin soket tidak terpasang dengan benar, maka kencangkan kembali pin soket agar kabel terpasang dengan benar.

Apabila pin soket sudah terpasang dengan benar namun masih tetap bermasalah, periksa tegangan pada setiap pin kiprok. Apakah tegangannya sudah sesuai atau belum, jika tegangannya tidak sesuai, maka silahkan ganti kiprok dengan yang baru.

3. Mengatasi Spul Bermasalah

Mengatasi Spul Bermasalah

Sedangkan untuk aki motor tekor yang disebabkan oleh spul rusak, maka cara memperbaikinya ialah dengan menambah lilitan. Untuk lebih merekatkan lilitan, maka bisa menambahkan lem pada saat meilit. Setelah itu silahkan periksa kembali spul tersebut apakah sudah baik atau belum.

4. Bore-Up Mesin Tidak Sempurna

Bore Up Mesin Tidak Sempurna

Untuk cara mengatasi permasalahan aki tekor karena bore-up mesin motor, maka cara mengatasinya ialah dengan menambahkan double starter. Karena hal tersebut akan menambahkan daya listrik menjadi lebih besar untuk mengangkat mesin.

Akan tetapi hal tersebut harus diimbangi dengan perawatan aki motor yang menjadi lebih rutin, karena penggunaan daya listrik pada mesin yang sudah di bore-up itu jauh lebih besar seperti yang sudah kami jelaskan pada bagian penyeb aki motor tekor diatas.

5. Banyak Aksesoris Tambahan

Banyak Aksesoris Tambahan

Cara mengatasi penyebab aki motor tekor yang terakhir adalah yang paling mudah, karena untuk mengatasi hal ini hanya dengan mengurangi penggunaan aksesoris tambahan yang digunakan pada motor. Usahakan menggunakan aksesoris motor yang sesuai dengan kebutuhan saja.

Akhir Kata

Bagi anda yang sekiranya tidak begitu memahami cara merawat aki motor yang benar, maka ada baiknya jika anda melakukan perawatan secara rutin dengan membawa motor ke bengkel resmi atau bengkel umum. Kemudian minta mekanik bengkel untuk memeriksa juga kondisi aki motor.

Dengan ini berakhir sudah informasi tentang penyebab aki motor tekor yang Ujikokoh.com dapat berikan untuk hari ini, semoga saja informasi tentang aki motor yang baru kami berikan diatas bisa menambah pengetahuan anda seputar cara merawat motor.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *