15 Penyebab Mobil Brebet di RPM Rendah dan Cara Mengatasi

Advertisements

Penyebab Mobil Brebet di RPM Rendah – Sebuah kendaraan sudah pasti akan selalu mengalami yang namanya permasalahan, baik itu roda dua atau roda empat. Salah satu hal yang sering terjadi ialah kendaraan brebet di putaran bawah.

Oleh karena itu, pada kesempatan sebelumnya juga pernah kami bahas Penyebab Motor Brebet di RPM Rendah. Sedangkan pada kesempatan hari ini, kami ingin membahas tentang penyebab mobil brebet di RPM rendah atau putaran rendah.

Siapa tahu saja ada diantara kalian yang saat ini sedang mengalami permasalahan tersebut, maka dari itu tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini.

Advertisements

Barang kali saja dengan kalian melihat informasi yang akan kami berikan hari ini, maka permasalahan yang sedang kalian hadapi bisa teratasi. Untuk kalian yang sudah ingin mengetahui informasi penyebab mobil brebet di putran rendah secara secara lengkap, bisa langsung melihatnya dibawah ini.

Penyebab Mobil Brebet di RPM Rendah
Advertisements

Penyebab Mobil Brebet di RPM Rendah

Penyebab mobil brebet di RPM rendah sendiri sebenarnya ada banyak sekali, akan tetapi kami akan memberikan beberapa penyebab umum saja yang dapat menimbulkan permasalahan ini. Adapun beberapa penyebab permasalahan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Filter Bahan Bakar Kotor

Penyebab pertama bisa dikarenakan oleh filter bahan bakar kotor. Kondisi filter bahan bakar yang kotor dapat menyebabkan suplai bahan bakar yang diberikan tidak bersih atau terdapat kotoran yang terbawa, dikarenakan hal tersebut menjadikan pembakaran tidak sempurna dan menyebabkan kondisi mobil brebet.

2. Tangki Bahan Bakar Kotor

Penyebab kedua ialah karena tangki bahan bakar kotor. Hal ini juga tidak berbeda jauh dengan penyebab pertama, dikarenakan kondisi tangki bahan bakar yang kotor menjadikan proses suplai bahan bakar menjadi tidak sempurna karena ada kotoran yang ikut terbawa pada proses pembakaran.

3. Fuel Pump Rusak

Fuel pump rusak merupakan penyebab selanjutnya. Kondisi fuel pump atau pompa bahan bakar yang rusak juga dapat menyebabkan mobil brebet pada RPM rendah, hal tersebut dikarenakan suplai bahan bakar menjadi berkurang sehingga menyebabkan brebet.

4. Koil Mobil Bermasalah

Koil memiliki fungsi untuk menyalurkan tegangan listrik dari aki yang nantinya diteruskan ke busi untuk memproduksi percikan api. Apabila koil mobil memiliki masalah, maka hal tersebut dapat menyebabkan kondisi mobil brebet di RPM rendah. Karena percikan api yang diberikan tidak sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

5. Busi Bermasalah

Penyebab selanjutnya bisa dikarenakan oleh busi mobil yang mengalami permasalahan. Kondisi busi yang mengalami masalah dapat menyebabkan percikan api yang dihasilkan tidak seperti biasanya, sehingga hal tersebut dapat menyebabkan kondisi mobil brebet pada putaran rendah.

6. Kebocoran Kabel Busi

Penyebab mobil brebet di RPM rendah selanjutnya bisa dikarenakan oleh kebocoran pada kabel busi, karena tidak sedikit kasus yang terjadi karena hal ini. Kondisi kabel busi yang bocor juga dapat menyebabkan percikan api yang dihasilkan oleh busi tidak sempurna atau sesuai standar yang telah ditentukan.

7. Mass Air Flow Rusak

Mass air flow yang disingkat sebagai MAF merupakan komponen yang mengatur besar kecilnya udara masuk. Komponen ini biasanya digunakan pada mobil injeksi. Pada saat komponen ini mengalami kerusakan, maka menyebabkan suplai udara ke ruang bahan bakar berkurang. Sehingga hal tersebut menyebabkan mobil injeksi brebet.

8. Idle Speed Control Rusak

Penyebab terakhir bisa dikarenakan oleh Idle Speed Control rusak. Idle speed control atau ISC merupakan komponen yang berfungsi untuk menjaga RPM mobil stabil. Apabila komponen ini rusah, maka dapat dipastikan kondisi mobil akan brebet. Karena RPM yang dihasilkan tidak stabil.

Cara Mengatasi Mobil Brebet di RPM Rendah

Setelah mengetahui beberapa hal penyebab mobil brebet di RPM rendah, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan ialah mengetahui cara mengatasi permasalahan tersebut. Adapun untuk cara mengatasi permasalahan tersebut harus disesuaikan dengan penyebab permasalahan.

Sehingga kami sarankan kepada kalian untuk memeriksa penyebab permasalahan mulai dari yang pertama terlebih dahulu. Apabila penyebab pertama bukan merupakan sumber masalah, maka dilanjutkan ke penybab selanjutnya dan seterusnya sampai ditemukan sumber permasalahannya.

Apabila sumber permasalahannya sudah ditemukan maka tinggal menentukan cara mengatasinya sesuai dengan sumber permasalahan atau penyebab. Apabila sumber permasalahan karena komponen yang kotor, maka kalian bisa coba bersihkan komponen tersebut.

Akan tetapi untuk penyebab permasalahan yang dikarenakan komponen rusak, seperti misalnya aus. Maka perlu dilakukan penggantian terhadap komponen tersebut dengan yang baru. Atau untuk kalian yang bisa memperbaiki kerusakan komponen tersebut, maka silahkan coba kalian perbaiki.

Tips Menjaga Mobil Tidak Brebet di RPM Rendah

Setiap permasalahan pasti memiliki cara untuk mencegahnya, oleh karena itu kami ingin coba memberikan tips menjaga mobil supaya tidak brebet di RPM rendah. Tips ini bisa digunakan untuk berbagai macam jenis mobil, baik mobil injeksi atau karbuartor. Karena memang tips ini merupakan tips yang umum.

1. Cuci Mobil Secara Berkala

Hal pertama yang dapat dilakukan ialah mencuci mobil secara berkala. Melakukan pencucian mobil secara berkala ini dapat mengurangi terjadinya pengendapan kotoran pada komponen mobil yang nantinya dapat menjadi sumber permasalahan yang dikarenakan oleh komponen yang kotor.

2. Melakukan Servis Secara Berkala

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan ialah melakukan servis secara berkala. Dengan melakukan sevis secara berkala dapat mendeteksi sebuah sumber permasalahan lebih awal, sehingga hal tersebut dapat mengantisipasi sebuah penyebab permasalahan besar yang akan terjadi nantinya.

Akhir Kata

Demikian itu informasi yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan mengenai penyebab mobil brebet di RPM rendah, semoga saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian semuanya.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.