6 Perbedaan Oli MPX 1 dan MPX 2 : Kekentalan & Harga

Advertisements

Perbedaan Oli MPX 1 dan MPX 2 – Oli merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah kendaraan, dimana oli akan menjaga kondisi mesin kendaraan itu sendiri. Sehingga tanpa adanya oli mesin, maka kinerja mesin tidak akan maksimal dan usia pakai dari mesin itu sendiri juga akan berkurang.

Dalam memilih oli mesin juga harus disesuaikan dengan tipe kendaraan yang dimiliki, karena setiap oli telah dirancang dengan tujuan untuk kendaraan tertentu. Jadi tidak semua jenis oli akan cocok digunakan untuk setiap kendaraan, meskipun secara umum fungsi oli mesin adalah sama.

Dan pada kesempatan ini, kami ingin membahas tentang perbedaan oli MPX 1 dan MPX 2. Barang kali saja ada diantara kalian yang saat ini masih merasa bingung dengan kedua tipe oli mesin tersebut, karena belum mengetahui secara detail dari kedua tipe oli mesin tersebut.

Advertisements

Maka dari itu, untuk kalian yang sekiranya ingin mengetahui perbedaan dari kedua oli tersebut, kami sarankan untuk melihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan. Karena kami akan memberikan informasi seputar perbedaan kedua oli tersebut secara lengkap.

Perebedaan Oli MPX 1 dan MPX 2
Sumber: wahanahonda.com
Advertisements

Apa Itu Oli MPX 1 dan MPX 2

Oli MPX 1 dan MPX 2 adalah salah satu varian oli yang ditawarkan oleh AHM, dimana kedua jenis oli tersebut memang dirancang khusus untuk motor keluaran Honda. Meskipun secara umum oli Honda MPX ini dapat digunakan untuk keluaran motor lainnya, asalkan jenis motor masih sesuai.

Jadi untuk kalian yang merupakan pengguna motor Honda, kalian bisa memilih oli MPX sebagai oli yang digunakan untuk motor kalian. Akan tetapi kalian harus memperhatikan jenis motor yang akan menggunakan oli tersebut, karena terdapat perbedaan untuk jenis motor yang dapat menggunakan oli tersebut.

Perbedaan Oli MPX 1 dan MPX 2

Apabila kalian ingin menggunakan oli AHM MPX, namun kalian masih bingung untuk menggunakan oli MPX 1 atau MPX 2? Maka kalian harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan dari kedua oli tersebut, karena seperti yang sudah kami jelaskan diatas, oli tersebut memiliki kegunaan untuk motor yang berbeda.

1. Tingkat Kekentalan

Dilihat dari tingkat kekentalan, kedua tipe oli ini memiliki tingkat kekentalan yang sama, yaitu 10W-30. Dengan tingkat kekentalan tersebut, maka oli ini dapat memberikan perlindungan terhadap mesin dan dapat menjadikan konsumsi bahan bakar motor itu sendiri menjadi lebih irit.

2. Bahan Utama

Semua jenis oli MPX sendiri dibuat dari bahan mineral murni, berbeda dengan jenis oli SPX yang dibuat dari bahan full synthetic. Dan hal tersebut juga menjadikan perbedaan oli MPX dan SPX, karena bahan utama yang digunakan untuk membuat oli tersebut sudah berbeda.

3. Jenis Motor

Berdasarkan dari JASO (Japan Automobile Standard Organization), kedua tipe oli MPX ini memiliki JASO berbeda. Dimana oli MPX 1 adalah JASO:MA dan oli MPX 2 adalah JASO:MB. JASO:MB merupakan tipe oli untuk motor kopling basah, sedangkan JASO:MA merupakan tipe oli untuk motor kopling kering.

Jenis motor dengan kopling basah merupakan jenis motor dengan tipe kopling direndam oli pelumas atau berada didalam pelumas, beberapa tipe motor dengan kopling basah adalah motor bebek dan sport. Sedangkan jenis motor dengan kopling kering merupakan diantaranya adalah skuter atau motor dengan transmisi matic.

4. Kapasitas Oli

Melihat dari sisi kapasitas oli, kapasitas oli yang ditawarkan oli MPX 1 lebih banyak, yaitu 800 ml, 1000 ml sampai dengan 1200 ml. Banyaknya varian kapasitas oli yang ditawarkan ini disesuaikan dengan tipe motor yang nantinya akan digunakan, kapasitas oli 800 ml dan 1000 ml biasanya cocok untuk motor bebek dan 1200 ml untuk motor sport.

Sedangkan untuk oli MPX 2 hanya menawarkan satu kapasitas oli, yaitu 800 ml. Karena memang jenis oli ini hanya diperuntunkan untuk jenis motor matic. Kapasitas oli mesin motor matic sendiri kebanyakan adalah sama, yaitu 800 ml. Sehingga untuk oli MPX 2 hanya menawarkan satu varian kapasitas oli saja.

5. Harga Oli

Melihat dari sisi harga, harga oli MPX 1 sebenarnya jauh lebih murah dibandingkan dengan harga oli MPX 2. Karena untuk kapasitas oli 800 ml MPX 1 dibandrol dengan harga Rp 52.000. Sedangkan untuk oli MPX 2 dibandrol dengan harga Rp 54.000. Akan tetapi untuk harga kapasitas oli 1000 ml dan 1200 ml memang jauh lebih mahal.

6. Kemasan Produk

Perbedaan terakhir dari kedua jenis oli ini adalah dari sisi kemasan, meskipun dilihat dari desain kemasan keseluruhan hampir sama. Namun terdapat perbedaan pada tutup, oli MPX 1 dibuat dengan warna tutup merah. Sedangkan untuk oli MPX 2 dibuat dengan warna tutup biru.

Harga Oli MPX 1 dan MPX 2

Apabila kalian merasa tertarik untuk membeli salah satu dari kedua jenis oli tersebut, maka kami sarankan kepada kalian untuk mengetahui harga oli MPX tersebut secara lengkap. Dimana harga oli MPX tersebut dapat langsung kalian lihat dibawah ini.

Jenis OliHargaKeterangan
Oli MPX 1 800 mlRp 28.500Beli
Oli MPX 1 1000 mlRp 60.800Beli
Oli MPX 1 1200 mlRp 69.000Beli
Oli MPX 2 800 mlRp 26.500Beli

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi yang pada kesempatan hari ini dapat Uji Kokoh berikan mengenai perbedaan oli MPX 1 dan MPX 2, semoga saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian semuanya.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *