10 Penyebab Honda Vario Mati Total dan Cara Mengatasi

Advertisements

Penyebab Honda Vario Mati Total – Honda Vario adalah salah satu skuter matik yang saat ini sangat banyak digunakan dan menjadi salah satu skuter matik paling laris di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan desain motor yang ditawarkan lebih kekinian dan memiliki performa yang handal.

Meskipun dikemas dengan penampilan yang baik dan memiliki performa yang handal, tidak jarang motor tersebut sering mengalami beberapa permasalahan. Beberapa diantaranya mati total, hal ini sering terjadi pada Honda Vario 110, 125 dan beberapa Honda Vario 150.

Citayam

Untuk kalian yang sekiranya sedang mengalami permasalahan tersebut, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan mengenai penyebab Honda Vario mati total lengkap dengan cara mengatasi hal tersebut.

Advertisements

Dengan melihat informasi yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini, barang kali saja dapat membantu permasalahan yang sedang kalian alami. Untuk informasi selengkapnya, kalian bisa langsung melihatnya dibawah ini.

Penyebab Honda Vario Mati Total
Advertisements

Penyebab Honda Vario Mati Total

Penyebab Honda Vario mati total sebenarnya ada banyak, karena ada beberapa komponen yang dapat mempengaruhi oleh hal tersebut. Beberapa diantaranya ialah dikarenakan motor starter yang rusak, fuse terputus dan masih ada beberapa penyebab lainnya.

1. Motor Starter Rusak

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas, salah satu penyebab motor mati total bisa dikarenakan motor starter rusak. Hal tersebut dikarenakan motor starter memiliki fungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik yang nantinya diteruskan ke poros engkol (Fly Wheel).

Apabila komponen tersebut rusak atau tidak berfungsi dengan baik, maka komponen tersebut tidak dapat mengubah energi listrik menjadi energi mekanik sebagaimana mestinya. Dengan demikian motor tidak akan hidup meskipun kondisi aki masih baik atau menggunakan kick starter.

2. Fuse Terputus

Penyebab selanjutnya bisa dikarenakan oleh fuse terputus atau rusak, apabila komponen ini rusak maka bisa menyebabkan korlseting pada sistem kelistrikan motor yang dapat menjadi penyebab motor mati total. Karena fungsi fuse ini adalah untuk membatasi jumlah arus listrik pada setiap komponen.

3. Busi Tidak Bagus

Penyebab berikutnya Honda Vario mati total bisa dikarenakan kondisi busi yang sudah tidak baik. Kondisi busi yang sudah tidak baik maka tidak dapat memberikan percikan api yang sesuai, sehingga motor akan susah dihidupakan atau bahkan bisa mati total.

4. Sistem Bahan Bakar Rusak

Hal selanjutnya yang bisa menjadi penyebab motor mati total bisa dikarenakan oleh sistem bahan bakar tidak berfungsi dengan baik. Kondisi sistem bahan bakar yang tidak berfungsi dengan baik maka menyebabkan tidak adanya suplai bahan bakar yang digunakan untuk melakukan pembakaran pada mesin.

5. Bahan Bakar Tidak Baik

Penyebab terakhir bisa dikarenakan oleh bahan bakar tidak baik, kondisi bahan bakar tidak baik dikarenakan sudah terkontaminasi dengan beberapa bahan lain. Hal yang paling sering ialah air yang secara tidak sengaja masuk ke dalam tangki bahan bakar, kondisi tersebut bisa menyebabkan motor mati total.

Cara Mengatasi Honda Vario Mati Total

Lantas bagaimana cara mengatasi Honda Vario mati total? Adapun untuk cara mengatasi permasalahan tersebut harus disesuaikan dengan penyebab permasalahan yang dialami, sehingga kami sarankan untuk memeriksa penyebab permasalahan satu per satu mulai dari awal.

Misalkan coba periksa terlebih dahulu motor starter, apabila kondisi motor starter masih baik namun motor masih tetap tidak bisa hidup, maka bisa dilanjutkan ke penyebab berikutnya. Apabila pada penyebab berikutnya masih tetap belum dapat mengatasi permasalahan tersebut, maka dilanjutkan ke penyebab berikutnya dan seterusnya sampai permasalahan terpecahkan.

Cara Menghidupkan Honda Vario Mati Total

Setelah berhasil mengatasi permasalahan diatas, maka cara menghidupkan Honda Vario mati total yang baik ialah menggunakan kick starter terlebih dahulu. Jangan langsung menggunakan elektrik starter, karena hal tersebut dapat membuat aki cepat soak.

Kalian bisa mencoba memposisikan kunci dalam keadaan off terlebih dahulu, kemudian coba kick starter beberapa kali. Setelah itu posisikan kunci pada posisi on dan kembali coba kick starter. Apabila mesin masih tidak mau hidup, coba langkah tersebut beberapa kali.

Akhir Kata

Demikian itu informasi mengenai penyebab Honda Vario mati total yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi yang baru saja kami berikan diatas tadi dapat memberikan tambahan pengetahuan seputar dunia otomotif.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.