10 Penyebab Motor Tidak Bisa Distarter dan Cara Mengatasi

Advertisements

Penyebab Motor Tidak Bisa Distarter – Starter merupakan salah satu cara untuk menghidupkan motor paling mudah, karena cukup dengan menekan tomol starter mesin motor akan hidup. Namun cara tersebut dapat dilakukan dengan beberapa syarat tertentu.

Salah satu syaratnya adalah aki motor harus masih dalam kondisi bagus, penyebab utama motor tidak bisa distarter biasanya karena aki motor sudah soak. Karena salah satu Ciri-Ciri Aki Soak biasanya ditandai dengan susahnya motor dihidupkan menggunakan starter.

Nah, untuk kalian yang sekiranya sedang mengalami permasalahan motor tidak bisa distarter? Maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan seputar permasalahan tersebut.

Advertisements

Karena selain memberikan beberapa penyebab motor tidak bisa distarter, kami juga turut memberikan beberapa cara mengatasi permasalahan tersebut. Untuk informasi selengkapnya, maka bisa langsung melihat informasinya dibawah ini.

Penyebab Motor Tidak Bisa Distarter
Advertisements

Penyebab Motor Tidak Bisa Distarter

Penyebab motor tidak bisa distarter sebenarnya ada banyak, karena ada beberapa komponen yang dapat mempengaruhi hal tersebut. Namun hal utama permasalahan tersebut biasanya disebabkan oleh aki soak. Lantas hal lain apa yang bisa menyebabkan motor tidak bisa distarter?

1. Aki Motor Soak

Penyebab pertama ialah aki motor soak seperti yang sudah kami bahas diatas. Kondisi aki soak menyebabkan tidak adanya aliran arus listrik ke motor starter yang nantinya akan diteruskan ke poros engkol (fly wheel) kemudian akan diteruskan untuk menghidupkan mesin motor.

2. Kabel Aki Tidak Pas

Penyebab selanjutnya bisa dikarenakan pemasangan kabel aki tidak pas atau terbalik. Kondisi kabel aki yang terpasang tidak pas bisa menjadi penyebab hal tersebut karena arus listrik pada aki tidak dapat disalurkan atau diterus ke komponen berikutnya, sehingga motor tidak bisa distarter.

3. Starter Elektrik Kotor

Hal lain yang bisa menjadi penyebab masalah tersebut adalah starter elektrik kotor. Kondisi ini biasanya sering terjadi pada bagian tombol starter, apabila pada bagian tombol starter terdapat kotoran. Maka dapat menyebabkan fungsi elektrik starter terganggu dan motor tidak bisa distarter.

4. Dinamo Starter Rusak

Penyebab selanjutnya bisa dikarenakan dinamo starter rusak, karena dinamo starter ialah bagian yang terhubung ke fly wheel dan berfungsi untuk menggerakan komponen tersebut. Proses perubahan energi listrik ke energi mekanik tidak dapat diteruskan dengan baik karena dinamo starter tidak meneruskan energi mekanik tersebut.

5. Busi Tidak Bagus

Selain beberapa penyebab diatas, penyebab selanjutnya bisa dikarenakan oleh busi motor sudah tidak bagus. Kondisi busi yang sudah tidak bagus juga bisa menjadi salah satu penyebab motor tidak bisa distarter atau sulit dihidupkan meskipun menggunakan kick starter.

6. Motor Terlalu Dingin

Penyebab terakhir bisa dikarenakan motor terlalu dingin atau terlalu lama tidak digunakan. Kondisi motor yang sudah terlalu lama tidak digunakan atau kedinginan biasanya akan cukup sulit distarter, karena tidak cukupnya daya listrik yang digunakan untuk menggerakan fly wheel.

Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Distarter

Cara mengatasi motor tidak bisa distarter harus disesuaikan dengan penyebab terjadinya masalah. Kalian bisa memeriksa terlebih dahulu mulai dari penyebab pertama, apabila kondisi aki yang digunakan masih baru maka bisa dilanjutkan ke penyebab kedua yaitu kabel aki tidak terpasang dengan baik.

Setelah melakukan pemeriksaan kepada kabel aki dan ternyata pemasangan kabel aki sudah benar namun motor masih tetap tidak bisa distarter, maka bisa dilanjutkan ke penyebab ketiga, yaitu elektrik starter yang kotor. Kalian bisa coba bersihkan bagian tombol elektrik starter terlebih dahulu.

Apabila tombol elektrik starter sudah dibersihkan namun motor masih tetap tidak bisa distarter, maka dilanjutkan ke bagian berikutnya, yaitu memeriksa dinamo starter. Untuk bagian ini mungkin sudah bisa kalian lakukan di bengkel saja, karena proses pembongkaran motor starter sedikit sulit.

Namun jika penyebab permasalahan bukan dikarenakan dinamo starter yang rusak, maka kalian coba bisa periksa busi yang digunakan. Apabila kondisi busi sudah tidak baik, maka bisa kalian bersihkan atau lebih baik mengganti busi dengan yang baru.

Setelah memeriksa kelima penyebab diatas namun motor masih tetap tidak bisa distarter, maka penyebab permasalahan tersebut bisa dikarenakan oleh penyebab terakhir yaitu motor kedinginan atau lama tidak digunakan. Kondisi suhu motor yang terlalu dingin juga dapat membuat motor susah distarter.

Untuk mengatasi cara ini, silahkan kalian coba menghidupkan motor menggunakan kick starter. Coba gunakan kick starter dengan posisi kunci off beberapa kali, setelah itu silahkan posisikan kunci on dan kembali coba hidupkan motor menggunakan kick starter.

Cara Menghidupkan Motor Tidak Bisa Distarter

Cara menghidupkan motor tidak bisa distarter bisa coba menghidupkan mesin motor dengan kick starter seperti yang sudah kami jelaskan diatas. Posisikan kunci off terlebih dahulu, kemudian gunakan kick starter beberapa kali. Setelah itu baru posisikan kunci on dan coba hidupkan kembali dengan kick starter.

Apabila cara diatas tetap tidak berhasil, maka kalian bisa coba cara menghidupakan motor dengan didorong. Namun cara tersebut hanya berlaku untuk tipe motor manual, seperti motor sport Yamaha Vixion, R1, Honda CBR atau motor bebek.

Sedangkan untuk tipe motor matic, maka bisa menghidupakn dengan cara jumper aki seperti yang dilakukan pada mobil apabila mengalami aki tekor dan susah untuk dihidupkan.

Akhir Kata

Kami rasa cukup sekian dulu informasi mengenai penyebab motor tidak bisa distarter dan cara mengatasinya dari Uji Kokoh, semoga saja informasi yang baru saja kami berikan diatas tadi dapat memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *