8 Perbedaan ADV CBS dan ABS 2021 : Harga, Warna & Fitur

Perbedaan ADV CBS dan ABS – Honda ADV merupakan skuter premium yang diproduksi oleh Astra Honda Motor, adapun pilihan skuter matik premium lainnya yang diproduksi oleh Astra Honda Motor adalah HONDA PCX dan Honda Forza.

Motor Honda ADV sendiri diproduksi menjadi dua tipe, yaitu tipe ABS dan CBS. Meskipun secara umum kedua tipe tersebut tidak memiliki perbedaan, namun tetap ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan jika diperhatikan lebih seksama.

Sejak awal kemunculannya pada tahun 2019, Honda ADV sudah terjual sebanyak 6.000 unit sampai pada akhir bulan Juli 2019. Kemudian pada akhir bulan November, Honda ADV sudah terjual sebanyak 37.857 unit. Hal tersebut tentunya membuat motor ini banyak yang menyukainya.

Bagi anda yang sekiranya merasa tertarik ingin membeli motor ADV, namun anda masih bingung ingin pilih ADV CBS atau ABS. Maka tidak ada salahnya apabila anda melihat informasi tentang perbedaan antara kedua tipe motor tersebut terlebih dahulu.

Apa Itu CBS dan ABS

Sebelum kami lanjutkan ke informasi utama yaitu perbedaan antara ADV CBS dan ABS, maka kami ingin membahas terlebih dahulu apa itu CBS dan ABS. Karena kedua hal tersebut merupakan poin utama dari pembahasan pada hari ini.

Sehingga alangkah baiknya apabila anda mengetahui terlebih dahulu pengertian CBS dan ABS untuk lebih mudah memahami perbedaan antara kedua hal tersebut. Berikut ini adalah penjelasan tentang apa itu CBS dan ABS secara lengkap.

Apa Itu CBS

Apa Itu CBS

CBS atau Combie Brake System merupakan teknologi pengereman yang mengkombinasikan antara rem depan dan belakang yang akan bekerja secara bersamaan hanya dengan menekan satu tuas rem, yaitu pada saat tuas rem belakang ditekan.

Hal tersebut bertujuan supaya sistem pengereman pada motor bisa bekerja lebih maksimal namun dapat dilakukan secara praktis. Karena hanya dengan menekan satu tuas rem saja, kedua roda motor sudah dapat melakukan pengereman secara bersamaan.

Apa Itu ABS

Apa Itu ABS

ABS atau Anti-lock Brake System merupakan teknologi pengereman yang difungsikan untuk menghindari slip pada saat dilakukan pengereman secara mendadak. Teknologi ini akan bekerja pada saat tuas rem ditekan secara mendadak, namun system rem tetap bekerja secara normal.

Pada tipe motor yang tidak mendukung fitur ABS, biasanya akan terjadi slip pada saat tuas rem ditekan secara mendadak. Terlebih lagi pada saat kampas rem masih bagus dan juga tipe rem yang digunakan adalah tipe piringan atau cakram.

Spesifikasi Honda ADV 150

Selain itu, informasi lainnya yang akan kami berikan untuk anda juga ialah spesifikasi Honda ADV 150, karena informasi ini juga bisa menjadi salah satu bahan perbandingan antara tipe CBS dan ABS. Sehingga anda dapat mengetahui perbedaan antara kedua tipe tersebut.

Barang kali saja terdapat perbedaan dari segi spesifikasi motornya, maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda untuk mengetahui juga spesifikasi motor Honda ADV 150 yang kami bahas perbedaan antara kedua tipenya tersebut.

Mesin
Tipe Mesin4 – Langkah, SOHC, eSP, Idling Stop System
Volume Silinder150 cc
Daya Maksimal10,7 kW ( 14,5 PS ) / 8.500 rpm
Torsi Maksimal13,8 Nm ( 1,34 kgf.m ) / 6.500 rpm
Sistem Bahan BakarPGM-FI
TransmisiAutomatic (V-matic)
Sistem StarterElektrik
Kompresi Rasio10,8:1
Kapasitas Tangki BBM8L
Rangka
RangkaDouble Cradle
Suspensi DepanTelescopic
Suspensi BelakangTwin Subtank Rear Suspension
Rem DepanHydraulic Disc
Rem BelakangHydraulic Disc
Ukuran Ban Depan110/80 – 14 M/C Tubeless
Ukuran Ban Belakang130/70 – 13 M/C Tubeless
Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi1.950 x 763 x 1.153 mm
Tinggi Tempat Duduk795 mm
Jarak Sumbu Roda1.324 mm
Jarak Terendah Ke Tanah165 mm
Berat132 kg ( Tipe CBS ), 133 kg ( Tipe ABS – ISS )
Kelistrikan
Baterai / AkiMF 12 V – 5 Ah
Lampu UtamaLED
Sistem PengapianFull Transisterized
BusiNGK MR8K-9

Perbedaan ADV CBS dan ABS

Apabila diperhatikan dari sisi spesifikasi motor diatas, Honda ADV CBS dan ABS tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Karena kedua tipe motor tersebut sama-sama menggunakan mesin 150 cc, kemudian memiliki tipe transmisi yang sama.

Selain itu, jika dilihat dari dimensi kedua tipe tersebut juga masih sama, namun tetap ada beberapa perbedaan yang bisa dilihat dari kedua tipe motor tersebut. Apabila anda merasa penasaran dengan perbedaan apa saja yang terdapat pada kedua tipe tersebut.

Maka anda bisa langsung melihat informasi tentang perbedaan Honda ADV CBS dan ABS secara lengkap dibawah ini.

Sistem Pengereman ADV CBS dan ABS

Perbedaan ADV CBS dan ABS

Perbedaan utama pada kedua tipe motor ini ialah terdapat pada sistem pengeremannya, dimana hal tersebut sesuai dengan nama tipe motor tersebut. Pada tipe CBS tentunya menggunakan sistem pengereman CBS, sedangkan pada tipe ABS menggunakan sistem pengereman ABS.

Adapun untuk perbedaan antara kedua sistem pengereman tersebut bisa anda lihat pada pengertian kedua sistem pengereman yang telah kami jelas diatas, supaya anda bisa lebih memahami perbedaan antara kedua tipe pengereman tersebut.

Speedometer ADV CBS dan ABS

Speedometer ADV CBS dan ABS

Perbedaan selanjutnya terdapat pada tampilan speedometer. Meskipun kedua tipe motor tersebut sama-sama menggunakan model speedometer digital, namun terdapat beberapa indikator yang tidak disajikan pada setiap tipe motor tersebut.

Seperti misalnya pada tipe CBS tidak memiliki indikator ABS. Dimana untuk indikator yang terdapat pada tipe CBS hanya sein, high beam, keyless, ESS, aki, level oli dan check engine. Begitu juga sebaliknya dengan tipe ABS.

Pilihan Warna ADV CBS dan ABS

Pilihan Warna ADV CBS dan ABS

Perbedaan selanjutnya antara kedua tipe Honda ADV tersebut ialah terdapat pada pilihan warna, dimana pilihan warna ADV CBS sedikit lebih banyak dibandingkan dengan tipe ABS. Adapun pilihan warna untuk ADV ABS adalah Matte Black Gold, White Gold dan Red.

Sedangkan untuk tipe CBS memiliki pilihan warna White Black, Matte Black, Red dan Matte Brown. Jadi untuk anda yang ingin memiliki pilihan warna lebih banyak, alangkah baiknya apabila anda memiliki tipe Honda ADV CBS.

Model Jok ADV CBS dan ABS

Model Jok ADV CBS dan ABS

Perbedaan yang selanjutnya terdapat pada warna jok yang digunakan, meskipun kedua tipe tersebut memiliki desain, dimensi dan ketebalan jok yang sama namun terdapat perbedaan pada warna jok.

Pada tipe ABS menggunakan model dual tone, yaitu warna hitam dan abu-abu, sedangkan pada tipe CBS menggunakan model single tone, yaitu warna hitam. Bagi anda yang sekiranya lebih suka dengan perpaduan dua warna, maka bisa memiliki Honda ADV ABS.

Lampu ESS ADV CBS dan ABS

Lampu ESS ADV CBS dan ABS

Lampu ESS atau Emergency Stop Signal merupakan lampu tanda bahaya yang akan aktif secara otomatis pada saat pengereman dilakukan secara mendadak. Nyala lampu ESS sama persis seperti lampu hazard, yaitu dua lampu sein yang nyala secara bersamaan. Hanya saja pada lampu ESS memiliki tempo kedipan yang jauh lebih cepat.

Fungsi lampu ESS sendiri sama persis seperti fungsi lampu hazard, yaitu untuk memberi tahukan pengendara yang ada dibelakangnya apabila sedang terjadi sesuatu. Sehingga pengendara yang dibelakang dapat menghindar. Dimana untuk tipe yang tersedia fitur ini hanya pada Honda ADV ABS saja.

Berat Kosong ADV CBS dan ABS

Berat Kosong ADV CBS dan ABS

Perbedaan selanjutnya pada kedua tipe motor Honda ini adalah berat motor itu sendiri, dimana tipe Honda ADV ABS jauh lebih berat dibandingkan ADV CBS. Berat kosong Honda ADV CBS adalah 132 kg. Sedangkan ADV ABS adalah 133 kg.

Meskipun selisih berat kosong kedua tipe tersebut hanya 1 kg, namun hal tersebut tetaplah menjadi perbedaan antara kedua tipe motor tersebut.

Emblem ADV CBS dan ABS

Emblem Honda ADV

Perbedaan yang berikutnya ialah terdapat pada emblem. Dimana emblem ADV ABS dibuat dengan model stiker, sedangkan untuk ADV CBS dibuat dengan model 3d timbul. Sehingga Honda ADV 150 CBS jauh lebih terkesan elegan dibandingkan ADV ABS.

Harga Honda ADV CBS dan ABS

Harga Honda ADV CBS dan ABS

Perbedaan yang terakhir terdapat pada harga kedua tipe motor tersebut. Harga Honda ADV 150 ABS memiliki harga jauh lebih mahal dibandingkan tipe CBS. Dimana untuk tipe ABS dibandrol dengan harga 38 juta rupiah, sedangkan tipe CBS dibandrol dengan harga 35 juta rupiah.

Akhir Kata

Nah, untuk anda yang sekiranya ingin membeli Honda ADV, alangkah baiknya pilih sesuai kebutuhan. Apabila anda membutuhkan sistem rem ABS, maka anda perlu mempersiapkan dana yang lebih banyak. Karena harga untuk tipe tersebut lebih mahal.

Dengan ini selesai sudah informasi tentang perbedaan ADV CBS dan ABS yang Ujikokoh.com dapat berikan, kami harap informasi tentang perbedaan tipe motor yang baru kami berikan diatas bisa menambah pengetahuan anda seputar motor.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *