4 Perbedaan Mobil Hatchback dan Sedan : Ciri-Ciri & Bentuk Bodi

Advertisements

Perbedaan Mobil Hatchback dan Sedan – Mobil merupakan salah satu alat transaportasi darat yang menjadi banyak pilihan orang saat ini. Karena dengan menggunakan mobil, anda dapat berpergian dengan lebih nyaman ditambah dapat membawa banyak barang bawaan.

Model mobil sendiri saat ini sudah ada banyak sekali, seperti misalnya model mobil SUV, Sedan, Offroad dan beberapa model lainnya. Dan salah satu model mobil yang paling cukup banyak diminati ialah model mobil sedan dan hatchback.

Lantas, apakah anda mengetahui perbedaan hatchback dan sedan? karena jika dilihat secara biasa model sedan hampir sama dengan model hatchback. Namun jika diperhatikan lebih detail lagi, kedua model mobil tersebut ternyata memiliki perbedaan.

Advertisements

Untuk anda yang sekiranya ingin mengetahui apa saja perbedaan mobil hatchback dan sedan, maka tidak ada salahnya apabila anda melihat terlebih dahulu informasi tentang perbedaan kedua model mobil tersebut yang pada kesempatan ini coba kami berikan.

Perbedaan Mobil Hatchback dan Sedan
Advertisements

Apa Itu Mobil Hatchback dan Sedan

Sebelum kami bahas lebih lanjut perbedaan kedua mobil tersebut, alangkah baiknya jika anda mengetahui pengertian kedua model mobil tersebut. Dengan memahami apa itu hatchback dan sedan. Maka akan terlihat sedikit perbedaan dari kedua mobil tersebut.

Apa Itu Mobil Hatchback

Mobil hatchback adalah jenis mobil penumpang 2 (dua) box dengan basis utama sedan, namun pada bagian bagasi memiliki ukuran lebih pendek dengan pintu bagasi menyatu dengan bagian belakang mobil.

Mobil hatchback sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu hatchback mini (city car), hatchback kecil dan hatchback kompak. Seperti contohnya adalah HONDA CITY HATCHBACK, dimana mobil ini termasuk kedalam jenis mobil hatchback kompak karena ukurannya lebih panjang.

Apa Itu Mobil Sedan

Mobil sedan adalah merupakan salah satu tipe mobil penumpang yang menawarkan 3 (tiga) konfigurasi, yaitu sedan biasa, station wagon dan hatchback. Oleh karena itu, hatchback menggunakan basis utama sedan karena termasuk kedalam salah satu model sedan.

Mobil sedan umumnya terdiri dari dua baris tempat duduk, dengan jumlah maksimal penumpang termasuk dengan pengemudi adalah 5 sampai 6 orang. Kemudian memiliki bentuk panjang dengan model bagasi terpisah dari bagian mobil, sehingga bentuknya lebih panjang.

Perbedaan Mobil Hatchback dan Sedan

Setelah mengetahui pengertian dari kedua tipe mobil tersebut, maka saatnya anda mengetahui perbedaan antara kedua tipe mobil tersebut. Dimana terdapat 4 (empat) perbedaan utama diantara kedua model mobil tersebut yang bisa langsung anda lihat secara lengkap dibawah ini.

1. Bentuk Bodi

Perbedaan pertama ialah bentuk bodi, seperti yang sudah kami jelaskan diatas, bentuk bodi sedan jauh lebih panjang dibandingkan dengan hatchback. Hal tersebut dikarenakan bagian bagasi mobil sedan dibuat terpisah, sehingga mobil tersebut lebih terkesan panjang.

2. Pintu Bagasi

Perbedaan kedua ialah terdapat pada model pintu bagasi, jika mobil hatchback memiliki bentuk pintu bagasi menyatu dengan bagian bodi mobil. Sehingga space kabin menjadi lebih terbatas, sedangkan mobil sedan memiliki pintu bagasi terpisah dari kabin mobil itu sendiri.

3. Kapasitas Mesin

Perbedaan selanjutnya adalah kapasitas mesin , dimana kapasitas sedan biasanya jauh lebih besar dibandingkan dengan hatchback. Hal tersebut mungkin saja dikarenakan ke ekonomisan dalam memproduksi mobil, namun ada juga beberapa tipe mobil hatchback dengan kapasitas mesin besar.

4. Harga Mobil

Perbedaan terakhir ialah terdapat pada harga mobil, dimana HARGA MOBIL HATCHBACK masih lebih murah dibandingkan sedan. Hal tersebut mungkin saja bisa dikarenakan seperti alasan soal kapasitas mesin hatchback yagn jauh lebih kecil.

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi tentang perbedaan mobil hatchback dan sedan yang pada kesempatan hari ini dapat Ujikokoh berikan, semoga saja informasi tentang perbedaan mobil diatas bisa menambah pengetahuan anda seputar dunia otomtif.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *