10 Penyebab Kipas Radiator Mobil Nyala Terus Saat Mesin Mati

Advertisements

Penyebab Kipas Radiator Mobil Nyala Terus – Kipas radiator merupakan salah satu komponen yang terdapat pada radiator dengan fungsi untuk memberikan tekanan udara supaya kondisi sikulasi air didalam tangki radiator tetap dingin, sehingga air radiator dapat bekerja maksimal dalam mendinginkan mesin.

Meskipun kipas radiator merupakan salah satu komponen pendukung, namun komponen ini juga memiliki peranan penting dan terkadang juga sering mengalami sebuah permasalahan. Salah satu permasalahan yang umumnya sering muncul adalah kipas radiator nyala terus.

Sedangkan untuk kalian yang sekiranya saat ini mengalami permasalahan ini, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat informasi penyebab kipas radiator mobil nyala terus yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan.

Advertisements

Karena selain memberikan informasi mengenai penyebab permasalaha, kami juga turut memberikan informasi cara mengatasi kipas radiator mobil nyala terus secara lengkap bersamaan juga dengan informasi efek kipas radiator mobil nyala terus.

Penyebab Kipas Radiator Mobil Nyala Terus
Sumber: momotor.id
Advertisements

Efek Kipas Radiator Mobil Nyala Terus

Sebelum kami bahas lebih lanjut lagi mengenai penyebab permasalahan ini, alangkah baiknya jika kalian ketahui juga efek dari permasalahan tersebut. Dimana beberapa efek kipas radiator mobil nyala terus diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Aki Cepat Soak

Efek pertama yang bisa didapatkan adalah aki mobil menjadi lebih cepat habis atau soak, karena kipas radiator sendiri bekerja menggunakan tegangan listrik yang dialiri dari aki. Dengan kondisi kipas radiator yang terus nyala, maka aliran listrik juga akan terus mengalir.

2. Bahan Bakar Boros

Selain aki cepat soak, efek selanjutnya yang bisa dirasakan adalah konsumsi bahan bakar boros. Hal tersebut dikarenakan oleh kinerja mesin menjadi lebih berat dan secara otomatis akan membuat suplai bahan bakar menjadi lebih besar.

Penyebab Kipas Radiator Mobil Nyala Terus

Lantas hal apa yang dapat menjadi penyebab kipas radiator mobil nyala terus? Beberapa penyebab yang bisa menjadi sumber permasalahan ini sebenarnya cukup banyak, karena kipas radiator bekerja berdasarkan beberapa komponen lainnya. Dan beberapa penyebab permasalahan tersebut diantaranya adalah sebagia berikut.

1. Fan Control Unit Rusak

Fan control unit merupakan microcontroller yang digunakan untuk mengatur kecepatan putar kipas radiator berdasarkan suhu pada mesin. Meskipun mobil keluaran saat ini sudah tidak lagi dilengkapi dengan komponen ini. Namun untuk yang masih dilengkapi oleh komponen ini, maka penyebab permasalahan tersebut bisa dikarenakan oleh komponen ini.

2. Water Temprature Sensor Rusak

Water temrature sensor atau disebut juga dengan ECT (Engine Coolant Temprature Sensor) merupakan komponen yang akan memberitahukan kondisi suhu pada mesin yang nantinya akan diteruskan ke kipas radiator secara otomatis. Apabila komponen ini sampai rusak, maka bisa memberikan sebuah data yang salah.

Kesalahan pengiriman data tersebut yang dapat menyebabkan kipas radiator tetap nyala, meskipun kondisi mesin mobil masih dingin.

3. Relay Fan Radiator Rusak

Relay fan radiator adalah sebuah saklar elektrik yang cara kerjanya berdasarkan elektromagnetik sesuai dengan input arus pada bagian kumparan. Apabila terjadi kerusakan pada komponen ini, maka data yang dihasilkan juga akan salah. Sehingga menyebabkan kipas radiator tetap nyala.

4. Refrigerant Pressure Sensor Rusak

Refrigerant pressure sensor atau sensor tekanan freon AC merupakan sensor yang bekerja untuk mengukur tekanan cairan yang seharusnya diberikan pada sistem pendingin (AC). Pada saat komponen ini mengalami kerusakan juga dapat memberikan data yang salah, sehingga tekanan cairan pendingin akan terus diberikan dan membuat kipas terus nyala.

Cara Mengatasi Kipas Radiator Mobil Nyala Terus

Lantas bagaimana cara mengatasi kipas radiator mobil nyala terus? Untuk dapat mengatasi permasalahan ini, maka perlu diketahui terlebih dahulu sumber permasalahannya. Supaya dapat menentukan cara mengatasi yang sesuai.

Oleh karena itu, kalian bisa memeriksa semua penyebab permasalahan mulai dari penyebab yang pertama. Apabila penyebab pertama bukan merupakan penyebab permasalaha, maka dilanjutkan dengan penyebab kedua dan seterusnya sampai ditemukan sumber permasalahan tersebut.

Apabila beberapa penyebab kipas radiator mobil terus nyala yang telah kami berikan diatas tadi bukan merupakan salah satu dari sumber permasalaha, maka kami sarankan kepada kalian untuk membawa ke bengkel servis AC terdekat.

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi yang Uji Kokoh dapat berikan mengenai cara mengatasi dan penyebab kipas radiator mobil nyala terus, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami berikan diatas tadi dapat memberikan tambahan informasi untuk kalian semua.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.