10 Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS : Harga & Spesifikasi

Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS – Yamaha NMAX merupakan jenis skuter matic premium yang diproduksi oleh Yamaha sejak tahun 2015. Dari awal kemunculannya sampai saat ini, Yamaha NAMX telah menghasilkan dua generasi. Dimana NMAX gen pertama diproduksi tahun 2015 – 2017 dan NMAX gen kedua tahun 2019 – sekarang.

Yamaha NMAX sendiri menjadi jenis skuter matic yang cukup laris dipasaran, karena skuter matic ini mengusung model yang berbeda dari model skuter matic pada umumnya. Dimana desain NMAX diarancang lebih panjang, sehingga terdapat fitur foot rest yang lebih dikenal dengan fitur maxi relaxed.

Yamaha NMAX sendiri dipasarkan dengan beberapa varian, yaitu NMAX ABS dan Non ABS. Dimana dari kedua varian tersebut pasti memiliki perbedaan. Namun perbedaan tersebut tidak terlihat signifikan layaknya PERBEDAAN NMAX DAN PCX.

Apabila anda penasaran dengan perbedaan apa saja yang dimiliki untuk varian NMAX ABS dan non ABS, maka tidak ada salahnya bagi anda untuk melihat informasi yang hari ini akan kami berikan. Dengan itu nantinya anda tidak akan salah memiliki tipe yang akan dibeli.

Apa Itu ABS

Apa Itu ABS Pada NMAX

Namun sebelum kami lanjutkan ke informasi perbedaan Yamaha NMAX, alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu apa itu ABS. ABS kepanjangan dari Anti-Lock Brake System, dimana sistem ini akan bekerja menjaga roda tidak terkunci pada saat terjadi pengereman mendadak.

Teknologi ini sebenarnya lebih banyak digunakan pada mobil dan teknologi ini juga mengadopsi dari sistem rem pada pesawat. Kemudian sistem tersebut diterapkan pada kendaraan roda dua. Karena tidak ada perbedaan mendasar diantara sistem rem motor, mobil dan pesawat.

Proses pengereman mendadak pada motor dapat mengakibatkan roda terkunci secara penuh dan mengakibatkan slip roda yang dapat berimbas pada kecelakaan. Dan sistem rem ABS ini difungsikan untuk menghindari hal tersebut, sehingga akan meminimalisir terjadinya slip roda.

Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS

Warna Yamaha NMAX ABS dan Non ABS

Setelah mengetahui apa itu ABS, maka saatnya kembali ke pokok pembahasan yaitu perbedaan kedua varian Yamaha NMAX tersebut. Perbedaan utama pada Yamaha NMAX ini tentunya terdapat pada fitur pengereman Anti lock Brake Syste dan non Anti Lock Brake System.

Tipe NMAX ABS tentunya sudah dilengkapi dengan rem ABS. Sedangkan NMAX non ABS tentunya tidak dilengkapi dengan fitur rem Anti Lock Brake System. Namun selain hal tersebut, masih ada beberapa perbedaan lainnya pada NMAX ABS dan non ABS sebagai berikut.

Warna Yamaha NMAX ABS dan Non ABS

Perbedaan NMAX

Perbedaan pertama pada varian ABS dan non ABS terdapat pada warna yang ditawarkan, meskipun terdapat dua warna sama yang ditawarkan yaitu merah dan hitam, namun ada satu warna yang hanya tersedia pada salah satu varian tersebut.

Dimana terdapat warna putih yang hanya tersedia pada varian ABS, kemudian terdapat warna biru yang hanya tersedia pada varian non ABS. Apabila anda merasa tertarik dengan warna biru atau putih, anda harus memilih salah satu tipe NMAX tersebut.

Fitur Yamaha NMAX ABS dan Non ABS

Fitur Yamaha NMAX

Perbedaan selanjutnya dari varian ABS dan non ABS itu terdapat pada fiturnya, dimana fitur yang ditawarkan pada varian non ABS jauh lebih sedikit dibandingkan dengan varian ABS. Beberapa fitur tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Fitur Y-Connect Yamaha NMAX

Fitur Y-Connect hanya terdapat pada varian ABS saja, dimana fitur ini berfungsi untuk membaca data pada motor yang dapat diakses melalui aplikasi pada smartphone. Aplikasi ini memanfaatkan teknologi Bluetooth untuk menghubungkan aplikasi dengan motor.

Dari aplikasi tersebut nantinya pengguna dapat mengetahui dimana lokasi parkir motor, konsumsi bahan bakar yang sudah digunakan, waktu maintenance sampai dengan kerusakan yang terjadi pada motor juga dapat diketahui.

2. Fitur Smart Key Yamaha NMAX

Fitur selanjutnya yaitu Keyless atau Smart Key System, dimana fitur ini juga hanya terdapat pada varian ABS saja. Smart Key System merupakan fitur yang memungkinkan pengguna tidak perlu memasukan kunci pada motor, sehingga pengguna cukup menekan tombol on/off untuk menyalakan dan mematikan mesin.

Speedometer Yamaha NMAX ABS dan Non ABS

Speedometer Yamaha NMAX ABS dan Non ABS

Perbedaan selanjutnya pada varian ABS dan non ABS ialah indikator speedometer yang ditawarkan, dimana pada varian ABS tersedia indikator Y-Connect seperti indikator telp, pesan, TCS, VVA sampai dengan temperatur mesin motor.

Sedangkan pada varian non ABS tidak tersedia indikator tersebut. Karena memang pada varian non ABS tidak dilengkapi dengan adanya fitur Y-Connect, sehingga tidak terdapat indikator tersebut pada bagian speedometer.

Harga Yamaha NMAX ABS dan Non ABS

Harga Yamaha NMAX ABS dan Non ABS

Perbedaan terakhir antara varian ABS dan non ABS ialah harga skuter matic tersebut. Dimana harga NMAX ABS jauh lebih mahal yaitu Rp 34 juta, sedangkan harga NMAX non ABS hanya Rp 30 juta saja. Hal tersebut terasa sangat wajar melihat banyaknya fitur yang disematkan pada varian ABS.

Akhir Kata

Apabila anda sekiranya ingin membeli skuter matic Yamaha ini, alangkah baiknya jika anda memilih varian motor sesuai dengan kebutuhan. Karena dilihat dari segi spesifikasi motor, kedua varian tersebut tidak terdapat perbedaan pada spesifikasinya. Akan tetapi harga kedua skuter matic tersebut memiliki selisih harga cukup banyak.

Dengan ini selesai sudah informasi tentang perbedaan motor yang sekiranya Ujikokoh.com dapat berikan kepada anda, kami berharap informasi tentang perbedaan motor tersebut dapat memberikan banyak manfaat untuk anda semuanya.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *