6 Penyebab Power Window Macet dan Cara Mengatasi

Advertisements

Penyebab Power Window Macet – Power window merupakan fitur untuk membuka kaca jendela mobil secara elektrik. Fitur ini merupakan fitur pengembangan dari cara membuka kaca jendela mobil yang awalnya menggunakan tuas dengan cara diputar baik untuk membuka atau menutup.

Dengan adanya fitur power window ini tentunya akan sangat membantu para pengguna, karena pada saat ingin membuka atau menutup kaca jendela mobil akan jauh lebih mudah dan praktis. Cukup dengan menekan sebuah tombol, maka kaca jendela mobil akan terbuka atau tertutup.

Namun fitur power window ini juga terkadang mengalami sebuah permasalahan, dimana permasalahan paling umum pada fitur ini adalah macet. Khususnya untuk mobil dengan usia lebih dari 5 tahunan terkadang menemui permasalahan power window mobil macet.

Advertisements

Nah, untuk kalian yang sekiranya sedang mengalami permasalahan tersebut, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi penyebab power window macet yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan secara lengkap bersama beberapa informasi lainnya.

Penyebab Power Window Macet
Sumber: lifepal.co.id
Advertisements

Penyebab Power Window Macet

Permasalahan power window macet sebenarnya dapat disebabkan oleh beberapa hal, karena fitur power window sendiri terdiri dari beberapa komponen pendukung. Dan apabila ada kerusakan pada salah satu komponen tersebut, maka dapat menyebabkan power window macet atau tidak berfungsi.

1. Switch Rusak

Penyebab pertama bisa dikarenakan oleh switch rusak. Kondisi switch yang rusak sudah pasti akan menyebabkan power window tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya atau macet. Karena memang switch inilah yang berfungsi untuk mengaktifkan semua komponen pada power window.

2. Fuse Putus

Penyebab selanjutnya adalah fuse (sekring) putus. Apabila fuse atau sekring sampai putus, maka tidak ada aliran listrik menuju circuit breaker dan ke komponen selanjutnya. Dengan tidak adanya aliran listrik ini, maka power window tidak akan bekerja sebagai mana mestinya.

3. Motor Penggerak Aus

Penyebab selanjutnya adalah motor penggerak aus. Motor penggerak memiliki fungsi menggerakan kaca jendela naik dan turun sesuai dengan perintah pada switch atau saklar. Apabila motor penggerak aus, maka kaca jendela tidak dapat naik atau turun, meskipun ada aliran listrik yang mengalir.

4. Rel Kaca Kotor

Penyebab terakhir adalah rel kaca kotor. Rel kaca memiliki fungsi untuk melindungi kotoran agar masuk ke dalam sistem power window. Namun karena posisi rel kaca yang berada diluar, maka bagian ini yang akan terkena kotoran paling utama. Apabila banyak kotoran mengendap pada rel kaca, maka dapat membuat power window macet.

Cara Cek Kelistrikan Power Window

Setelah mengetahui beberapa hal tentang penyebab power window macet, maka hal selanjutnya yang perlu diketahui ialah cara cek kelistrikan power window. Dimana dengan memeriksa sistem kelistrikan power window juga dapat menjadi salah satu solusi cara mengatasi power window macet.

Langkah pertama yang dapat dilakukan ialah memeriksa kondisi baterai atau aki mobil, pastikan kondisi aki masih dalam keadaan bagus. Selatelah itu silahkan periksa sekring atau fuse, pastikan sekring juga dapat mengalirkan arus listrik sebagaimana mestinya.

Setelah itu silahkan dilanjutkan memeriksa bagian circuit breaker, terminal dan juga saklar atau switch. Pastikan semua komponen tersebut juga masih berfungsi sebagaimana mesintya. Apabila semua komponen tersebut masih dapat menglirkan arus listrik, maka sistem kelistrikan power window masih baik.

Cara Mengatasi Power Window Macet

Lantas bagaimana cara mengatasi power window macet pada mobil? Untuk dapat menentukan cara mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Dimana pemeriksan bisa dilakukan mulai dari memeriksa kelistrikan seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Apabila tidak terjadi permasalahan pada sistem kelistrikan, silahkan periksa kondisi motor penggerak. Apakah kondisinya masih bagus atau sudah apabila kondisi masih bagus, maka bisa dilanjutkan ke bagian rel kaca. Apakah kondisi rel kaca dalam keadaan kotor atau tidak.

Apabila semua penyebab yang telah kami berikan diatas bukan merupakan sumber permasalahan dari power window macet, maka kami sarankan kepada kalian untuk memeriksakan permasalahan tersebut ke bengkel. Barang kali saja ada beberapa sumber permasalahan lain yang belum ditemukan.

Biaya Servis Power Window Macet

Nah, untuk kalian yang sekiranya ingin membawa mobil kalian ke bengkel untuk memeriksa power window, namun kalian belum mengetahui berapa biaya servis power window macet. Maka kalian cukup menyiapkan dana kurang lebih 100 ribu sampai dengan 300 ribu saja.

Karena besarnya biaya servis power window macet pada umumnya sebanyak yang sudah kami jelaskan diatas. Dan biaya tersebut juga biasanya sudah termasuk dengan biaya penggantian komponen, karena memang komponen power window tidak terlalu mahal seperti beberapa komponen mobil lainnya.

Akhir Kata

Kami rasa cukup sekian dulu informasi mengenai cara mengatasi dan penyebab power window macet yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan, semoga saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian semua seputar dunia otomotif.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.