5 Penyebab Motor Matic Bergetar Saat Kecepatan Tinggi, Rendah & Awal

Advertisements

Penyebab Motor Matic Bergetar – Motor matic atau yang dikenal juga dengan skuter matic merupakan salah satu kendaraan roda dua yang saat ini lebih banyak digunakan orang, jika dibandingkan dengan motor bebek atau bahkan motor sport. Karena penggunaan motor matic jauh lebih sederhana.

Meskipun penggunaan motor matic dapat dilakukan secara sederhana, namun perawatan motor matic tidak terlalu berbeda jauh dengan motor bebek atau motor sport. Tidak jarang motor matic yang kurang atau bahkan tidak mendapatkan perawatan akan mengalami mesin bergetar.

Maka dari itu, pada kesempatan ini kami ingin memberikan informasi seputar penyebab motor matic bergetar. Dimana kondisi mesin motor matic dapat bergetar tersebut terjadi pada saat tarikan awal baru di gas, kecepatan rendah dan juga terjadi pada saat kecepatan tinggi.

Advertisements

Karena dari ketiga kondisi tersebut, memiliki penyebab yang berbeda-beda. Terkadang ada motor matic yang hanya bergetar pada saat tarikan awal saja, namun ada juga yang terjadi pada kecepatan rendah, begitu juga pada kecepatan. Namun ada juga yang mengalami dua dari kondisi tersebut atau ketiga-tiganya.

Penyebab Motor Matic Bergetar dan Cara Mengatasi
Advertisements

Penyebab Motor Matic Bergetar

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, penyebab motor matic bergetar itu bisa terjadi pada tiga kondisi, yaitu pada saat tarikan awal, kecepatan rendah dan kecepatan tinggi. Maka dari itu, kami akan memerikan penyebab masalah tersebut berdasarkan dari ketiga kondisi tersebut.

Bergetar Saat Tarikan Awal

Motor matic sendiri memiliki tipe Transmisi CVT, pada tipe transmisi CVT tersebut terdiri dari ven belt, clutch housing, weight set, spring dan roller. Penyebab terjadinya getaran pada tarikan awal biasanya dikarenakan kampas kopling ganda (weight set) sudah menipis ataupun mangkok kopling (clutch housing) tidak berbentuk sempurna.

Bergetar Saat Kecepatan Rendah

Sedangkan untuk motor matic yang timbul getaran pada saat kecepatan rendah, hal tersebut bisa dikarenakan oleh kampas ganda (weight set) terdapat banyak kotoran. Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan slip yang akhir memicu timbulnya getaran pada motor.

Selain penyebab tersebut, motor matic bergetar saat kecepatan rendah juga bisa disebabkan oleh motor yang jarang digunakan. Namun kondisi ini biasanya akan hilang secara otomatis apabila kondisi motor sudah panas dan digunakan pada kecepatan tinggi atau rpm tinggi.

Bergetar Saat Keceptan Tinggi

Apabila motor matic bergetar pada saat kecepatan tinggi atau rpm tinggi, maka hal tersebut sudah tidak disebabkan lagi oleh CVT. Namun hal tersebut bisa berasal dari bearing atau bantalan as roda yang sudah mulai rusak, sehingga dapat mengalami getaran pada motor matic.

Namun hal tersebut sering terjadi pada motor matic yang menggunakan velg CW (cast wheel) atau lebih dikenal dengan velg racing. Sedangkan untuk tipe velg jari-jari biasanya jarang terjadi. Akan tetapi, hampir semua motor matic sudah menggunakan jenis velg CW.

Cara Mengatasi Motor Matic Bergetar

Lantas bagaimana cara mengatasi penyebab motor matic bergetar? Cara mengatasinya sangat mudah, bagi pemilik motor matic sebisa mungkin melakukan pembersihan secara rutin pada bagian CVT agar tidak terdapat kotoran yang dapat menyebabkan slip sehingga memicu getaran pada motor.

Selain itu, untuk kalian yang sekiranya jarang menggunakan sepeda motor, alangkah baiknya jika kalian tetap menghidupkan motor meskipun dengan waktu yang sebentar. Karena hal tersebut bertujuan untuk menjaga suhu pada mesin dan agar sirkulasi oli pada mesin tetap berjalan.

Sedangkan untuk kalian yang sekiranya sudah mengidentifikasi semua penyebab motor matic bergetar diatas dan motor matic kalian masih tetap bergetar, alangkah baiknya langsung periksakan motor ke bengkel. Barang kali saja ada bebeapa komponen yang sudah rusak parah sehingga menimbulkan getaran.

Karena kondisi motor yang bergetar itu akan sangat mengganggu pada saat berkendara, bahkan dapat membuat pengemudi merasa lebih lelah. Karena harus mengeluarkan ekstra tenaga untuk meredam getaran yang ditimbulkan oleh mesin motor ataupun komponen lainnya.

Akhir Kata

Demikian itu informasi tentang penyebab motor matic bergetar yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan tambahan pengetahuan kepada kalian-kalian semua yang sedang membutuhkan.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.