4 Perbedaan Oli Enduro Matic G dan S : Harga & Jenis Motor

Advertisements

Perbedaan Oli Enduro Matic G dan S – Oli Enduro matic sendiri merupakan salah satu rekomendasi oli terbaik untuk motor matic, hal tersebut dikarenakan beberapa kelebihan oli Enduro matic itu sendiri. Dan beberapa diantara rekomendasi oli tersebut diantaranya adalah Oli Enduro Matic G dan S.

Meskipun secara penamaan kedua jenis oli Enduro matic tersebut hampir sama, namun terdapat perbedaan yang sangat signifikan. Selain itu, dilihat dari spesifikasi kedua jenis oli Enduro matic tersebut juga sangat berbeda. Maka dari itu, para pengguna harus lebih teliti sebelum membeli oli Enduro matic.

Untuk kalian yang sekiranya saat ini masih merasa bingung ingin menggunakan oli Enduro matic G atau S, maka kami sarankan kepada kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi tentang perbedaan oli Enduro matic G dan S yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan.

Advertisements

Dengan melihat perbedaan dari kedua jenis oli tersebut, maka kalian akan dengan lebih mudah untuk menentukan jenis oli mana yang sebaiknya digunakan. Karena kalau sampai salah dalam pemilihan oli, maka oli tersebut tidak akan bekerja secara maksimal pada mesin motor tersebut.

Perbedaan Oli Enduro Matic G dan S
Sumber: pertaminalubricants.com
Advertisements

Spesifikasi Oli Enduro Matic G dan S

Sebelum kami bahas lebih lanjut mengenai perbedaan kedua jenis oli tersebut, alangkah baiknya kalian ketahui terlebih dahulu spesifikasi kedua jenis oli tersebut. Karena dari spesifikasi oli Enduro matic tersebut akan terlihat sedikit perbedaan dari kedua jenis oli tersebut.

Spesifikasi Oli Enduro Matic G

SAE20W-40
Base OilSemi Synthetic
SertifikasiAPI SL / JASO MB

Spesifikasi Oli Enduro Matic S

SAE10W-30
Base OilSemi Synthetic
SertifikasiAPI SL / JASO MB

Perbedaan Oli Enduro Matic G dan S

Setelah mengetahui spesifikasi kedua jenis oli tersebut, maka sudah dapat terlihat sedikit perbedaan diantara kedua jenis oli. Dimana tingkat kekentalan kedua oli tersebut sudah sangat berbeda. Namun bukan hanya itu saja, karena masih ada beberapa perbedaan lainnya yang diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tingkat Kekentalan

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, tingkat kekentalan kedua oli ini memiliki perbedaan sangat signifikan. Dimana oli Enduro Matic G memiliki tingkat kekentalan 20W-40 yang menandakan tingkat kekentalannya sangat tinggi. Sedangkan Oli Enduro matic S hanya 10W-30, yang berarti tingkat kekentalannya lebih rendah.

2. Jenis Motor

Berdasarkan dari tingkat kekentalan oli, maka hal tersebut akan berpengaruh dengan jenis motor yang dapat menggunakan oli tersebut. Dimana oli dengan tingkat kekentalan 20W-40 jauh lebih cocok digunakan untuk jenis motor tua dengan usia pemakaian lebih dari 5 tahun.

Sedangkan oli dengan tingkat kekentalan 10W-30 lebih cocok digunakan untuk jenis motor baru dengan usia pemakaian belum terlalu lama. Dan oli Enduro matic S sendiri lebih cocok digunakan untuk motor dengan kapasitas mesin 110 cc sampai 125 cc seperti misalnya Honda Beat, Honda Scoopy dan lainnya.

Untuk oli Enduro matic G jauh lebih cocok digunakan untuk jenis motor keluaran lama seperti misalnya Yamaha Nouvo, Yamaha Lexi, Vespa dengan usia lebih dari 5 tahun dan beberapa tipe motor matic lainnya yang sudah memiliki usia pakai lebih dari 5 tahun seperti yang kami jelaskan diatas.

3. Kapasitas Oli

Perbedaan selanjutnya adalah kapasitas oli yang ditawarkan. Dimana oli Enduro matic G menawarkan dua varian kapasitas, yaitu 800 ml dan 1000 ml. Sedangkan untuk oli Enduro matic S hanya menawarkan satu varian kapasitas oil saja, yaitu 800 ml.

Hal tersebut menandakan oli Enduro matic G dapat digunakan untuk banyak jenis motor, karena seperti kalian tahu ada beberapa jenis motor yang memang membutuhkan oli 1000 ml dan 800 ml. Sedangkan untuk jenis motor matic terbaru saat ini, kebanyakan hanya membutuhkan oli 800 ml saja.

4. Bahan Dasar

Sedangkan hal terakhir adalah bahan dasar, apabila dilihat dari bahan dasarnya, kedua oli ini memiliki bahan utama yang sama, yaitu semi synthetic. Berbeda halnya dengan oli Enduro matic V yang memang dibuat dengan bahan utama full synthetic. Sehingga dari sisi bahan utama, kedua jenis oli ini tidak memiliki perbedaan.

Harga Oli Enduro Matic G dan S

Apabila kalian merasa tertarik untuk menggunakan salah satu dari kedua jenis oli diatas setelah melihat beberapa perbedaan kedua oli tersebut, maka kalian harus mengetahui berapa harga oli tersebut. Dimana harga oli Enduro matic tesebut bisa kalian lihat selengkapnya dibawah ini.

Jenis OliHargaKeterangan
Oli Enduro Matic S 10W-30Rp 34.500Beli
Oli Enduro Matic G 20W-40Rp 45.000Beli

Akhir Kata

Mungkin hanya itu saja penjelasan tentang perbedaan oli Enduro matic S dan G yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan pada kesempatan hari ini, semoga informasi tentang perbedaan oli yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan pengetahuan kalian semua.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *