15 Perbedaan Alphard dan Vellfire 2021 : Harga, Kelebihan & Kekurangan

Perbedaan Alphard dan Vellfire – Toyota merupakan perusahaan otomotif, robotik dan bioteknologi yang memiliki kantor pusat di Toyota, Aichi, Jepang yang didirikan sejak tahun 1937. Dan saat ini, Toyota Motor Corp. menjadi salah satu perusahaan penghasil mobil terbesar di dunia.

Sejak awal berdirinya perusahaan ini, sudah banyak sekali tipe mobil yang diproduksi. Mulai dari tipe mobil sport, SUV, MPV sampai dengan mobil sedan. Kemudian Toyota juga memiliki anak cabang, yaitu Lexus yang merupakan anak perusahaan untuk memproduksi tipe mobil mewah.

Di Indonesia sendiri, mobil Toyota menjadi salah satu incaran para konsumen. Karena mobil – mobil keluaran Toyota terkenal memiliki desain modern dan telah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Selain itu, dari sisi performa mesin mobil Toyota juga menjadi salah satu bahan pertimbangan para konsumen.

Toyota juga terkenal akan tipe mobil MPV premiumnya, yaitu Toyota Alphard dan Vellfire. Kedua tipe mobil ini sebenarnya memiliki base yang sama. Karena mobil Toyota Vellfire juga sebenarnya masih termasuk kedalam salah satu varian Toyota Alphard, hanya saja dibuat dengan desain berbeda.

Perbedaan Alphard dan Vellfire

Perbedaan Alphard dan Vellfire

Dan pada kesempatan hari ini, Ujikokoh.com ingin memberikan informasi seputar perbedaan Toyota Alphard dan Vellfire. Barang kali saja diantara anda ada yang bertanya-tanya dan merasa penasaran dengan apa perbedaan Alphard dan Vellfire?

Maka dari itu kami ingin membantu anda dengan memberikan informasi ini. Jadi untuk anda yang penasaran dengan perbedaan kedua mobil Toyota tersebut bisa mengetahuinya. Karena memang kedua tipe mobil Toyota ini memiliki sedikit sekali perbedaan.

Varian Toyota Alphard dan Vellfire

Varian Toyota Alphard dan Vellfire

Perbedaan pertama terdapat pada varian mobil. Dimana Toyota Alphard memiliki varian jauh lebih banyak. Toyota Alphard menawarkan 3 varian mobil dengan dua varian mesin berbeda. Sedangkan untuk Toyota Vellfire hanya menawarkan 1 varian mobil dan 1 varian mesin juga. Sehingga perbedaan pertama sudah sangat jelas terlihat dari sisi variannya.

Varian Toyota Alphard itu sendiri diantaranya adalah 2.5 G A/T, 2.5 X A/T dan 3.5 Q A/T. Sedangkan untuk varian yang ditawarkan Toyota Vellfire hanya 2.5 G A/T. Sehingga pilihan varian lebih condong ke Toyota Alphard karena pilihan variannya jauh lebih banyak.

Konsep Toyota Alphard dan Vellfire

Konsep Toyota Alphard dan Vellfire

Sedangkan perbedaan yang kedua terdapat pada konsep mobil itu sendiri. Dimana mobil Toyota Alphard lebih condong mengusung konsep mewah dan kenyamanan. Sedangkan untuk Toyota Vellfire lebih condong mengusung konsep sporty.

Meskipun kedua mobil Toyota tersebut sama-sama masuk kedalam jajaran kelas mobil MPV premium. Namun apabila diperhatikan secara seksama, kedua mobil MPV premium tersebut memiliki konsep dasar yang sangat berbeda. Hal tersebutlah yang menjadi tujuan utama dibuatnya juga Toyota Vellfire.

Eksterior Toyota Alphard dan Vellfire

Eksterior Toyota Alphard dan Vellfire

Karena mengusung konsep berbeda, sudah pasti perbedaan selanjutnya terdapat pada desain mobil itu sendiri. Apabila dilihat secara seklias, eksterior kedua mobil ini memang hampir sama. Namun jika diperhatikan dengan seksama, kedua mobil ini memiliki perbedaan sangat terlihat jelas.

Perbedaan tersebut terdapat pada bentuk grille depan dibuat dengan konsep berbeda. Dimana grille depan Alphard dibuat lebih elegan dan mewah. Sedangkan grille depan Vellfire dibuat lebih sporty dan terlihat lebih kekar. Meskipun untuk desain lampu kabut dan lampu utama terlihat sama.

Interior Toyota Alphard dan Vellfire

Interior Toyota Alphard dan Vellfire

Sedangkan perbedaan dari sisi interior mungkin tidak akan begitu terasa, karena model kursi yang digunakan antara kedua mobil MPV premium Toyota ini sama. Yaitu menggunakan model captain seat yang terpasang pada bagian baris tengah.

Namun, jika diperhatikan lebih rinci. Desain interior kedua mobil tersebut memiliki perbedaan pada bagian panel. Jika Toyota Alphard banyak menggunakan unsur kayu untuk backpanel nya. Sedangkan Toyota Vellfire menggunakan backpanel plastik.

Dimensi Toyota Alphard dan Vellfire

Dimensi Toyota Alphard dan Vellfire

Sedangkan untuk dimensi antara mobil kedua mobil ini memiliki ukuran sama persis, perbedaan antara kedua mobil tersebut hanya pada panjang mobil. Jika Toyota Vellfire memiliki panjang 4,930 mm. Sedangkan Toyota Alphard memiliki panjang 4,915 mm.

Jadi mobil Alphard sedikit lebih pendek 15 mm dibandingkan dengan mobil Vellfire. Sedangkan untuk dimensi lain memiliki ukuran sama persis, mulai dari lebar, tinggi, wheelbase sampai dengan ground clearance kedua mobil Toyota ini juga sama.

Fitur Safety Toyota Alphard dan Vellfire

Fitur Safety Toyota Alphard dan Vellfire

Pada bagian fitur keamanan, kedua mobil ini juga memiliki banyak kesamaan. Bahkan hampir semua fiturnya sama. Perbedaan pada fitur keselamatan hanya terdapat pada fitur RCTA (Rear Cross Traffic Alert) saja. Dimana fitur tersebut hanya dimiliki oleh Toyota Alphard.

Sedangkan fitur keselamatan lainnya sama semua, seperti misalnya fitur Pre Collosion System (PCS), Adaptive Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Control, Automatic High Beam (AHB), BSM (Blind Spot Monitor) dan beberapa fitur lainnya.

Fitur Hiburan Toyota Alphard dan Vellfire

Fitur Hiburan Mobil Toyota

Sedangkan dari sisi hiburannya, kedua mobil Toyota ini telah dilengkapi dengan fitur yang sama. Beberapa fitur hiburan tersebut diantaranya adalah head unit yang sudah menggunakan model 2DIN layar sentuh berukuran 9 inci yang dapat digunakan sebagai media hiburan dan lainnya.

Kemudian telah dilengkapi juga dengan adanya hiburan pada bagian kursi belakang dengan adanya layar LCD 13 inci yang dapat terhubung dengan HDMI connector ataupun phone mirroring. Sehingga perjalanan anda menjadi lebih menyenangkan.

Mesin Toyota Alphard dan Vellfire

Mesin Mobil Toyota

Sedangkan dari sisi mesinnya, kedua mobil ini tidak memiliki perbedaan sama sekali. Karena mobil Alphard dan Vellfire sama – sama menggunakan mesin dengan seri 2AR-FE untuk kapasitas mesin 2.5L menggunakan 4 buah silinder segaris, 16 katup DOHC, Dual VVT-i.

Dengan kemampuan daya maksimlanya adalah 180 PS dan memiliki torsi maksimal mencapai 23.9 Kgm. Sedangkan untuk sistem bahan bakar yang digunakan kedua mobil Toyota ini pun sama, yaitu EFI (Electronic Fuel Injection).

Harga Toyota Alphard dan Vellfire

Harga Toyota Alphard dan Vellfire

Untuk soal harga, kedua mobil ini juga sebenarnya memiliki harga yang sama. Seperti misalnya untuk varian 2.5 G A/T, baik Toyota Alphard dan Vellfire sama – sama dibandrol dengan harga 1.22 miliar.

Akan tetapi, karena Toyota Alphard memiliki beberapa varian lainnya, yaitu varian 2.5 X A/T yang dibandrol dengan harga 1,06 miliar dan 3.5 Q A/T yang dibandrol dengan harga 1.98 miliar. Sehingga terdapat perbedaan harga.

Biaya Service Toyota Alphard dan Vellfire

Biaya Service Mobil Toyota

Untuk BIAYA SERVICE MOBIL TOYOTA ini sendiri memiliki sedikit perbedaan. Dimana biaya service mobil Toyota Alphard sedikit lebih mahal dibandingkan dengan biaya service mobil Vellfire, dimana selisihnya bisa mencapai 200 ribu rupiah lebih.

Jadi hal tersebut bisa menjadi perbandingkan bagi mereka yang ingin membeli mobil Alphard atau Vellfire. Meskipun kedua mobil ini memiliki sedikit perbedaan, namun tetap ada perbedaan yang signifikan yang akan dirasakan oleh para penggunanya.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dan Kekurangan

Setelah anda mengetahui apa saja yang menjadi perbedaan antara kedua mobil tersebut, maka anda juga harus mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan antara kedua mobil Toyota ini.

Supaya untuk anda yang masih merasa bimbang ingin membeli mobil Toyota Alphard atau Vellfire bisa menentukan pilihan yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota Vellfire vs Alphard.

Kelebihan Alphard dan Vellfire

Toyota AlphardToyota Vellfire
Lebih banyak dikenal masyarakatInterior terasa lega dan mewah
Interior terasa lega dan mewahEksterior lebih terlihat modern
Dilengkapi fitur canggihDilengkapi fitur canggih
Mesin bertenaga, terutama varian 3.5 GHarga jauh lebih murah
Desain kabin lebih praktis

Kekurangan Alphard dan Vellfire

Toyota AlphardToyota Vellfire
Harga bekas turun drastisHanya tersedia 1 varian
Handling masih kurang lincahSpesifikasi sama dengan varian sebelumnya
Harga beli semakin bertambah tinggi

Jadi secara keseluruhan, kedua mobil ini masih memiliki kesamaan. Meskipun terdapat perbedaan, akan tetapi perbedaan tersebut bukanlah perbedaan yang sangat signifikan. Karena memang Toyota Vellfire merupakan versi lain Toyota Alphard gen kedua.

Dengan ini selesai sudah informasi yang sekiranya dapat kami berikan anda-anda semuanya, mudah-mudahan saja informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa menambah wawasan anda seputar dunia otomotif.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *