3 Perbedaan Beat CBS dan CBS ISS 2021 : Fitur, Spesifikasi & Harga

Perbedaan Beat CBS dan CBS ISS – Honda Beat merupakan salah satu skuter matik yang diproduksi oleh pabrikan Honda, dimana skuter ini sudah mulai diproduksi sejak tahun 2008 dan sampai saat ini masih tetap diproduksi.

Dari awal kemunculannya sampai saat ini, Honda Beat sudah menghasilkan 3 generasi. Dimana Honda Beat gen pertama mulai diproduksi pada tahun 2008 sampai dengan tahun 2012, kemudian Honda Beat gen kedua mulai diproduksi dari tahun 2012 sampai 2016.

Sedangkan untuk Beat gen ketiga mulai diproduksi sejak tahun 2016 sampai saat ini. Beat gen ketiga ini juga menjadi salah satu tipe yang sudah banyak mendapatkan pengembangan, karena sejumlah fitur canggih sudah disematkan kedalam motor ini.

Beberapa fitur tersebut diantaranya adalah teknologi eSP serta dilengkapi dengan teknologi CBS dan ISS. Fitur CBS dan ISS saat ini menjadi teknologi terakhir yang digunakan pada mesin Beat keluaran terbaru saat ini.

Apa Itu CBS dan ISS

Sebelum kami lanjutkan ke informasi perbedaan Honda Beat CBS dan CBS ISS, maka ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu apa itu CBS dan ISS. Karena kedua hal tersebutlah yang akan menjadi fokus point utama pada kesempatan hari ini.

Sehingga ada baiknya apabila anda mengetahui terlebih dahulu pengertian CBS dan ISS terlebih dahulu supaya lebih mudah untuk memahami perbedaan kedua hal tersebut. Untuk informasi lengkapnya seputar pengertian CBS dan ISS sendiri bisa langsung anda lihat dibawah ini.

CBS (Combi Brake System)

Pengertian CBS Combi Brake System

CBS atau Combi Brake System merupakan salah satu sistem rem terbaru yang dibuat oleh Honda. Dimana sistem ini akan mengkombinasikan sistem rem belakang dengan rem depan menjadi satu.

Sehingga para pengguna cukup menekan satu handel rem dan kedua rem pada motor sudah langsung dapat bekerja tanpa harus memegang dua handle untuk mengaktifkan kedua rem tersebut.

ISS (Idling Stop System)

Pengertian ISS Idling Stop System

ISS atau Idling Stop System merupakan teknologi terbaru yang disematkan kedalam mesin Honda Beat, dimana teknologi ini akan bekerja mematikan mesin secara otomatis pada posisi gas dalam kondisi kosong.

Namun kondisi mesin tidak benar-benar dalam kondisi mati. Ketika tuas gas kembali ditarik, maka mesin akan langsung menyala tanpa harus menekan tombol start. Teknologi ini hanya membutuhkan waktu 3 detik saja setelah berhenti dan gas dalam keadaan kosong.

Perbedaan Beat CBS dan CBS ISS

Perbedaan Beat CBS dan CBS ISS

Lantas apa saja perbedaan untuk kedua tipe motor tersebut, karena Beat sendiri dipasarkan dalam ke beberapa tipe yang diantaranya adalah Honda Beat CBS, CBS ISS, Beat Street dan Beat Deluxe yang merupakan tipe terbaru saat ini.

Nah, untuk anda yang sekiranya ingin membeli Beat namun belum mengetahui perbedaan antara setiap tipenya, terutama untuk tipe CBS dan CBS ISS. Maka anda bisa langsung melihat beberapa perbedaan yang terdapat pada kedua tipe motor tersebut.

Fitur Honda Beat CBS dan ISS

Fitur Honda Beat CBS dan ISS

Perbedaan utama pada kedua tipe motor tersebut tentunya terdapat pada bagian fitur, karena CBS dan ISS merupakan salah satu fitur yang terdapat pada motor tersebut. Namu untuk beberapa fitur lainnya yang disematkan antara kedua tipe tersebut selebihnya sama.

Seperti misalnya fitur keyless entry, lampu utama yang sudah menggunakan LED, kemudian pada bagian speedometer telah menggunakan speedometer digital. Dilengkapi juga dengan teknologi ECO agar bahan bakar lebih hemat.

Spesifikasi Honda Beat CBS dan ISS

Spesifikasi Honda Beat

Sedangkan dari sisi spesifikasi, kedua tipe motor tersebut tidak memiliki perbedaan sama sekali. Karena kedua tipe motor tersebut menggunakan jenis mesin yang sama, kemudian kapasitas mesin kedua motor tersebut juga sama.

Hanya saja untuk mesin tipe CBS tidak dilengkapi dengan teknologi ISS. Hal tersebutlah yang menjadikan perbedaan antara kedua tipe beat tersebut. Sedangkan untuk sistem rem pada kedua motor ini juga sama, karena pada tipe Honda Beat ISS juga telah dilengkapi teknologi CBS.

Harga Honda Beat CBS dan ISS

Harga Honda Beat CBS dan CBS ISS

Perbedaan selanjutnya terdapat pada harga motor tersebut. Dimana harga Honda Beat CBS ISS tentunya akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan harga Honda Beat CBS, hal tersebut dikarenakan terdapat perbedaan pada teknologi yang disematkan pada mesin.

Hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap BIAYA PAJAK HONDA BEAT, karena terdapat perbedaan harga sehingga biaya pajak yang dikeluarkan juga tentunya akan berbeda. Sehingga ada baiknya jika anda yang ingin membeli motor Beat, pilihlah tipe yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Kesimpulan

Jadi perbedaan paling utama yang terdapat pada kedua tipe Honda Beat tersebut ialah terdapat pada bagian teknologi mesin. Karena pada tipe CBS tidak dilengkapi dengan adanya teknologi ISS pada mesinnya. Perbedaan tersebut juga menjadi pengaruh terhadap harga motor itu sendiri.

Jadi untuk anda yang sekiranya tidak terlalu mementingkan perbedaan antara kedua tipe tersebut. Maka alangkah baiknya jika anda membeli Honda Beat CBS, karena harganya lebih murah.

Dengan ini selesai sudah informasi yang sekiranya Ujikokoh.com dapat berikan pada kesempatan hari ini, semoga saja informasi tentang perbedaan motor yang baru saja kami bahas diatas bisa memberikan tambahan pengetahuan bagi anda.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *