5 Perbedaan Epoxy Primer dan Epoxy Filler

Advertisements

Perbedaan Epoxy Primer dan Epoxy Filler – Pada kesempatan ini kami ingin sedikit memberikan penjelasan tentang perbedaan epoxy, dimana epoxy ini sendiri digunakan pada saat proses cat mobil atau motor. Meskipun secara umum epoxy juga dapat digunakan sebagai bahan cat media lain.

Untuk biaya cat motor atau mobil biasanya sudah termasuk untuk biaya pembelian epoxy dan cat yang akan digunakan. Oleh karena itu, biaya cat mobil atau motor biasanya tergolong cukup mahal, karena proses pengecatan sendiri membutuhkan banyak bahan selain cat itu sendiri.

Epoxy sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya ada epoxy primer dan epoxy filler. Meskipun kedua jenis epoxy tersebut memiliki fungsi utama yang kurang lebih sama, namun terdapat banyak perbedaan yang signifikan apabila diperhatikan secara lebih mendalam.

Advertisements

Untuk kalian yang sekiranya ingin mengetahui apa saja perbedaan epoxy primer dan epoxy filler, maka kami sarankan kepada kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan. Sehingga kalian akan mengetahui perbedaan antara kedua epoxy tersebut.

Perbedaan Epoxy Primer dan Epoxy Filler
Sumber: Tokopedia.com
Advertisements

Apa Itu Epoxy Primer dan Epoxy Filler

Epoxy primer adalah cairan untuk lapisan cat dasar dengan bahan utama yang terbuat dari campuran resin dan juga hardener. Sedangkan epoxy filler adalah cairan untuk lapisan cat dasar dengan bahan utama yang digunakan untuk membuat epoxy ini adalah dari hardener.

Jadi secara umum, kedua epoxy ini memiliki fungsi yang kurang lebih sama saja, yaitu sebagai pelapis cat dasar sesuai dengan pengertian epoxy secara umum. Cairan epoxy ini biasanya diaplikasikan sebelum cat utama diberikan pada media yang akan dicat.

Perbedaan Epoxy Primer dan Epoxy Filler

Meskipun secara umum kedua epoxy ini memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai lapisan cat dasar, namun ada beberapa perbedaan yang perlu diketahui. Karena jenis epoxy sendiri harus sesuai dengan media yang akan digunakan, karena tidak sedikit orang salah memilih jenis epoxy dengan media yang akan digunakan.

Untuk itu, kalian harus mengetahui apa saja perbedaan epoxy primer dan epoxy filler yang dapat kalian lihat secara lengkap dibawah ini.

1. Bahan Dasar

Seperti yang sudah kami sedikit jelaskan diatas, bahan dasar pembuatan kedua epoxy ini memiliki perbedaan. Dimana bahan dasar pembuatan epoxy primer adalah resin dan hardener. Sedangkan untuk bahan pembuatan epoxy filler hanya hardener saja.

Dari bahan utama yang digunakan untuk membuat epoxy tersebut saja sudah sangat berbeda. Dan dari bahan utama ini juga nantinya akan berpengaruh terhadap media yang akan digunakan. Karena kedua epoxy ini sendiri memiliki media penerapan yang berbeda.

2. Fungsi Epoxy

Fungsi epoxy sendiri secara umum adalah sebagai cat lapisan dasar atau utama sebelum dilakukan pengecatan dengan bahan cat utama. Namun kedua epoxy ini memiliki fungsi berbeda. Dimana fungsi epoxy primer lebih sebagai lapisan pelindung yang dapat menjaga ketahanan cat nantinya.

Sedangkan untuk fungsi epoxy filler adalah untuk memperhalus permukaan material atau media yang akan dicat. Namun epoxy filler tidak memiliki kemampuan untuk melindungi cat, hanya saja dapat menjadikan permukaan material atau media yang akan dicat menjadi lebih halus.

3. Pengaplikasian Epoxy

Berdasarkan dari fungsi epoxy yang telah kami jelaskan diatas, pengaplikasian kedua jenis epoxy ini juga memiliki perbedaan. Dimana epoxy primer dapat langsung diaplikasikan sebagai lapisan cat dasar, sebelum nantinya baru diaplikasikan cat utama pada media yang akan dicat.

Sedangkan untuk epoxy filler biasanya diaplikasikan pada lapisan kedua, lebih tepatnya diaplikasi diatas dempul. Pada saat proses perbaikan body menggunakan dempul biasanya akan terdapat permukaan yang tidak rata atau berlubang. Dan untuk menghilangkan permukaan tidak rata dan berlubang tersebut biasanya menggunakan epoxy filler.

4. Varian Warna

Perbedaan selanjutnya dari kedua epoxy ini adalah varian warna epoxy yang ditawarkan. Dimana untuk jenis epoxy primer umumnya hanya menyediakan satu varian warna, yaitu warna abu-abu. Sedangkan epoxy filler menawarkan banyak varian warna, mulai abu-abu, putih, biru dan kuning.

5. Harga Epoxy

Sedangkan perbedaan terakhir adalah harga kedua jenis epoxy tersebut. Dimana harga kedua jenis epoxy ini memiliki perbedaan, harga epoxy primer biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga epoxy filler. Meskipun ada juga harga epoxy primer yang mahal, namun tergantung dari merk epoxy itu sendiri.

Merk Epoxy Primer dan Epoxy Filler

Untuk kalian yang sekiranya ingin membeli epoxy primer atau filler, namun belum mengetahui merk epoxy apa yang terbaik. Maka akan kami sarankan beberapa pilihan merk epoxy yang bisa kalian pilih. Dimana beberapa pilihan epoxy terbaik menurut kami diantaranya adalah sebagai berikut:

  • AkzonNobel
  • Alfaglos
  • Nippon Paint
  • Dana paint
  • Penta Prima
  • Belkote
  • Catina
  • Milan
  • Puffin

Akhir Kata

Demikian itu informasi mengenai perbedaan epoxy primer dan epoxy filler yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan informasi yang baru saja kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan informasi bagi kalian semuanya yang memang sedang membutuhkan.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *