7 Perbedaan Oli SPX dan MPX AHM : Daya Tahan & Harga

Advertisements

Perbedaan Oli SPX dan MPX – Oli mesin merupakan salah satu komponen pendukung yang sangat penting, dimana komponen ini berfungsi untuk melindungi komponen didalam mesin agar tetap bersuhu rendah. Terutama komponen pada mesin yang saling bergesekan seperti piston dengan blok silinder.

Pemilihan oli mesin yang bagus memang sangat penting. Karena jika sampai salah memilih oli, tidak menutup kemungkinan jika mesin akan mengalami overheat atau panas berlebihan. Oleh karena itu, ada beberapa rekomendasi OLI YANG BAGUS UNTUK MOTOR KOPLING dan sebagainya.

Dan pada kesempatan ini, kami ingin memberikan penjelasan tentang perbedaan oli SPX dan MPX yang diproduksi oleh AHM. Oli SPX dan MPX AHM tentunya lebih diperuntunkan untuk sepeda motor Honda, karena memang oli tersebut produksi dari Honda.

Advertisements

Namun, oli tersebut tidak harus digunakan untuk motor Honda saja, melainkan motor Yamaha atau pabrikan lainnya juga dapat menggunakannya. Hal tersebut tergantung dari selera pemilik kendaraan dan kepercayaan terhadap produk yang digunakan.

Perbedaan Oli SPX dan MPX
Advertisements

Daftar Oli Motor AHM

Produk oli AHM sendiri sebenarnya hanya dua, jika berdasarkan dari jenis bahan utama yang digunakan, yaitu oli SPX dan MPX. Namun dari kedua jenis oli tersebut terdapat beberapa macam atau jenis oli lagi. Berikut ini adalah daftar oli motor AHM secara lengkap.

  • Oli AHM MPX 1, merupakan oli dengan tingkat kekentalan SAE 10W-30. Dimana oli ini lebih cocok digunakan untuk motor matic atau bebek.
  • Oli AHM MPX 2, meruipakan oli dengan tingkat kekentalan SAE 10W-30. Namun oli jenis ini jauh lebih cocok digunakan untuk skuter matic.
  • Oli AHM MPX 3, merupakan jenis oli dengan tingkat kekentalan sangat tinggi 20W-40. Dimana oli ini cocok untuk motor bebek dan sport.
  • Oli AHM SPX 1, merupakan oli dengan bahan utama full synthetic dengan tingkat kekentalan SAE 10W-30 yang cocok untuk motor matic, bebek dan sport.
  • Oli AHM SPX 2, merupakan oli dengan bahan utama full synthetic dengan tingkat kekentalan SAE 10W-30, namun oli jenis ini lebih cocok digunakan untuk tipe motor kopling kering seperti motor matic.

Perbedaan Oli SPX dan MPX

Apabila kalian tertarik untuk menggunakan oli AHM sebagai oli mesin motor kalian, namun kalian masih merasa bingung perbedaan antara oli SPX dan MPX. Maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu penjelasan tentang beda oli SPX dan MPX berikut.

1. Bahan Utama

Perbedaan pertama terdapat pada bahan utama yang digunakan untuk membuat oli tersebut. Dimana oli MPX menggunakan bahan utama mineral murni. Sedangkan untuk oli SPX menggunakan bahan utama full synthetic. Namun tingkat kekentalan kedua oli ini ada yang sama.

2. Daya Tahan

Perbedaan selanjutnya terdapat pada daya tahan oli, dimana oli MPX memiliki daya tahan lebih lama. Hal tersebut juga yang menjadikan salah satu kelebihan oli MPX. Ditambah lagi, oli MPX jauh lebih ramah lingkungan karena dibuat dengan bahan utama mineral murni.

3. Jenis Motor

Sedangkan dari jenis motor yang dapat menggunakan oli motor ini sebenarnya sama saja. Adapun perbedaan untuk jenis motor yang dapat menggunakan oli motor ini berdasarkan dari tingkat kekentalannya. Oli dengan tingkat kekentalan 20W-40 lebih diperuntunkan untuk jenis moto dengan kopling basah.

Sedangkan untuk jenis oli dengan tingkat kekentalan 10W-30 lebih diperuntunkan untuk jenis kopling kering seperti motor matic. Jadi oli SPX atau MPX bisa digunakan untuk jenis motor yang sama, asalkan tingkat kekentalan olinya sesuai dengan jenis motornya.

4. Nama Oli

Beda oli SPX dan MPX selanjutnya terdapat pada nama. Dimana perbedaan ini menjadi perbedaan paling utama. Oli SPX merupakan kepanjangan dari Superior Protection Expert, sedangkan oli MPX merupakan kepanjangan dari Maximum Protection Expert.

5. Penampilan

Adapun perbedaan selanjutnya terdapat pada penampilan kemasan oli. Oli AHM SPX didesain dengan kemasan berwarna orange. Sedangkan oli AHM MPX didesain dengan kemasan berwarna putih. Namun memiliki warna penutup yang berbeda-beda.

Warna penutup oli sendiri berdasarkan dari nomor atau tingkat kekentalan oli. Warna penutup oli SPX 1, MPX 1 dan MPX 3 berwarna merah. Sedangkan warna penutup oli SPX 2 dan MPX 2 berwarna biru.

6. Kapasitas

Sedangkan dari sisi kapasitas, kedua jenis oli ini menawarkan kapasitas oli yang sama. Hal tersebut didasarkan dari tingkat kekentalan dan kebutuhan dari setiap sepeda motor. Adapun kapasitas oli yang ditawarkan diantaranya adalah 800 ml, 1000 ml dan 1200 ml.

Tipe OliKapasitas
Oli MPX 1800 ml, 1000 ml & 1200 ml
Oli MPX 2800 ml
Oli MPX 3800ml & 1000 ml
Oli SPX 1800 ml, 1000 ml & 1200 ml
Oli SPX 2800 ml

7. Harga Oli

Perbedaan terakhir terdapat pada harga. Dimana harga oli SPX sedikit lebih mahal dibandingkan dengan harga oli MPX. Hal tersebut dikarenakan bahan utama yang digunakan untuk membuat oli SPX memang jauh lebih mahal, oleh karena itu harga olinya menjadi mahal.

Apabila kalian tertarik untuk menggunakan oli AHM, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk langsung mengunjungi Astra-Honda untuk memastikan harga oli tersebut.

Akhir Kata

Demikian itu sedikit informasi tentang perbedaan oli SPX dan MPX yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi tentang perbedaan oli diatas bisa memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian semuanya.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.