6 Penyebab Stang Motor Goyang & Cara Memperbaiki 2024

Penyebab Stang Motor Goyang – Salah satu faktor keamanan dalam berkendara adalah kondisi fit dari kendaraan yang digunakan. Itulah mengapa, jika Stang Motor tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka Anda harus memeriksakan kondisinya.

Penyebab Stang Motor goyang pada dasarnya dipengaruhi oleh beberapa komponen penting lainnya pada sepeda motor. Guna mengetahui penyebabnya, maka perlu dilakukan pengecekan secara menyeluruh sehingga dapat ditemukan cara mengatasinya.

Proses pengecekan sepeda motor sebenarnya dapat dilakukan melalui beberapa bengkel kepercayaan Anda. Namun, khusus untuk mencari penyebab stang motor goyang, maka Anda dapat melakukannya secara mandiri asal sudah mengetahui indikasinya.

Supaya dapat menambah wawasan Kita bersama dalam mengetahui penyebab Stang Motor goyang, maka Admin Ujikokoh.com akan coba berikan seluruh informasinya. Silahkan simak dengan seksama apabila Anda mengalami masalah serupa.

PENYEBAB STANG MOTOR GOYANG

Penyebab Stang Motor Goyang

Sebelumnya sudah dijelaskan jika penyebab dari kendala pada Stang Motor biasanya dipengaruhi oleh komponen lainnya. Alhasil, kemudi menjadi goyang atau tidak stabil sehingga dapat mendatangkan resiko saat berkendara.

Supaya dapat segera melakukan diagnosa atas masalah tersebut, berikut beberapa penyebab Stang Motor goyang atau tidak stabil.

1. Buruknya Kondisi Ban Penyebab Stang Motor Goyang

Salah satu penyebab kendala pada stang motor biasanya terletak pada kondisi ban yang buruk. Misalnya saja kempes, ban menipis, atau penggunaan ban yang tidak sesuai dengan ukuran velg. Alhasil, motor menjadi goyang saat sedang digunakan.

2. Terjadi Kerusakan Velg Penyebab Stang Motor Goyang

Penyebab stang jadi goyang saat digunakan berikutnya adalah kerusakan pada Velg. Umumnya, motor akan jadi tidak stabil ketika velg mengalami bengkok akibat benturan dan faktor lainnya.

3. Komstir Motor Longgar Penyebab Stang Motor Goyang

Kendali motor biasanya sangat dipengaruhi oleh Komstir. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai indikasi penyebab stang menjadi goyang atau tidak stabil. Pada dasarnya komstir terletak di bagian rangka depan tepat diantara segitiga dudukan stang.

Motor akan menjadi goyang saat dikemudikan jika Komstir longgar akibat intensitas pemakaian. Jadi coba cek terlebih dahulu apakah komstir tersebut adalah penyebab stang jadi goyang.

4. Bearing Terlalu Longgar Penyebab Stang Motor Goyang

Bearing atau bagian tengah roda yang longgar juga dapat menjadi penyebab stang goyang atau tidak stabil. Adanya longgar juga disebabkan oleh bantalan peluru bulat dalam komponen bearing pecah. Alhasil, ban motor jadi goyang dan berimbas pada stang atau kemudi.

5. Kendala Segitiga Dudukan Stang Penyebab Stang Motor Goyang

Segitiga Dudukan Stang juga bisa menjadi penyebab hilang kestabilan motor saat digunakan. Perlu diketahui, Segitiga Dudukan Stang merupakan komponen penghubung antara Stang dengan garpu Shockbreaker.

Saat kedua garpu Shockbreaker tidak dipasang sejajar pada dudukan, maka stang motor menjadi goyang dan sulit dikemudikan. Itulah pentingnya melakukan pengukuran setelah pemasangan segitiga dudukan Stang.

6. Kendala pada Shockbreaker Penyebab Stang Goyang

Penyebab stang menjadi goyang adalah kendala pada Shockbreaker. Bisa jadi Shockbreaker mengalami kebocoran sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik saat menahan benturan. Alhasil, motor jadi goyang dan tidak dapat dikemudikan secara leluasa.

Dari beberapa opsi penjelasan di atas, maka Anda sudah mengetahui sumber masalah penyebab stang jadi goyang atau tidak stabil saat digunakan. Tentu saja hal tersebut tidak dapat dapat dibiarkan dan motor harus segera dilakukan penanganan.

Cara Memperbaiki Stang Motor Goyang

Karena sudah tahu akar masalah penyebab stang goyang tersebut, maka Kita akan membahas tentang cara memperbaikinya. Anda bisa membawa motor ke bengkel kepercayaan dan menyampaikan keluhan stang tersebut supaya mendapatkan penanganan optimal.

Supaya bisa mendapatkan gambaran tentang proses pemulihannya, berikut beberapa cara memperbaiki stang motor goyang.

1. Cek Kondisi Ban Motor

Cara memperbaiki stang motor goyang pertama adalah mengecek kondisi ban motor. Jika penyebab masalah di atas adalah ban kempes, maka coba tambahkan angin. Kemudian jika terdapat benjolan pada bagian ban, maka mau tidak mau penggantian harus dilakukan.

Selain itu, usahakan ukuran Ban sesuai dengan velg terpasang di sepeda motor. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya goyang atau tidak stabilnya motor saat digunakan.

2. Lakukan Press Velg

Apabila penyebab stang goyang tersebut adalah Velg bengkok, maka ada baiknya Anda membawa komponen tersebut pada penyedia jasa layanan Press. Nantinya velg akan ditangani secara tepat sehingga motor lebih nyaman digunakan.

3. Memperbaiki Komstir

Apabila Komstir longgar adalah penyebab stang goyang, maka Anda perlu untuk mengencangkan kembali komponen tersebut. Kemudian jika ternyata diketahui komstir motor sudah aus, maka penggantian komponen harus dilakukan.

4. Mengganti Bearing Roda

Selanjutnya tindakan perbaikan juga perlu dilakukan saat penyebab stang goyang terjadi akibat Bearing roda menjadi longgar. Karena biasanya bearing tersebut pecah di bagian bantalan peluru dalam, maka mau tidak mau solusinya adalah penggantian komponen.

5. Memperbaiki Shock Breaker

Selanjutnya cara memperbaiki stang motor goyang adalah dengan mengganti komponen Shockbreaker. Pasalnya jika hanya sebatas diperbaiki, maka masalah serupa akan terulang karena Shockbreaker tersebut tidak bisa bekerja secara optimal.

6. Sejajarkan Dudukan Segitiga Stang

Cara memperbaiki stang motor goyang adalah dengan mensejajarkan dudukan segitiga stang tersebut. Karena kedua garpu Shockbreaker sejajar, maka motor jadi lebih stabil sehingga nyaman saat digunakan berkemudi.

Setelah melakukan beberapa tindak perbaikan di atas, maka motor dapat berfungsi seperti semula dan berkendara akan jadi lebih nyaman. Apabila Anda penasaran dengan keseluruhan harganya jika dilakukan melalui bengkel, maka silahkan cek Biaya Servis Motor Honda.

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa Penyebab Stang Motor Goyang yang mungkin dialami oleh banyak pengendara sehingga mengurangi kenyamanan penggunaan. Apabila masih penasaran dengan masalah dan solusi seputar sepeda motor, maka nantikan update terbaru dari UjiKokoh.com.

Sumber Gambar: Admin UjiKokoh

Tinggalkan komentar