10 Penyebab Elektrik Starter Motor Susah Hidup : Matic, Sport & Bebek

Penyebab Elektrik Starter Motor Susah Hidup – Sepeda motor merupakan salah satu jenis kendaraan bermotor yang saat ini paling banyak digunakan, karena menggunakan sepeda motor jauh lebih hemat dibandingkan menggunakan mobil. Kemudian waktu perjalanannya juga lebih singkat.

Komponen sepeda motor dan mobil sendiri sebenarnya tidak terlalu berbada jauh, terutama pada komponen utama. Seperti halnya elektrik starter yang berfungsi untuk menghidupkan mesin. Hanya saja pada mobil tidak dilengkapi dengan kick starter seperti pada sepeda motor.

Elektrik starter sendiri bisa dibilang bukan komponen cukup penting pada sepeda motor. Karena meskipun elektrik starter rusak, sepeda motor masih dapat hidup dengan menggunakan kick starter ataupun dengan cara lainnya, seperti misalnya didorong layaknya mobil.

Meskipun mesin motor masih dapat hidup tanpa adanya elektrik starter, namun dilihat dari segi kepraktisan dalam menghidupkan mesin motor. Menggunakan elektrik starter jauh lebih praktis dalam menghidupkan mesin motor.

Penyebab Elektrik Starter Motor Susah Hidup

Apa Itu Elektrik Starter Motor

Pengertian elektrik starter motor sendiri ialah sebuah komponen yang digunakan untuk menghidupkan motor dengan cara menekan tombol starter yang terhubung ke motor starter, sehingga mesin dapat beroperasi dibawah tenaganya sendiri.

Electric starter sebenarnya hanya sebuah tombol start yang terhubung ke motor starter. Ketika komponen ini tidak berfungsi maka dapat digantikan dengan kick starter atau engkol untuk menggerakan KOMPONEN MOTOR STARTER secara kinetik.

Penyebab Elektrik Starter Motor Susah Hidup

Lantas apa penyebab elektrik starter motor susah hidup? hal tersebut bisa terjadi karena beberapa kemungkinan, karena ada beberapa komponen pada elektrik starter yang dapat menyebabkan mesin motor susah hidup. Adapun beberapa penyebab elektrik starter motor susah hidup diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Tombol Elektrik Starter Kotor

Penyebab pertama motor susah hidup bisa dikarenakan terdapat kotoran pada bagian tombol electric starter yang dapat menyebabkan aliran listrik tidak mengalir dengan benar atau bahkan tidak dapat mengalirkan arus listrik sehingga mesin susah hidup.

2. Kabel dan Socket Bermasalah

Penyebab berikutnya bisa terdapat pada bagian kabel dan socket. Hal tersebut bisa dikarenakan kabel putus ataupun pemasangan socket yang tidak benar. Karena tidak menutup kemungkinan kabel bisa putus ataupun pemasangan socket tidak benar setelah jangka pemakaian lama.

3. Masalah Pada Dinamo Starter

Penyebab lain electric starter susah hidup ialah terdapat masalah pada bagian dinamo starter. Meskipun umumnya kerusakan pada bagian ini sangat jarang, namun tidak menutup kemungkinan terdapat kerusakan pada dinamo starter yang biasanya disebabkan oleh karena korslet.

4. Busi Motor Melemah

Penyebab berikutnya bisa dikarenkan busi motor sudah melemah, hal ini biasanya terjadi ketika elektrik starter susah hidup padahal aki motor baru ganti. Penggunaan busi dengan jangka waktu lama juga bisa menyebabkan motor susah hidup, karena kondisi busi akan kotor dan kumparan semakin merenggang.

5. Terjadi Kebocoran Kompresi

Penyebab lain electric starter susah hidup ialah terdapat kebocoran kompresi. Kebocoran kompresi bisanya terjadi pada silinder mesin, anda bisa periksa dengan cara melepas busi, kemudian tutup lubang busi dengan jari. Setelah itu silahkan coba nyalakan mesin dengan kick starter.

Apabila tidak terdapat tekanan pada kick starter atau los, maka hal tersebut bisa dipastikan terdapat kebocoran pada silinder mesin. Akan tetapi anda harus benar-benar menutup dengan rapat pada bagian lubang busi tersebut, supaya tidak ada kebocoran pada bagian tersebut.

6. Switch Rem Rusak

Untuk penyebab ini hanya terjadi jenis motor matic saja, karena untuk menyalakan mesin motor matic harus menekan rem terlebih dahulu yang didalamnya terdapat switch yang digunakan untuk memotong arus listrik saat rem tidak ditekan.

Jadi saat motor matic susah hidup, padahal aki baru ganti dan komponen lainnya masih bagus. Maka penyebab tersebut bisa berasal dari switch rem yang rusak. Mungkin saja saat rem ditekan switch tersebut tidak benar-benar terhubung sehingga motor susah hidup.

7. Bendik Rusak

Bendik starter merupakan penyambung arus listrik dari aki motor ke dinamo starter. Apabila komponen ini rusak maka tidak akan ada sambungan arus listrik dari aki atau bateri ke dinamo starter, sehingga hal tersebut menyebabkan motor susah hidup.

8. Sekring Putus

Penyebab terakhir elektrik starter susah hidup padahal aki baru ganti ialah terjadi kerusakan sekring atau sekring putus. Dimana sekring memiliki fungsi untuk menerima arus listrik yang berasal dari beterai atau aki, jika tidak ada komponen untuk menerima arus listrik sama halnya tidak terdapat arus listrik.

Akhir Kata

Demikian itu beberapa penyebab elektrik starter motor susah hidup yang sekiranya dapat Ujikokoh.com berikan kepada anda untuk saat ini, mudah-mudahan saja informasi tentang electric starter yang baru kami berikan diatas bisa menambah pengetahuan anda.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *