5 Perbedaan Karburator dan Injeksi yang Wajib Diketahui

Perbedaan Karburator dan Injeksi – Motor dengan teknologi Injeksi telah diproduksi oleh banyak perusahaan ternama. Meskipun demikian, beberapa diantaranya masih setia menggunakan sistem Karburator.

Antara motor Injeksi dan Karburator memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebelum kami jelaskan lebih jauh, tahukah kalian apa saja perbedaan antara kedunya.

Jadi, antara Karbu dan Injeksi memiliki perbedaan yang cukup signifikan di beberapa sektor. Misal, pada sektor penggunaan bahan bakar, motor Injeksi jauh lebih irit dibanding motor karburator.

Teknologi Injeksi biasanya terpasang pada motor-motor keluaran terbaru. Alasan utama para produsen motor menyematkan teknologi tersebut agar penggunaan bahan bakar lebih efisien.

Inilah Perbedaan Karburator dan Injeksi yang Wajib Diketahui

Inilah Perbedaan Karburator dan Injeksi yang Wajib Diketahui

Namun motor Karbu juga memiliki keunggulan yang wajib kalian ketahui. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak perbedaan hingga kelebihan dan kekurangan antara motor Karbu dan Injeksi dibawah ini.

Perbedaan Karburator dan Injeksi

Sebelum kami jelaskan terkait perbedaannya, tahukah kalian apa itu Karburator dan Injeksi? Bagi yang belum tahu, Karburator merupakan sebuah komponen yang berperan mencampurkan bensin dengan hembusan udara yang akan masuk kedalam ruang bakar.

Sedangkan Injekasi adalah teknologi di dalam mesin pembakaran yang bertugas untuk mencampur udara dan bahan bakar sebelum dibakar sehingga lebih efisien. Lalu apa sajakah perbedaan antara keduanya? simak jawabannya berikut ini :

1. Proses Penghisapan Bensin

Proses Penghisapan Bensin

Perbedaan antara kedua komponen diatas bisa dilihat dari proses penghisapan bahan bakar. Untuk motor Injeksi sudah mendukung teknologi Injektor yang bertugas menyemprotkan bensin ke ruang pembakaran. Sedangkan motor Karbu masih mengdalkan hisapan dari pergerakan piston dan silinder.

2. Penggunaan Bahan Bakar

Penggunaan Bahan Bakar

Kemudian penggunaan motor Injeksi juga lebih irit dari segi penggunaan bahan bakar. Sebab, teknologi tersebut mampu memberikan bensin ke ruang bakar sesuai kebutuhan. Berbeda dengan motor Karbu dimana irit tidaknya penggunaan bahan bakar tergantung pada pergerekan piston.

3. Penyaluran Bahan Bakar

Penyaluran Bahan Bakar

Perbedaan antara Karbu dan Injeksi juga terletak pada proses penyaluran bahan bakar. Untuk motor Injeksi sudah mengandalkan teknologi Injektor sehingga lebih akurat. Sedangkan Karbu belum mendukung teknologi apapun, melainkan masih setia dengan sistem buka tutup skep.

4. Perbedaan Dari Segi Kepraktisan

Perbedaan dari Segi Kepraktisan

Kemudian dari segi kepraktisan terutama saat melakukan servis, motor Injeksi juga lebih unggul dari motor Karbu. Sebab, motor dengan teknologi tersebut hanya perlu membuka filter udara untuk membersihkannya. Di sisi lain, untuk motor Karbu kalian perlu membongkar badan Karbu dan membersihkannya dengan kompresor udara. Namun untukjenis perawatan lainnya seperti MEMBERSIHKAN RANTAI MOTOR keduanya sama-sama mudah.

5. Harga Jual

Harga Jual

Dari beberapa perbedaan diatas, mungkin bisa disimpulkan jika motor dengan teknologi Injekasi lkebih unggul daripada motor Karbu. Oleh karena itu, harga motor Injeksi lebih mahal dari motor Karbu dengan selisih mencapai Rp. 500.000.

Dengan perbedaan harga yang cukup jauh, menjadikan motor Karbu masih memiliki banyak peminat hingga saat ini. Disamping itu, motor yang masih menggunakan Karburator juga memiliki peforma yang tidak beda jauh dengan motor Injeksi.

Sampai disini, tentu kalian setuju jika motor Injeksi memiliki keunggulan dari segi penggunaan bahan bakar hingga kepraktisan. Meskipun demikian, seperti yang Ujikokoh.com sajikan diatas bahwa motor Injeksi memasang harga yang lebih mahal dari motor Karbu.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *