3 Perbedaan Baut dan Mur : Jenis, Fungsi & Harga

Advertisements

Perbedaan Baut dan Mur – Kembali lagi pada kesempatan hari ini kami ingin memberikan informasi mengenai seputar dunia otomotif, dimana untuk informasi yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini adalah mengenai perbedaan baut dan mur. Dimana kedua benda tersebut sudah pasti akan ditemukan pada kendaraan bermotor.

Nah, untuk kalian yang sekiranya belum mengetahui tentang baut dan mur, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan. karena selain memberikan informasi perbedaan baut dan mur, kami juga akan memberikan beberapa informasi lainnya.

Sehingga kalian tidak hanya mengetahui perbedaan kedua benda tersebut saja, melainkan juga mengetahui beberapa informasi lainnya yang berhubungan dengan hal tersebut. Oleh karena itu, kami sarankan kepada kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang akan kami berikan.

Advertisements

Apabila kalian sekiranya sudah ingin mengetahui informasi mengenai perbedaan baut dan mur yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini secara lengkap, maka kalian bisa langsung melihat informasi yang akan kami berikan tersebut secara lengkap dan jelas dibawah ini.

Perbedaan Baut dan Mur
Sumber: indotrading.com
Advertisements

Apa Itu Baut dan Mur

Baut adalah sebuah batang silinder dengan adanya ulir pada bagian silinder dan dilengkapi dengan kepala pada salah satu ujungnya. Pada umumnya, kepala baut memiliki bentuk segi empat atau segi enam. Dengan panjang ulir baut sendiri bervariasi sesuai dengan kebutuhan.

Panjang ulir pada baut sendiri terkadang ada yang full pada seluruh silinder dan terkadang ada juga yang hanya sebagian, hal tersebut kembali merujuk kepada kebutuhan. Bahan utama pembuatan baut umumnya adalah baja lunak, baja tahan karat, baja paduan dan kuningan.

Mur adalah sebuah benda berbentuk segi empat atau segi enam yang merupakan pasangan dari bolt. Ulir pada mur sendiri berada pada bagian dalam, dengan jumlah ulir lebih sedikit dibandingkan dengan bolt. Kemudian jumlah ulir pada mur juga biasanya tetap atau sama saja untuk setiap ukuran.

Bahan utama pembuatan mur sendiri umumnya adalah baja lunak, meskipun terkadang dapat terbuat juga dari logam. Hal tersebut kembali merujuk kepada kebutuhan, dimana penempatan mur tersebut akan digunakan. Akan tetapi untuk jenis mur biasa, terbuat dari bahan baja lunak.

Fungsi Baut dan Mur

Secara umum fungsi baut dan mur adalah untuk mengikat dua benda logam menjadi satu. Seperti misalnya untuk memasangkan plat nomor, dan beberapa benda lainnya. Meskipun kebanyakan komponen pada kendaraan terpasang menggunakan bolt saja, tanpa adanya nut untuk mengikat.

Akan tetapi nut sendiri biasanya akan digunakan dengan bolt, karena tanpa adanya bolt, nut tersebut tidak dapat digunakan. Meskipun baut sendiri tetap dapat digunakan meskipun tidak ada atau tanpa nut.

Jenis Baut dan Mur

Setelah mengetahui fungsi dari kedua benda tersebut, maka saatnya kalian mengetahui apa saja jenis-jenis baut dan mur. Karena kedua benda tersebut memiliki banyak jenis. Dimana untuk jenis-jenis kedua benda tersebut lebih condong kepada bentuk, sedangkan untuk dari bahan pembuatan masih sama saja.

Jenis-Jenis Baut

  • Hexagonal Bolt
  • Hexagonal Bolt dengan Flange
  • Stud Bolt
  • Square Head Bolt
  • Point Head Bolt
  • Carriage Bolt
  • hex Socket Head Bolt
  • Hexalobular Hole Bolt
  • U Bolt

Jenis-Jenis Mur

  • Hexagonal Nut
  • Hexagonal Nut dengan Flange
  • Capped Nut
  • Castle Nut dengan Cotter Pin
  • Wing Nut

Perbedaan Baut dan Mur

Setelah mengetahui beberapa hal tentang hal tersebut, lantas apa yang menjadi perbedaan mur dan baut tersebut. Apabila dilihat dari bentuknya, perbedaan dari kedua benda tersebut sudah sangat terlihat jelas. Akan tetapi masih ada beberapa perbedaan lagi yang ada pada kedua benda tersebut.

1. Bentuk

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, kedua benda tersebut memiliki perbedaan yang sangat terlihat jelas, dimana baut memiliki bentuk dengan silinder dan memiliki kepala pada bagian salah satu ujungnya. Sedangkan untuk mur sendiri memiliki bentuk seperti kepala bolt namun memiliki ulir pada bagian dalamnya.

2. Ulir

Selain itu, perbedaan selanjutnya adalah dari ulir, dimana bolt memiliki ulir jauh lebih panjang dibandingkan dengan nut. Karena mur sendiri memiliki jumlah ulir sesuai dengan bentuknya, sehingga akan lebih sedikit. Sedangkan baut memiliki ulir dengan panjang yang disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Pembuatan

Dengan berbedanya bentuk dari kedua benda tersebut, maka hal tersebut akan berpengaruh dengan proses pembuatan. Dimana proses pembuatan kedua benda tersebut sudah akan berbeda, melihat bentuk dari kedua benda tersebut juga sudah berbeda. Meskipun bahan utama yang digunakan untuk membuat terkadang sama.

Harga Baut dan Mur

Harga baut dan mur sendiri bervariasi, berdasarkan dari panjang atau ukuran dan bahan. Ada yang harganya mulai dari ribuan rupiah sampai dengan puluhan ribu rupiah, hal tersebut kembali lagi berdasarkan dari panjang atau ukuran dan juga bahan yang digunakan untuk membuat bolt dan nut tersebut.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian dulu informasi mengenai perbedaan mur dan baut yang dapat Uji Kokoh berikan pada kesempatan hari ini, semoga saja informasi yang baru kami berikan diatas tadi dapat memberikan tambahan informasi bagi kalian semuanya. Terlebih lagi untuk kalian yang belum mengetahui informasi tersebut.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *