4 Penyebab Radiator Motor Bocor dan Cara Mengatasi

Advertisements

Penyebab Radiator Motor Bocor – Radiator merupakan sistem pendingin air yang digunakan untuk mendinginkan sebuah mesin. Sistem pendingin air ini umumnya digunakan pada mobil, namun untuk beberapa tipe motor keluaran terbaru saat ini juga sudah dilengkapi dengan sistem pendingin air.

Sistem pendingin air atau radiator ini juga tidak berbeda jauh dengan beberapa komponen motor lainnya, dimana sering mengalami sebuah permasalahan. Beberapa permasalahan yang biasanya sering dialami atau terjadi oleh radiator motor adalah bocor.

Citayam

Apabila kalian sedang mengalami permasalahan radiator motor bocor, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat informasi mengenai penyebab radiator motor bocor yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan secara lengkap bersama informasi lainnya.

Advertisements

Dimana informasi lainnya tersebut diantaranya akibat radiator motor bocor, cara mengatasi sampai dengan biaya servis radiator motor bocor. Apabila kalian sudah ingin mengetahui informasi tersebut secara lengkap, maka bisa langsung melihat informasinya dibawah ini.

Penyebab Radiator Motor Bocor
Advertisements

Akibat Radiator Motor Bocor

Sebelum kami bahas lebih lanjut mengenai penyebab permasalahan tersebut, alangkah baiknya jika kalian ketahui terlebih dahulu beberapa aktibat dari permasalahan tersebut. Akibat atau efek radiator motor bocor yang paling utama ialah mesin motor dapat overheat atau mengalami panas berlebihan.

Karena kondisi radiator bocor menyebabkan kinjera sistem pendingin tersebut tidak bekerja dengan maksimal, sehingga hal tersebut dapat mengakibatkan panas pada mesin akan overheat. Selain itu, akibat lainnya yang bisa timbul ialah dapat terjadi kebakaran.

Penyebab Radiator Motor Bocor

Lantas apa yang menjadi penyebab radiator motor bocor? Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kondisi radiator motor bocor, diantaranya adalah mengalami benturan yang sangat keras, terjadi panas berlebihan dan selain itu juga masih ada beberapa penyebab lainnya yang dapat membuat radiator motor bocor.

1. Menggunakan Air Biasa

Penyebab pertama bisa dikarenakan penggunaan air biasa, bukan menggunakan coolant atau air yang memang diperuntunkan untuk radiator. Karena memang secara kasat mata, air biasa dan coolant tidak memiliki perbedaan. Namun dari segi material, coolant terdapat partikel yang dapat membuat kondisi raidator tetap dingin.

2. Mengalami Panas Berlebihan

Penyebab selanjutnya bisa dikarenakan oleh panas berlebihan. Kondisi panas yang berlebihan ini bisa disebabkan oleh penggunaan air yang tidak sesuai, karena mengalami kondisi panas berlebihan secara terus menerus. Akibatnya membuat radiator motor menjadi bocor.

3. Terdapat Kotoran

Penyebab radiator motor bocor yang selanjutnya adalah terdapat kotoran didalam radiator. Kita tidak mengetahui jenis kotoran yang terdapat pada radiator, apabila kotoran tersebut memiliki bentuk yang keras dan runcing, tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan kebocoran radiator.

4. Terjadi Benturan Sangat Keras

Penyebab terakhir ialah karena benturan yang sangat keras. Penyebab ini merupakan penyebab paling mudah diketahui, karena setelah mengalami benturan akan langsung terlihat efek dari benturan tersebut yang biasanya berupa kebocoran pada radiator.

Cara Mengatasi Radiator Motor Bocor

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari kebocoran pada radiator motor, maka langkah apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi radiator motor bocor? Adapun langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Lem Besi

Cara mengatasi yang pertama bisa menggunakan lem besi, namun untuk menggunakan cara ini harus mengetahui posisi tepat kebocoran. Setelah mengetahui posisi kebocoran secara tepat, silahkan oleskan lem besi tersebut secara merata pada permukaan yang bocor.

2. Cairan Kimia

Cara kedua bisa menggunakan cairan kimia seperti STP Radiator Sealer dan Tunap Micrologic Permium 142. Dimana cara ini merupakan cara paling mudah yang dapat dilakukan, karena cukup mencampurkan cairan kimia dengan coolant. Setelah itu, cairan kimia ini akan secara otomatis menutup kebocoran pada radiator.

3. Las Radiator

Cara mengatasi yang terakhir ialah dengan cara mengelas radiator. Namun untuk cara mengatasi ini harus dilakukan di bengkel, apabila kalian tidak memiliki alat las. Dan biaya las radiator ini sendiri bervariasi sesuai dengan tingkat kebocoran yang terjadi pada radiator itu sendiri.

Biaya Servis Radiator Motor Bocor

Adapun untuk biaya servis radiator motor masih cukup terjangkau, karena berada di kisaran harga 30 ribu sampai 50 ribu rupiah. Berbeda dengan Biaya Servis Radiator Mobil yang memiliki kisaran harga antara 250 ribu sampai 400 ribu rupiah.

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu infomasi yang dapat Uji Kokoh berikan mengenai penyebab dan cara mengatasi radiator motor bocor, semoga saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian semua. Utamanya untuk kalian yang belum mengetahui hal tersebut.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.