10 Perbedaan Mobil SUV dan MPV Secara Lengkap

Perbedaan Mobil SUV dan MPV – Saat ini kendaraan yang paling banyak diminati ialah kendaraan roda empat. Karena menggunakan kendaraan roda empat, para pengguna bisa berkendara dengan lebih nyaman. Ditambah lagi para pengguna juga dapat membawa banyak barang.

Mobil sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yang diantaranya adalah sedan, crossover, SUV dan MPV. Dimana jenis mobil yang saat ini sedang banyak diminati adalah jenis mobil SUV dan MPV. Hal tersebut disebabkan kedua jenis mobil tersebut memiliki ukuran besar.

Kedua mobil tersebut juga lebih banyak dipilih para pengguna yang memiliki banyak anggota keluarga, karena kapasitas mobil tersebut jauh lebih banyak dibandingkan dengan kapasitas mobil sedan. Ditambah dengan kapasitas mesin mobil SUV dan MPV juga tergolong cukup besar.

Untuk anda yang masih merasa bingung ingin membeli mobil SUV atau MPV, maka tidak ada salahnya jika anda melihat terlebih dahulu informasi tentang perbedaan mobil SUV dan MPV yang akan kami bahas hari ini. Sehingga nantinya anda akan lebih merasa yakin pada saat akan membeli mobil.

Apa Itu Mobil SUV dan MPV

Sebelum kami lanjutkan ke informasi perbedaan kedua mobil tersebut, kami juga ingin memberikan sedikit penjelasan tentang pengertian mobil SUV dan MPV. Dengan anda mengetahui terlebih dahulu penjelasan tentang kedua mobil tersebut, maka anda dapat lebih memahami perbedaan keduanya.

Apa Itu Mobil SUV

Apa Itu Mobil SUV

Mobil SUV adalah kepanjangan dari Sport Utility Vehicle yang merupakan mobil dengan klasifikasi mobil penumpang akan tetapi dibuat dengan menggunakan kerangka mobil truk ringan. Di Indonesia sendiri, mobil tersebut lebih sering disebut dengan mobil Jip.

Akan tetapi, mobil Jip sebenarnya ialah merk mobil SUV yang berasal dari Amerika yaitu Jeep. Mobil SUV juga biasanya dilengkapi dengan penggerak semua roda atau 4WD (4×4) dengan tujuan agar dapat memberikan performa berkendara yang lebih hebat terutama di medan off-road.

Apa Itu Mobil MPV

Apa Itu Mobil MPV

Mobil MPV adalah kepanjangan dari Multi Purpose Vehicle yang merupakan klasifikasi dari mobil multi fungsi dengan tujuan sebagai mobil penumpang dan barang. Mobil MPV biasanya mengeluarkan juga varian mini bus (bus kecil).

Mobil MPV pertama yang diciptakan ialah Renault Escape, dimana mobil ini mulai diperkenalkan tahun 1987. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, mobil MPV kini menghadirkan mobil mini MPV yang dirancang dengan 5 kursi.

Perbedaan Mobil SUV dan MPV

Perbedaan Mobil SUV dan MPV

Setelah mengetahui apa penjelasan mobil SUV dan MPV, maka saatnya kembali ke pokok pembahasan yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini, yaitu perbedaan mobil SUV dan MPV. Perbedaan kedua mobil tersebut sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh.

Akan tetapi jika diperhatikan lebih teliti, banyak perbedaan yang terdapat pada kedua mobil tersebut. Apabila anda ingin mengetahui secara lengkap apa saja perbedaan mobil tersebut, maka anda bisa langsung melihatnya dibawah ini.

Body Mobil

Body Mobil SUV dan MPV

Perbedaan pertama antara SUV dan MPV car ialah ukuran body mobil. Dimensi body mobil SUV biasanya lebih besar dibandingkan dengan mobil MPV. Selain itu, desain body mobil SUV juga biasanya lebih terlihat tangguh, sedangkan mobil MPV lebih terlihat elegan.

Kapasitas Penumpang

Kapasitas Penumpang Mobil SUV dan MPV

Sedangkan perbedaan berikutnya ialah dari kapasitas penumpang. Kapasitas penumpang pada SUV car umumnya tidak sebanyak kapasitas MPV car. Karena memang mobil MPV dirancang untuk dua fungsi yaitu membawa barang dan penumpang, sehingga memiliki kapasitas penumpang lebih banyak.

Kapasitas Mesin

Kapasitas Mesin Mobil

Perbedaan berikutnya terdapat pada kapasitas mesin, kapasitas mesin SUV car biasanya lebih besar dibandingkan dengan MPV car. Hal tersebut dikarenakan mobil SUV memang dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.

Sistem Penggerak

Sistem Penggerak Mobil

Sistem penggerak roda merupakan perbedaan berikutnya pada SUV dan MPV. Mobil SUV akan menawarkan penggerak semua roda atau 4WD. Sedangkan untuk MPV car hanya menawarkan penggerak roda depan atau belakang saja. Hal ini lah yang membuat kapasitas SUV car jauh lebih besar dibandingkan MPV.

Bahan Bakar

Bahan Bakar Mobil

Untuk masalah konsumsi bahan bakar, SUV cenderung lebih boros dibandingkan MPV. Hal tersebut dikarenakan kapasitas mesin jauh lebih besar, kemudian sistem penggerak semua roda juga akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar mobil tersebut.

Fitur Mobil

Fitur Mobil

Perbedaan berikutnya terdapat pada fitur. Fitur yang disematkan kedalam mobil SUV umumnya jauh lebih lengkap dan canggih, karena hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap harga mobil tersebut. Sedangkan MPV car umumnya dibekali fitur kurang dari SUV car.

Harga Mobil

Harga Mobil SUV dan MPV

Perbedaan terakhir terdapat pada harga mobil. Jika melihat dari perbedaan yang telah kami bahas diatas, sudah pasti harga SUV akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan MPV. Hal tersebut dikarenakan dari sisi kapasitas mesin dan fitur saja sudah lebih unggul mobil SUV.

Contoh Mobil SUV dan MPV

Contoh Mobil SUV dan MPV

Apabila anda sudah memahami apa saja perbedaan antara SUV dan MPV. Maka saatnya anda mengetahui apa saja contoh mobil MPV dan SUV yang ada, dengan anda melihat terlebih dulu contoh mobil tersebut. Maka anda akan jauh lebih mudah dalam menentukan untuk membeli SUV dan MPV car.

Contoh Mobil SUV

Mobil SUV sendiri terdiri dari empat klasifikasi, yaitu mini SUV, compact SUV, mid-sized SUV dan full-sized SUV. Selain itu, mobil SUV juga sering disebut juga dengan MOBIL CROSSOVER untuk beberapa tipe.

Klasifikasi MobilTipe Mobil
Mobil Mini SUVDaihatsu Terios
Daihatsu Taruna
Suzuki Jimny
Mobil Compact SUVNissan X-Trail
Chevrolet Captiva
Ford Escape
Honda CR-V
Toyota RAV4
Mobil Mid-sized SUVVolkswagen Touareg
Jeep Cherokee
Toyota Fortuner
Mitsubishi Pajero
Ford Explorer
Nissan Terrano
Mobil Full-sized SUVChevrolet Suburban
Hummer
Nissan Armada
Nissan Patrol
Land Rover Discovery

Contoh Mobil MPV

Sedangkan untuk mobil MPV sendiri tidak memiliki klasifikasi, karena mobil tersebut hanya memiliki satu jenis. Adapun untuk beberapa contoh mobil MPV di Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut.

Tahun ProduksiTipe Mobil
2000 – 2009Toyota Kijang Innova
Suzuki APV
Daihatsu Gran Max (Minibus)
Daihatsu Luxio
Toyota Kijang Kapsul/Avanza/Daihatsu Xenia
Daihatsu Taruna/Terios/Toyota Rush
Nissan X-Trail/Subaru Forester/Outback
Toyota Alphard
Nissan Terrano/Livina
Nissan Serena
2010 – 2019Nissan Evalia
Nissan Juke
Toyota Avanza Veloz
Toyota CH-R
Toyota Calya dan Daihatsu Sigra
Toyota Kijang Innova Venturer
Toyota Sienta
Honda Mobilio
Honda BR-V
Honda HR-V
Suzuki Ertiga
Datsun Go+
Chevrolet Spin
Mazda Biante
Wuling Almaz
Wuling Taruna Confero S
Wuling Kijang Cortez
2020Suzuki XL7

Akhir Kata

Itu dia beberapa perbedaan antara SUV dan MPV yang Ujikokoh.com dapat berikan kepada anda pada kesempatan hari ini. Jadi untuk anda yang ingin membeli SUV atau MPV car sudah bisa memutuskan untuk membeli tipe mobil yang mana.

Karena secara umum kedua mobil tersebut tidak memiliki perbedaan yang signifikan, akan tetapi memiliki fungsi berbeda. Sehingga anda harus memilih tipe mobil sesuai dengan kebutuhan sehari-hari anda.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *