4 Penyebab Rem Blong Pada Motor Matic dan Manual

Advertisements

Penyebab Rem Blong Pada Motor – Rem merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan, karena fungsi utama rem ialah untuk mengurangi dan memberhentikan laju kendaraan. Jadi kalau sampai terjadi kerusakan pada rem atau rem blong bisa sangat membahayakan si pengendara dan orang lain.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada rem motor ialah rem blong. Hal ini biasanya akan dirasakan oleh pengendara pada saat berkendara yang tiba-tiba tidak dapat mengurangi laju kendaraan atan memberhentikan kendaraan, dikarenakan oleh rem motor blong.

Nah, untuk kalian yang sekiranya pernah mengalami permasalahan tersebut, maka ada baiknya jika kalian melihat terlebih dahulu informasi tentang penyebab rem blong pada motor yang pada kesempatan ini akan kami sajikan secara lengkap untuk kalian semuanya.

Advertisements

Namun selain memberikan informasi tentang penyebab rem blong, kami juga turut memberikan informasi tentang cara mengatasi rem blong. Baik rem blong pada motor matic ataupun motor manual. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa langsung melihat informasi selengkapnya dibawah ini.

Penyebab Rem Blong Pada Motor
Advertisements

Penyebab Rem Blong Pada Motor

Penyebab terjadi rem blong pada motor itu ada banyak, beberapa diantaranya kampas rem yang sudah mulai aus atau habis, terjadi kebocoran atau kerusakan pada master rem dan masih ada beberapa penyebab lainnya yang dapat menjadikan rem motor blong.

1. Kampas Rem Habis

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, salah satu penyebab rem motor blong bisa dikarenakan oleh kampas rem sudah mulai aus atau habis. Hal tersebut biasanya dapat ditandai dengan terjadinya rem blong atau muncul bunyi gesekan besi.

Bunyi gesekan besi tersebut berasal dari dudukan kampas rem dengan piringan atau cakram. Pada saat kampas rem sudah habis atau aus, maka tinggal tersisa dudukan kampas rem yang berupa besi. Apabila masih dipaksakan untuk mengerem, maka terjadi gesekan antara besi dudukan kampas rem dan cakram.

2. Aliran Minyak Rem Tersumbat

Penyebab kedua bisa terjadi karena terjadinya penyumbatan pada aliran minyak rem yang menjadikan rem blong. Kondisi minyak rem yang tersumbat membuat kampas rem tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya, karena tidak ada tekanan yang terjadi pada kampas rem.

Maka dari itu, rem motor tersebut bisa mengalami blong. Karena minyak yang terdapat pada master rem tidak mendorong kampas rem yang nantinya diteruskan ke piringan atau cakram, sehingga dapat mengurangi atau menghentikan laju motor.

3. Master Rem Bocor

Penyebab selanjutnya bisa dikarenakan oleh master rem bocor, kondisi master rem yang bocor menjadi minyak rem bisa habis. Apabila minyak rem habis maka tidak ada perantara yang dapat mengirimkan energi dorong ke kampas rem.

Kondisi seperti ini tidak berbeda jauh dengan kondisi aliran minyak rem yang tersumbat, karena pada intinya tidak ada dorongan pada kampas rem yang diteruskan ke piringan atau cakram. Sehingga rem motor menjadi blong.

4. Rem Terlalu Panas

Hal terakhir yang bisa menjadi penyebab rem blong pada motor matic atau manual ialah karena rem terlalu panas. Adapun komponen rem yang bisa mengalami permasalahan pada saat kondisi panas ialah master rem dan selang minyak.

Apabila komponen tersebut terlalu panas, maka komponen pada rem tersebut tidak dapat bekerja sebagai mana mestinya. Sehingga pada saat pengendara motor melakukan pengereman akan terasa blong.

Cara Mengatasi Rem Blong Pada Motor

Lantas bagaimana cara mengatasi rem blong pada motor pada saat digunakan? Adapun cara mengatasi kondisi ini terbagi menjadi dua, yaitu berdasarkan dari tipe motornya, yaitu tipe motor matic dan manual. Karena meskipun jenis rem yang digunakan sama, namun jenis mesin yang digunakan berbeda.

Cara Mengatasi Rem Blong Pada Motor Manual

Cara mengatasi rem blong pada motor manual tergolong lebih mudah, karena laju kendaraan bisa berkurang dengan bantuan mesin motor. Jenis motor manual terdiri dari sejumlah gear transmisi 1 sampai 6 untuk jenis motor sport dan 1 sampai 4 untuk jenis motor bebek.

Ketika kondisi rem blong, pengendara bisa menurunkan posisi gear transmisi dari tinggi ke rendah. Namun perlu diperhatikan rpm mesin pada saat itu. Karena penurunan gigi transmisi pada putaran mesin tinggi dapat menimbulkan hentakan yang sangat kuat.

Untuk dapat menghentikan laju motor manual bisa dengan cara melepas gas secara penuh, biarkan putaran mesin turun sedikit demi sedikit. Apabila putaran mesin sudah turun, maka bisa turunkan gigi transmisi satu per satu sampai motor berhenti.

Cara Mengatasi Rem Blong Pada Motor Matic

Sedangkan untuk para pengguna motor matic, cara mengatasi rem blong pada motor matic sedikit berbeda. Karena pada saat kondisi rem motor matic normal saja terkadang rem bisa mengalami blong, hal tersebut memang dikarenakan oleh tipe mesin yang digunakan.

Jadi untuk para pengguna motor matic, alangkah baiknya untuk tidak melepas gas secara penuh pada saat melakukan pengereman. Hal tersebut juga berlaku apabila terjadi pada kondisi rem blong, usahakan untuk selalu mengisi sedikit gas.

Karena sistem engine brake pada motor matic tidak sama dengan motor manual. Selain itu, usahakan untuk melakukan pengereman secara bergantian antara rem depan dan belakang, untuk memaksimalkan kinerja rem motor matic.

Biaya Servis Rem Pada Motor

Setelah mengetahui beberapa penyebab rem blong pada motor? Kemudian kalian ingin melakukan servis rem pada motor. Maka kalian perlu mengetahui berapa besarnya biaya servis rem pada motor terlebih dahulu, supaya kalian bisa menyiapkan anggaran yang diperlukan.

Adapun besarnya biaya servis rem pada motor kurang lebih adalah sebagai berikut:

KeteranganBiaya
Kampas RemRp 15.000 – Rp 60.000
Master RemRp 450.000 – Rp 1.000.000
Kaliper RemRp 200.000 – Rp 850.000
Selang RemRp 43.000 – Rp 200.000
Ongkos GantiRp 15.000 – Rp 25.000

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi mengenai penyebab rem blong pada motor matic dan manual yang pada kesempatan hari ini dapat Uji Kokoh berikan, semoga saja dari informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan banyak manfaat.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.