8 Penyebab Mesin Motor Matic Bunyi Kasar dan Cara Menghaluskan

Penyebab Mesin Motor Matic Bunyi Kasar – Motor matic merupakan salah satu tipe motor paling laris saat ini, karena cara menggunakan motor matic sangat mudah dan terasa lebih nyaman pada saat digunakan. Terlebih lagi pada saat digunakan pada jarak cukup jauh atau kondisi macet.

Namun bagi para pengguna motor matic, harus benar-benar memperhatikan mesin motor tersebut. Karena jika tidak melakukan perawatan dengan baik, tidak menutup kemungkinan motor tersebut cepat rusak. Terutama pada bagian mesin motor matic.

Apabila mesin motor matic sudah sampai rusak, maka hal tersebut dapat berakibat pada penyebab bunyi kasar pada motor tersebut. Penyebab bunyi kasar tersebut biasanya terdapat pada bagian CVT atau transmisi, karena CVT pada motor matic termasuk salah satu komponen utama.

Nah untuk anda pengguna motor matic dan kebetulan mesin motor matic anda muncul bunyi kasar? Maka tidak ada salahnya bagi anda untuk melihat terlebih dahulu informasi penyebab dan cara menghaluskan bunyi kasar mesin motor matic yang akan kami sajikan dibawah ini.

Penyebab Mesin Motor Matic Bunyi Kasar

Komponen Utama Mesin Motor Matic

Sebelum kami lanjutkan ke informasi penyebab mesin motor matic bunyi kasar dan cara menghaluskan bunyi kasar tersebut, tidak ada salahnya bagi anda untuk melihat terlebih dahulu informasi komponen utama mesin motor matic.

Dimana komponen utama mesin motor matic itu terdapat pada bagian transmisi CVT, sehingga bagian utama yang harus mendapatkan perhatian ekstra adalah pada bagian CVT tersebut. Adapun bagian utama dari CVT motor matic adalah

1. V-Belt

V-Belt merupakan komponen yang digunakan untuk menghubungkan antara putaran mesin motor dengan roda. Apabila pada motor transmisi manual komponen yang digunakan untuk menghubungkan putaran mesin dengan roda adalah rantai.

V-Belt sendiri memiliki masa pakai antara 20.000 km sampai dengan 30.000 km. Jadi setelah motor matic menempuh jarak tersebut, alangkah baiknya jika memeriksa kondisi V-Belt sebelum nantinya V-Belt tersebut putus pada saat digunakan.

2. Roller

Roller merupakan komponen yang difungsikan untuk menggerakan pulley pada bagian depan serta membuat posisi belt naik dan turun pada saat mesin motor matic dinyalakan. Bentuk roller sendiri adalah bulat, apabila bentuk roller berubah seiring dengan pemakaian kendaraan. Maka hal tersebut dapat menjadi sebuah masalah pada motor.

3. Kampas Kopling

Kampas kopling merupakan komponen yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan putaran pulley sekunder dengan gigi reduksi. Karena hal tersebut, kampas kopling menjadi salah satu komponen utama. Apabila kampas kopling habis maka putaran dari pulley tidak akan terhubung secara sempurna.

Dan hal tersebut bisa membuat mesin motor bunyi kasar atau tenaga yang dihasilkan oleh motor berkurang. Jadi alangkah baiknya jika anda selalu memperhatikan komponen tersebut saat melakukan service motor.

Penyebab Mesin Motor Matic Bunyi Kasar

Setelah mengetahui beberapa komponen utama mesin motor matic, maka saatnya kembali ke pokok permasalahan yaitu penyebab mesin motor matic bunyi kasar. Penyebab utama bunyi kasar tersebut berasal dari CVT, oleh karena itu kami jelaskan beberapa komponen utama CVT motor matic.

Berikut ini adalah beberapa penyebab mesin motor matic bunyi kasar:

1. Bentuk Roller Berubah

Seperti yang sudah kami jelaskan pada bagian komponen utama CVT, dimana bentuk roller yang masih bagus ialah bulat sempurna. Apabila bentuk roller sudah tidak lagi berbentuk bulat secara sempurna, maka hal tersebut bisa mengakibatkan bunyi kasar pada mesin matic.

2. Roller Tertutup Plastik Slider

Penyebab bunyi kasar selanjutnya ialah karena platik slider menutupi roller. Apabila hal tersebut sampai terjadi, maka akan timbul gesekan antara plastik slider dengan roller. Gesekan tersebutlah yang menjadi penyebab bunyi kasar pada mesin.

3. Gearbox Sudah Aus

Hal selanjutnya yang dapat menjadi penyebab bunyi kasar mesin adalah kondisi gearbox sudah aus. Ketika kondisi gearbox sudah aus, maka posisi gear tidak akan terhubung dengan sempurna. Hal tersebutlah yang dapat menyebabkan bunyi kasar.

4. Kampas Kopling Tipis / Habis

Penyebab selanjutnya dapat berasal dari kampas kopling, karena fungsi kampas kopling untuk menghubungkan antara puataran pulley dan gigi reduksi. Apabila kampas kopling sudah tipis atau bahkan telah habis, maka kedua komponen tersebut tidak terhubung dengan baik dan dapat menimbulkan bunyi kasar.

5. V-Belt Telah Aus

Penyebab terakhir bunyi kasar mesin matic adalah kondisi V-Belt telah aus. Apabila kondisi tersebut sampai terjadi, maka putaran pada mesin dengan roda tidak terhubung dengan baik dan hal tersebutlah yang dapat menyebabkan bunyi kasar mesin.

6. Grease Sudah Kering

Grease merupakan pelumas pada transmisi CVT layaknya OLI GARDAN MOTOR MATIC, namun grease atau gemuk digunakan secara manual dengan cara mengoleskan pada bagian komponen CVT yang langsung bergesekan.

Cara Menghaluskan Mesin Motor Matic Bunyi Kasar

Setelah mengetahui penyebab bunyi kasar mesin, maka saatnya anda mengetahui bagaimana cara menghaluskan bunyi kasar tersebut. Cara untuk menghaluskan bunyi kasar tersebut sebenarnya sangat mudah, anda cukup melakukan perawatan secara rutin.

Terutama harus merawat komponen-komponen yang telah kami jelaskan diatas, karena komponen yang kami jelaskan diatas ialah komponen yang dapat menjadi penyebab bunyi kasar. Maka dari itu komponen tersebut harus benar-benar diperhatikan.

Dengan ini berakhir sudah informasi tentang penyebab mesin motor matic bunyi kasar dari Ujikokoh.com, semoga saja informasi tentang penyebab bunyi kasar mesin diatas bisa menambah pengetahuan anda-anda sekalian semuanya.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *